Sukses

Sakit Kepala Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Apa?

Sakit kepala bisa terjadi di salah satu sisi kepala. Jika terjadi di sebelah kanan, biasanya merupakan gejala apa?

Sakit kepala adalah salah satu keluhan yang kerap dirasakan hampir setiap orang, termasuk sakit kepala sebelah kanan. Kondisi ini biasanya merupakan gejala apa, ya?

Jika mengalami nyeri kepala sebelah kanan, biasanya denyut terasa tumpul dan intens di beberapa area, termasuk pelipis kanan dan dasar tengkorak.

Keluhan tersebut juga bisa dirasakan hingga ke leher, gigi, maupun mata. Ketahui lebih lengkap penyebab sakit kepala sebelah kanan lewat ulasan berikut.

 

1 dari 2 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sering sakit kepala sebelah kanan bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

1. Gaya Hidup

Sakit kepala sebelah kanan dapat terjadi akibat gaya hidup sehari-hari.

Beberapa jenis gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala sebelah kanan yaitu tidak cukup istirahat, dehidrasi, postur tubuh buruk, gangguan otot leher, dan berada di bawah sinar matahari terlalu lama.

Telat makan dan terlalu lama menatap layar gawai juga dapat meningkatkan risiko mengalami sakit kepala sebelah kanan.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Sakit Kepala, dari yang Ringan hingga Mematikan

2. Migrain

Penyebab sakit kepala sebelah kanan yang paling sering adalah migrain. Biasanya, migrain disertai sensasi denyut dan penglihatan kabur.

Keluhan lainnya yang bisa muncul adalah mual, sensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta muntah.

Pemicu migrain beragam, mulai dari perubahan cuaca, stres, makanan dan minuman tertentu, kelelahan, perubahan hormonal pada wanita, dan lain-lain.

3. Sinusitis

Peradangan pada dinding sinus (sinusitis) juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Meski demikian, kondisi ini juga bisa menyebabkan sakit kepala di kedua sisi, yang menyebar hingga ke dahi dan tulang belakang pipi.

Penderita sinus juga biasanya akan mengalami gejala penyerta, seperti hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan berkurangnya kemampuan penciuman.

4. Trauma

Trauma karena benda tumpul maupun tajam juga bisa menyebabkan sakit kepala di sebelah kanan, khususnya jika terjadi di sisi kanan kepala.

Biasanya, trauma akibat benda tajam menimbulkan luka yang terlihat jelas. Namun, jika akibat benda tumpul, sakit kepala itulah tandanya.

Artikel Lainnya: Hindari Hal Ini Saat Dilanda Sakit Kepala!

5. Alergi

Alergi ternyata juga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan. Karena, alergen yang dihirup oleh penderita alergi bisa menyebabkan peradangan di hidung. Peradangan tersebut bisa saja menyebar hingga ke bagian sinus.

Sakit kepala sebelah kanan akibat alergi bisa saja menyebar ke sisi kiri, bahkan hingga menyebabkan rasa tidak nyaman di dahi, mata, dan pipi.

6. Neuralgia Oksipital

Neuralgia oksipital atau nyeri saraf oksipital adalah peradangan dan cedera pada saraf oksipital di otak.

Kondisi ini sering disalahpahami sebagai migrain atau nyeri kepala lainnya, karena gejalanya mirip.

Neuralgia oksipital tidak mengancam nyawa. Meski begitu, nyerinya bisa menyakitkan dan menyebar hingga ke bagian depan dan sisi kepala, serta mata. 

Gejalanya berupa nyeri hebat seperti ditusuk-tusuk, tertekan, atau terkena serangan listrik di area kepala bagian kanan belakang. Rasa nyeri juga bisa timbul di area leher.

7. Sakit Kepala Tipe Tegang (Tension Headache)

Sakit kepala tipe tegang umumnya memengaruhi kedua sisi kepala. Tetapi, pada beberapa orang mungkin memiliki gejala di satu sisi saja. 

Tanda-tandanya meliputi nyeri tumpul, pegal, kulit kepala terasa lebih lunak, otot bahu dan leher bisa tegang maupun lunak, rasa tegang atau tekanan di sepanjang dahi, samping kepala, dan belakang kepala.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala Bagian Atas, Ada Gejala Apa?

8. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster jarang terjadi. Gejalanya berupa nyeri tiba-tiba, intensitasnya berat, ada sensasi seperti ditusuk-tusuk, dan lokasinya di sekitar lingkar mata atau salah satu sisi kepala.

Itulah kenapa sakit kepala cluster juga dikenal dengan sakit kepala belakang mata. Karena, di situlah area utama munculnya nyeri.

Gejala lain yang menyertai biasanya mata merah dan berair, salah satu kelopak mata layu atau bengkak, ukuran pupil mata mengecil di salah satu sisi, dan hidung mampet atau berair.

9. Tumor Otak

Sakit kepala kanan atau kiri yang gejalanya tidak membaik meski sudah diobati dapat menjadi tanda tumor otak. Sakit kepala jenis ini biasanya memiliki ciri-ciri lain seperti berikut:

  • Disertai muntah atau pusing berputar.
  • Pandangan kabur.
  • Gangguan bicara.
  • Gangguan ingatan.
  • Timbul kelumpuhan.

Beberapa obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit kepala, seperti parasetamol, ibuprofen, dan diclofenac. Namun, pastikan Anda menggunakan obat sesuai dosis dan petunjuk yang dianjurkan dokter, ya.

Untuk diagnosis sakit kepala bagian kanan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, pengobatan paling tepat bisa diberikan. Jangan tunggu hingga penyakit menjadi parah, karena malah dapat menyulitkan penyembuhan.

Bila ingin tanya lebih lanjut, konsultasi ke dokter lebih cepat lewat LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar