Sukses

Sakit Kepala Bagian Atas, Ada Gejala Apa?

Jangan anggap remeh sakit kepala bagian atas. Sebab, bisa jadi itu merupakan gejala dari kondisi yang l serius.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala merupakan penyakit yang umum dialami banyak orang. Bahkan, menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), separuh penduduk dewasa di dunia mengalami sakit kepala setiap tahunnya. Sakit kepala pun bisa terasa di banyak titik, salah satunya di kepala bagian atas. Lantas, ada gejala apa jika sakit kepala dirasakan pada bagian atas?

Berbagai jenis sakit kepala

Sebelum mengetahui tentang gejala apa yang terjadi ketika sakit kepala menyerang bagian atas kepala, terlebih dahulu Anda harus paham akan jenis-jenis sakit kepala itu sendiri.

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, ada dua jenis sakit kepala yang menyerang manusia, yakni sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan karena adanya gangguan pada bagian kepala, bukan karena ada penyakit yang mendasarinya. Contohnya adalah pada otot, pembuluh darah, atau saraf.

Sedangkan sakit kepala sekunder, merupakan sakit kepala yang terjadi karena adanya penyakit serius yang mendasarinya. Contohnya adalah cedera leher atau kepala, gangguan pada pembuluh darah otak (stroke), meningitis, tekanan dalam otak terlalu tinggi atau renda, serta tumor dan kanker otak.

“Untuk sakit kepala yang terasa di bagian atas, sakit kepala ini masuk ke dalam jenis sakit kepala sekunder. Sakit kepala bagian atas juga biasa disebut sebagai tension type headache atau sakit kepala tipe tegang,” ujar dr. Devia.

Sakit kepala tipe tegang adalah salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami oleh orang dewasa. Rasa nyerinya pun tidak hanya dirasakan pada bagian atas kepala, tapi bisa juga dirasakan pada bagian dahi dan tengkuk kepala.

Biasanya, penderita sakit kepala tipe tegang akan merasakan sensasi seperti kepala yang diperas, berat, pegal, dan terasa seperti diikat.

1 dari 2 halaman

Berbagai kondisi yang mungkin menyebabkan sakit kepala bagian atas

Jika Anda mengalami sakit kepala tipe tegang atau sakit kepala bagian atas, maka akan ada kemungkinan Anda sedang mengalami beberapa kondisi, seperti:

1. Stres

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, tingginya tuntutan pekerjaan, rumah tangga dan lingkungan sosial, bisa membuat Anda rentan terkena stres. Kondisi stres inilah yang dapat menjadi penyebab Anda mengalami sakit kepala. Menurut penelitian, 67 persen dari sakit kepala disebabkan oleh stres.

2. Butuh kafein

Seseorang yang telah kecanduan kafein, biasanya akan merasakan sakit kepala yang cukup berat ketika tidak mendapatkan asupan kafein di hari itu.

“Ketika seseorang tiba-tiba mengurangi jumlah kafein yang mereka konsumsi, dia bisa mengalami efek dari rebound berupa sakit kepala karena tidak memiliki kafein,” ujar dr. Sepriani.

Jika Anda berencana untuk mengurangi asupan kafein, usahakan untuk melakukannya secara bertahap, tapi secara rutin.

3. Kekurangan vitamin

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memompa darah, maka oksigen dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan tubuh jadi lemas dan kepala jadi sakit. Selain itu, kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya juga bisa menurunkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh jadi tidak sehat.

4. Terlalu banyak minum alkohol

Sakit kepala bagian atas juga bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak minum alkohol. Sebab, ketika Anda minum alkohol, ada zat yang disebut asetaldehida yang dipecah dalam tubuh dan menyebabkan kepala jadi sakit.

Biasanya, rasa sakit ini akan terasa seperti diperas, ditekan, dan berputar. Jika jumlah alkohol yang dikonsumsi besar, kondisi ini dapat menyebabkan kadar asetaldehida naik dan menumpuk di dalam darah, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa membuat kepala bagian atas terasa sakit dan nyeri. Jika keempat hal di atas dekat dengan kehidupan Anda, maka frekuensi rasa sakit akan semakin besar dan sering. Jadi, pastikan Anda menghindari keempat hal di atas, agar sakit kepala bagian atas tidak lagi mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

[MS/ RVS]

1 Komentar