Sukses

Keputihan Tak Kunjung Sembuh, Waspadai Gejala Kanker Serviks

Jangan sepelekan keputihan. Jika tak kunjung sembuh, bisa jadi yang Anda alami adalah tanda kanker serviks.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan.  Kondisi ini lazim terjadi saat masa subur dan setelah haid. Meski ini sebenarnya gejala normal, namun pada suatu kondisi, keputihan juga bisa merupakan tanda penyakit tertentu, salah satunya adalah kanker serviks.

Ketika keputihan tidak seperti biasanya

Tidak terlalu sulit untuk membedakan keputihan yang normal dan yang abnormal. Keputihan yang normal berwarna putih atau jernih, tidak berbau, jumlahnya tidak banyak, dan hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Jenis keputihan ini biasanya terjadi menjelang masa subur dan setelah haid. 

Sementara itu, keputihan yang abnormal, salah satunya disebabkan oleh kanker serviks, ditandai dengan keputihan yang berbau tidak sedap, memiliki warna tertentu, dan tak kunjung membaik. Selain karena kanker serviks, keputihan yang abnormal juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit.

Untuk membedakan keputihan karena kanker serviks atau karena penyakit lainnya, perlu diketahui beberapa gejala yang lebih sering dirasakan pada kasus kanker serviks, yaitu:

  • Keputihan disertai dengan bau tidak sedap yang cukup menyengat
  • Keputihan disertai dengan bercak darah
  • Perdarahan dari vagina di luar siklus haid
  • Perdarahan setelah hubungan intim
  • Perdarahan dari vagina setelah menopause
  • Nyeri di daerah panggul

Jika gejala-gejala tersebut terjadi, seorang wanita perlu mewaspadai kemungkinan adanya kanker serviks.

Terlebih lagi jika seorang perempuan pernah berhubungan intim dengan lebih dari satu orang, berhubungan intim sejak usia kurang dari 20 tahun, pernah mengalami infeksi menular seksual, atau pernah mengalami infeksi human papilloma virus (HPV), kemungkinan kanker serviks terjadi lebih besar.

1 dari 2 halaman

Lakukan ini bila keputihan tak kunjung sembuh

Keputihan yang tak kunjung sembuh perlu diperiksa lebih lanjut. Oleh karena itu, sangat penting untuk konsultasi ke dokter jika keluhan seperti ini terjadi.

Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan vagina dan serviks, pemeriksaan usap vagina, serta pemeriksaan skrining kanker serviks seperti pap smear atau IVA (inspeksi visual asetat). Semua pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi dan kemungkinan adanya kanker serviks.

Pada sebagian kasus, jika terdapat benjolan di daerah serviks, tindakan biopsi (mengambil sampel jaringan untuk dilihat di bawah mikroskop) akan diperlukan. Semakin cepat kanker serviks diketahui, semakin dini penyakit tersebut bisa diatasi, maka semakin tinggi peluang untuk sembuh.

Pada kanker serviks dalam tahap sangat awal, atau secara medis disebut carcinoma in situ, salah satu pengobatan yang dilakukan adalah tindakan krioterapi. Prinsip dari krioterapi adalah membekukan daerah serviks yang tidak normal agar sel ganas hancur.

Sementara itu, jika ditemukan pada stadium yang lebih lanjut, tindakan operasi pengangkatan rahim (secara medis disebut sebagai histerektomi), kemoterapi, dan radiasi di daerah rahim umumnya diperlukan untuk menghancurkan semua sel kanker.

Sangat baik jika kanker serviks bisa ditemukan sedini mungkin. Oleh karena itu, jangan sepelekan keputihan. Jika ada tanda keputihan tidak normal, segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat. Selain itu, untuk menurunkan risiko mengalami kanker serviks, hindari berbagai hal yang rentan memicu seperti yang telah dipaparkan di atas, lakukan vaksinasi HPV, serta lakukan pemeriksaan skrining kanker serviks secara berkala.

[NP/ RVS]

2 Komentar

  • Suhar Tini

    Assalamualaikum dok.. saya ibu usia 42 thn.. saya baru selwsai menstruasi 4 hari yg lalu.. tp dari selesai menstruasi saya mengalami keputuhan.. seperti pipis dok.. ga bau dan ga kental.. stlh mens saya minum pil KB dok.. apa itu pengaruh dari pil kab atau apa ya doo.. kira2 berbahaya ga dok.. krn selalu basah.. saya selelu ganti pentiliner setiap 30 menit.. krn ga nyaman.. kira2 obat apa yg bagus dok???.. terima kasih

  • vee0311

    dok mau tanya ada benjolan di kemaluan saya, konsultasi katanya condiloma sdh 3mingguan, dulu sy tiap hari keputihan, td kok tb " ada flek coklat dan keputihan, padahal mens sudah slesai seminggu yg lalu