Sukses

Ini Waktu yang Tepat untuk Pakai Produk Anti Aging

Takut terlalu dini atau justru terlambat dalam menggunakan produk anti aging? Simak penjelasan tentang kapan waktu yang tepat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar orang, baik wanita maupun pria, tentu ingin selalu punya kondisi kulit wajah yang sehat dan tampak awet muda. Sebab, hal itu tentu bisa menurunkan tingkat percaya diri dan membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan produk anti aging. Namun, kemudian muncul pertanyaan: Kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?

Produk anti aging biasanya berupa krim, serum, essence, ataupun masker. Tapi, karena ini merupakan produk dimaksudkan untuk mencegah penuaan, Anda yang masih berusia “tanggung” seperti usia 20-30an terkadang bingung, apakah sebenarnya sudah waktu yang tepat untuk menggunakan produk tersebut.

Pakailah saat tanda penuaan muncul

Pasalnya, ada orang yang beranggapan bahwa produk anti aging sebaiknya digunakan ketika Anda memang sudah paruh baya. Di sisi lain, ada juga yang menyarankan sebaiknya digunakan sedini mungkin sebelum munculnya tanda-tanda penuaan.

Nah, sebenarnya, produk anti aging memang diperuntukkan bagi mereka yang berusia di awal 30an. Sebab, pada usia tersebut, tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kerutan, hingga pigmentasi sudah mulai muncul.

Kendati demikian, jika tanda-tanda penuaan memang hadir sebelum usia Anda menginjak 30 tahun, misalnya saat usia 25 tahun sudah muncul kerutan di mata dan dahi, serta elastisitas kulit berkurang, maka tak ada salahnya juga bagi Anda untuk memakai produk anti aging.

Memang benar bahwa ketika tanda penuaan belum terlalu parah, produk anti aging akan dapat bekerja lebih maksimal. Jadi, ketika tanda itu sudah muncul, jangan ragu untuk segera menggunakan yang cocok dengan kulit Anda.

Untuk yang kulitnya cenderung kering, fokuskan produk pada jenis krim. Sementara, bila kulit Anda berminyak, aplikasikan produk anti aging berupa cairan, gel, atau losion.

Munculnya tanda-tanda penuaan dini sebenarnya disebabkan oleh beragam faktor, misalnya saja paparan sinar matahari, polusi, pola hidup yang tidak sehat, stres, merokok, atau sering mengonsumsi minuman beralkohol. Bila Anda mengombinasikan beberapa di antaranya, maka tak mengherankan jika penuaan dini muncul, meski Anda belum berusia 30 tahun.

Meski faktor genetik juga memengaruhi penuaan, dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, hampir 90 persen penuaan kulit lebih disebabkan oleh faktor ekstrinsik di atas.

1 dari 2 halaman

Tidak bisa selalu bergantung pada produk anti aging

Perlu diketahui juga bahwa menggunakan produk anti aging sebenarnya tak lantas langsung menghilangkan segala permasalahan kerutan atau bintik hitam. Krim wajah anti aging pada dasarnya hanya bersifat melembapkan serta menyamarkan, sehingga Anda tak bisa bergantung sepenuhnya terhadap produk tersebut.

Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan produk anti aging sebelum tanda-tanda penuaan muncul sebagai langkah untuk mencegah terjadinya hal tersebut, bukan untuk mengatasinya.

Sebenarnya, memang sedikit disayangkan ketika Anda menggunakan produk anti aging di saat tanda-tanda penuaan sama sekali belum muncul sama dan usia masih terbilang terlalu muda.

Pertama, produk anti aging itu terbilang mahal. Sementara yang kedua, belum tentu tanda-tanda penuaan yang muncul nanti sesuai dengan kegunaan produk yang telah terlanjur Anda pakai.

Misalnya saja, yang Anda gunakan sekarang adalah produk untuk mengatasi flek hitam, tetapi bisa jadi permasalahan yang akan muncul nanti adalah timbulnya garis-garis halus yang cukup banyak di beberapa area wajah.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk anti aging di usia muda, tak ada salahnya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter kulit dan kecantikan, supaya bisa dicek terlebih dulu manakah masalah penuaan yang paling berpotensi Anda miliki. Atau paling tidak, jangan menggunakan produk anti aging yang kegunaannya terlalu spesifik.

Penuaan dini belum muncul, maksimalkan tabir surya

Ketimbang asal-asalan dalam memilih dan menggunakan produk anti aging yang terlalu spesifik, lebih baik Anda fokuskan pencegahan penuaan dini dengan cara yang paling mudah, yaitu menggunakan tabir surya.

“Tabir surya adalah produk anti aging utama yang harus digunakan setiap orang. Bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, Anda disarankan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 untuk mendapatkan perlindungan dari sinar matahari,” jelas dr. Sepri.

Lalu, jangan pernah lupakan tiga pilar utama dalam perawatan kulit, yakni membersihkan (jika Anda memakai make-up, selalu terapkan double cleansing!), melembapkan, serta melindungi kulit dari sinar matahari dan radikal bebas.

Itulah panduan waktu yang tepat untuk menggunakan produk anti aging. Intinya, sebaiknya jangan gunakan saat usia Anda masih di bawah 20 tahun dan tanda-tanda penuaan dini belum muncul. Sebab, produk tersebut lebih ditujukan bagi mereka yang sudah berusia 30 tahunan. Namun, apabila tanda penuaan muncul sebelum itu, maka segera gunakan produk anti aging sebelum tanda penuaan semakin parah. Terakhir, jangan pernah lupa mengoleskan tabir surya.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar