Sukses

Sakit Kepala Bagian Atas, Ada Gejala Apa?

Jangan anggap remeh sakit kepala bagian atas. Bisa jadi itu menandakan kondisi yang serius.

Sakit kepala merupakan penyakit yang umum dialami banyak orang. Bahkan, menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), separuh penduduk dewasa di dunia mengalami sakit kepala setiap tahunnya.

Sakit kepala memiliki banyak karakteristik yang berbeda. Sakit kepala pun bisa terasa di banyak titik, salah satunya di kepala bagian atas. Apa saja penyebab sakit kepala pada bagian atas? Berikut di antaranya:

1. Sakit Kepala Tegang atau Tension Headache

Sakit kepala tegang adalah contoh sakit kepala yang paling umum. Para ahli terkadang menyebutnya sebagai sakit kepala karena ketegangan otot.

Walaupun ketegangan otot dapat berperan, penyebab pasti sakit kepala bagian atas ini masih belum jelas.

Kemungkinan penyebab lainnya termasuk kekurangan vitamin dan faktor genetik. Satu penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 78 persen orang pernah mengalami sakit kepala jenis ini.

1 dari 4 halaman

2. Sakit Kepala Migrain

Sakit kepala merupakan salah satu gejala migrain. Menurut penelitian, sakit kepala migrain memengaruhi hingga 12 persen populasi, termasuk 17 persen wanita dan 6 persen pria.

Rasa sakit mungkin terasa seolah-olah menyebar dari bagian atas kepala, sepanjang satu sisi, atau ke bagian belakang leher.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebabnya!

3. Sakit Kepala Kronis

Dokter akan mendiagnosis tension headache kronis jika seseorang mengalaminya minimal 15 hari dalam sebulan selama 3 bulan atau lebih.

Sakit kepala migrain kronis juga ditegakkan jika setidaknya terjadi selama 15 hari dalam sebulan selama 3 bulan atau lebih.

4. Sakit Kepala Cluster atau Cluster Headache

Seperti namanya, sakit kepala cluster terjadi secara berkelompok. Mereka muncul tiba-tiba di satu sisi kepala, tetapi sering di belakang mata.

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala bagian atas yang parah. Gejala yang muncul pun bisa dibarengi oleh hidung tersumbat atau pilek, dan mata berair.

2 dari 4 halaman

5. Sakit Kepala Sinus

Infeksi dapat menyebabkan peradangan sinus dan rasa sakit di bagian kepala atas serta bagian samping. Gejala biasanya hilang ketika seseorang mengobati masalah yang mendasarinya.

Bila pasien mengalami kondisi ini, dokter biasanya memberikan obat-obatan untuk membantu meredakan peradangan.

6. Sakit Kepala Kurang Tidur (Sleep Deprivation Headache)

Gangguan tidur dapat menyebabkan sakit kepala. Begitu juga sebaliknya, sakit kepala bisa memperburuk masalah tidur. Kepala pun bisa terasa berat pada bagian atas.

Kekurangan tidur dapat membuat tubuh melepaskan lebih sedikit zat kimia yang dikenal sebagai orexin. Orexin berperan dalam fungsi sistem saraf, tidur, dan gairah.

Artikel Lainnya: Hindari Hal Ini Saat Dilanda Sakit Kepala!

7. Sakit Kepala Malam Hari (Nighttime Headache)

Sakit kepala bagian atas yang terjadi pada malam hari dapat menyebabkan seseorang terbangun dari tidurnya, biasanya pada waktu yang sama setiap malam.

Sakit kepala ini biasanya berlangsung setidaknya 15 menit dan cenderung memengaruhi orang berusia di atas 50 tahun.

3 dari 4 halaman

8. Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital melibatkan iritasi pada saraf yang berasal dari tulang belakang ke bagian atas kepala. Hal ini dapat menyebabkan kepala sakit atau nyut-nyutan di bagian atas atau bagian belakang.

9. Brain Freeze

Paparan suhu dingin dapat menyebabkan sakit kepala akibat rangsangan dingin (brain freeze). Sakit kepala ini terjadi di area depan ke arah atas.

Kondisi brain freeze bisa muncul ketika Anda makan makanan beku dalam jumlah besar atau mengonsumsi minuman yang sangat dingin.

10. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Sakit kepala bagian atas juga bisa terjadi karena Anda terlalu banyak minum alkohol. Sebab, ketika Anda minum alkohol, ada zat yang disebut asetaldehida yang dipecah dalam tubuh dan menyebabkan kepala jadi sakit.

Itulah beberapa kondisi yang bisa membuat kepala bagian atas terasa sakit dan nyeri. Jika Anda mengalami sakit kepala bagian atas terus-menerus, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Bila ingin bertanya seputar sakit kepala di bagian atas, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi kepada dokter.

[WA]

1 Komentar