Sukses

Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

Tak hanya salmon, ikan kembung juga mengandung omega-3 dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Simak manfaat lengkapnya di sini!

Banyak yang menjagokan ikan salmon sebagai sumber omega-3. Namun, tahukah Anda bahwa ikan kembung yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar dan gerobak tukang sayur juga mengandung omega-3 yang berlimpah?

Masih ingat dengan imbauan Susi Pudjiastuti untuk memperbanyak makan ikan? Nyatanya, hal tersebut juga didasari fakta bahwa ikan adalah sumber protein dan lemak yang baik bagi kesehatan.

Salah satu dari sekian banyak ikan yang ada di Indonesia, ikan kembung diketahui mempunyai kandungan omega-3 yang tinggi. Selain lezat, manfaat ikan kembung pun sayang untuk dilewatkan!

Pentingnya Omega-3 untuk Menunjang Kesehatan

Omega-3 adalah asam lemak yang baik dan banyak sekali manfaatnya. Senyawa tersebut bisa mencegah penyakit jantung koroner (serangan jantung), karena sifatnya sebagai antiradang dan dapat mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Artikel lainnya: Konsumsi Ikan dapat Turunkan Risiko Gangguan Otak

Belum penumpukan plak terjadi terus-menerus, maka bisa terjadi penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, bisa berujung pada terjadinya serangan jantung maupun stroke.

Selain menyehatkan jantung dan pembuluh darah, jenis dari asam lemak yang bernama EPA dan DHA ini bermanfaat bagi sistem saraf, termasuk otak. Keduanya dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berkaitan dengan kemampuan otak, seperti demensia dan Alzheimer.

Bagi anak-anak yang masih dalam proses tumbuh dan berkembang, konsumsi omega-3 secara cukup dapat membantu perkembangan otaknya, sehingga ia bisa tumbuh jadi anak yang cerdas.

1 dari 3 halaman

Kandungan Omega-3 dalam Ikan Kembung

Dengan begitu berharganya manfaat omega-3 bagi tubuh, maka sayang sekali jika nutrisi tersebut dilewatkan dalam asupan makan sehari-hari.

Artikel lainnya: Tak Cuma bagi Jantung, Minyak Ikan Juga Bermanfaat untuk Rambut!

Bila ikan salmon sulit didapat, ikan kembung bisa menjadi sumber omega-3 yang tak kalah baik, bahkan kandungannya lebih tinggi!

Menurut banyak penelitian, 100 gram ikan salmon mengandung 1,6 gram omega-3. Sementara itu, 100 gram ikan kembung mengandung 2,4 gram omega-3.

Ya, dibanding salmon dan ikan lokal lainnya, kandungan omega-3 pada ikan kembung jauh lebih tinggi. Kandungan lemak ini paling banyak ada di bagian perut.

Pasalnya, perut adalah salah satu organ pencernaan yang membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga cadangan lemaknya akan lebih banyak ditemukan di sana.

Artikel lainnya: Manfaat Omega-3 untuk Tumbuh Kembang Anak

Dengan kandungan omega-3 yang lebih banyak, dari segi harga ikan kembung pun jauh lebih terjangkau. Kebanyakan salmon masih diimpor, sehingga harganya cenderung mahal.

Bila dibandingkan dengan ikan salmon yang harganya berkisar antara 120-200 ribu per kilogram, harga ikan kembung hanya 35-50 ribu rupiah per kilogram.

2 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung

Selain kaya akan omega-3, ikan kembung juga memiliki kandungan nutrisi lain yang tidak kalah menyehatkan dari ikan salmon. Berbagai kandungan gizi tersebut antara lain:

1. Protein

Selain lemak dan karbohidrat, protein adalah salah satu nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Nah, ikan kembung juga bisa jadi sumber protein yang baik.

Artikel lainnya: Benarkah Omega-3 Bisa Cegah Kanker?

Per 100 gram ikan kembung, kandungan proteinnya bisa mencapai 20 gram.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 perannya penting untuk menjaga kesehatan, yaitu membantu pembentukan sel darah merah, mengoptimalkan metabolisme, serta menjaga kesehatan sistem imun dan sistem saraf.

3. Vitamin D

Masih banyak orang yang asupan vitamin D hariannya masih kurang. Nah, ikan kembung juga menawarkan mikronutrien ini, lho!

Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium, menjaga tulang dan gigi sehat, begitu pula untuk menyokong sistem imun dan sistem saraf.

4. Selenium

Salah satu mineral yang terkandung pada ikan kembung adalah selenium. Zat ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang mengakibatkan penuaan dini dan penyakit lainnya.

Ikan salmon memang sumber omega-3 yang baik, tapi ternyata ikan kembung mengandung omega-3 yang lebih banyak, harganya pun lebih murah! Atau mau memasukkan keduanya ke menu makan? Tak masalah! Untuk nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh, tanya langsung ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, ya!

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar