HomeGaya hidupSeksSering Konsumsi Jahe Bisa Dongkrak Kemampuan Seks?
Seks

Sering Konsumsi Jahe Bisa Dongkrak Kemampuan Seks?

Klikdokter, 16 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jahe memiliki banyak sekali manfaat. Akan tetapi, benarkah konsumsi jahe bisa dongkrak kemampuan seksual seseorang?

Sering Konsumsi Jahe Bisa Dongkrak Kemampuan Seks?

Jahe memiliki banyak sekali manfaat. Yang paling menonjol adalah membuat tubuh hangat karena sifatnya yang menghangatkan atau memicu keringat. 

Satu sendok jahe mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak, dan gula. Selain itu, terdapat juga vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, serta gingerol yang berperan sebagai antiradang. 

Secara tradisional, jahe sering kali dikonsumsi untuk mengatasi keluhan pencernaan seperti mual. Jahe juga kerap dimanfaatkan untuk mengobati batuk pilek. 

Akan tetapi, benarkah konsumsi jahe bisa mendongkrak kemampuan seks? Efektifkah manfaat jahe untuk kemampuan seksual? Berikut penjelasannya. 

Manfaat Jahe untuk Kemampuan Seksual

Tentunya banyak orang ingin tahu, apakah jahe memang bisa mendongkrak kemampuan seks? 

Sebelumnya, memang ada penelitian pada 2012 yang menyebutkan bahwa konsumsi suplemen jahe selama 3 bulan berturut-turut dapat menaikkan kadar testosteron. Hal ini dialami oleh sekitar 70-an pria dewasa yang pernah memiliki gangguan kesuburan. 

Lalu, penelitian pada 2013 menemukan bahwa jahe dapat menambah kadar testosteron pada tikus dengan diabetes, hanya dalam satu bulan!

Lebih lanjut, jahe ditemukan dapat membantu memperlancar peredaran darah dan juga mengurangi dampak stres oksidatif. 

Artikel lainnya: Ini Bedanya Manfaat Jahe Merah, Jahe Putih, dan Jahe Emprit

Walaupun manfaat jahe untuk kemampuan seksual tidak dipelajari secara langsung,  kedua faktor di atas dapat turut berperan untuk libido, kesuburan, dan fungsi seksual.

Kamu mungkin penasaran, berapa banyak jahe yang harus dikonsumsi untuk bisa mendongkrak kemampuan seks? 

Penelitian yang ada kebanyakan menggunakan bubuk jahe. Kalau jahe langsung dan seberapa banyak takarannya masih belum jelas. 

Selain itu, manfaat jahe untuk kehidupan seks atau kejantanan masih belum dapat dipastikan.  

Sebuah review dari berbagai studi antara tahun 1991-2018 menemukan efek jahe untuk meningkatkan testosteron pada manusia belum dapat disimpulkan. Disarankan pula untuk meneliti lebih lanjut topik tersebut.

Artikel lainnya: Jahe Bermanfaat sebagai Obat Alami Diare? Cek Faktanya!

Cara Membuat Obat Kuat Alami dari Jahe

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat jahe untuk mendongkrak kemampuan seksual, sebenarnya sangat tidak masalah (meski belum ada penelitian jelas soal ini). Toh, konsumsi jahe memang banyak manfaatnya bagi tubuh. 

Namun, perlu diingat jika ada masalah kesehatan yang memengaruhi performa seksual kamu, sebaiknya hal ini ditangani dengan baik terlebih dahulu. 

Tidak perlu malu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter, misalnya saja spesialis urologi ataupun kebidanan dan kandungan.

Nah, berbagai macam jenis jahe di pasaran dapat kamu gunakan. Misalnya, jahe merah. 

Cara mengolahnya pun cukup mudah. Kamu cukup iris atau parut jahe, kemudian direbus dengan air untuk membuat wedang. Tambahkan gula seperlunya jika kamu menyukai rasa manis. 

Kamu juga dapat mengonsumsi jahe dalam makanan. Tambahkan saja bumbu dapur ini dalam masakan, misalnya saat membuat sop ayam. Bagi kamu yang suka ngemil, kue jahe bisa jadi pilihan.

Jadi, manfaat jahe untuk mendongkrak kemampuan seksual sebenarnya belum terbukti dengan jelas. Namun, jahe memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan tanya dokter online. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

JaheSeks

Konsultasi Dokter Terkait