Sukses

9 Kondisi pada Telinga Ini Tunjukkan Kesehatan Anda

Jangan sepelekan masalah yang terjadi pada telinga. Sebab, itu bisa menunjukkan masalah kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Telinga, seperti dijelaskan dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran sekaligus pusat keseimbangan tubuh. Selain menjalankan dua fungsi itu, telinga ternyata juga bisa mengirim sinyal soal kondisi kesehatan Anda, lo!

Telinga terasa berdenging, gatal, dan mati rasa adalah beberapa tanda yang dapat ditunjukkan oleh telinga. Dengan mengetahui tanda-tanda ini Anda dapat mengungkap beberapa hal mengejutkan terkait kesehatan, yang bahkan tidak ada hubungannya dengan telinga.

Beberapa kondisi pada telinga yang perlu Anda perhatikan adalah:

1. Telinga berkerut

Kerutan tampaknya memang muncul di mana-mana seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, kerutan bisa menimbulkan masalah jika muncul di telinga Anda. Lipatan diagonal di tengah daun telinga Anda disebut tanda Frank.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kerutan pada tanda Frank bisa menjadi tanda penyakit arteri koroner. Para peneliti berspekulasi bahwa ini mungkin disebabkan oleh kerusakan jaringan elastis di sekitar pembuluh darah kecil di telinga dan di sekitar jantung.

2. Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran yang dimaksud adalah pendengaran berkurang. Menurut dr. Dina Kusumawardhani dari KlikDokter, gangguan pendengaran bisa bersifat konduktif atau sensorineural.

Gangguan pendengaran konduktif disebabkan oleh terganggunya hantaran udara dari telinga luar ke telinga tengah. Hal ini disebabkan oleh sumbatan oleh kotoran telinga, gendang telinga pecah, dan infeksi. Sementara itu, gangguan pendengaran sensorineural melibatkan telinga bagian dalam dan otak.

Gangguan pendengaran merupakan tanda terkait penurunan kognitif, seperti kehilangan memori, fokus, dan demensia. Peneliti dari Johns Hopkins menemukan bahwa orang dengan gangguan pendengaran sedang memiliki tiga kali risiko terkena demensia dibandingkan dengan orang tanpa masalah pendengaran. Mengapa hal ini terjadi belum diketahui secara pasti.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Gangguan pendengaran di satu telinga

Kehilangan pendengaran di satu telinga bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari trauma, infeksi, hingga penumpukan cairan di telinga bagian dalam. Akan tetapi, pada kasus yang jarang terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh tumor yang kemungkinan neuroma akustik jinak. Tumor itu biasanya tumbuh di saraf telinga bagian dalam.

"Sembilan puluh persen pasien yang memiliki neuroma akustik menunjukkan gangguan pendengaran satu sisi," kata Ariel B. Grobman, MD, ahli pendengaran dari Florida, Amerika Serikat.

4. Tinitus atau berdengung

Tinitus adalah istilah medis dari persepsi adanya suara berdenging dalam telinga. dr. Andika Widyatama dari KlikDokter menjelaskan, meski biasanya disebabkan oleh paparan suara keras, tinitus juga kemungkinan disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi

5. Telinga gatal

Jika Anda merasa gatal dan menggaruk tidak cukup untuk menghentikannya, Anda mungkin melihat jamur atau eksim di telinga Anda. Cara membedakannya, jika itu jamur, akan ada penumpukan jenis keju feta putih di saluran telinga, sementara eksim biasanya menyebabkan serpihan putih dan membuat saluran telinga sangat merah.

6. Kotoran telinga basah dan lengket

Percaya atau tidak, kotoran telinga yang basah dan lengket bisa jadi pertanda ada sesuatu di payudara Anda. Menurut peneliti Jepang, orang-orang dengan kotoran telinga yang basah dan lengket memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara karena mutasi pada gen ABCC11.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. Telinga merah

Telinga memerah biasanya disebabkan oleh sesuatu yang sederhana, seperti merasa malu. Namun, telinga merah dapat juga disebabkan oleh sesuatu yang lebih kompleks, seperti perubahan hormon, termasuk menopause. Telinga memerah sering berpusat pada tubuh bagian atas dan wajah, yang dapat mencakup telinga. Saat menopause, Anda mungkin juga mengalami sejumlah gejala lain, termasuk yang berhubungan dengan telinga lainnya, yakni tinitus.

8. Telinga berbentuk tidak biasa atau adanya suatu tanda di kulit

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kelainan struktural pada telinga atau adanya tanda-tanda kulit (pertumbuhan kulit kecil dan berdaging) pada telinga saat lahir dapat menjadi tanda masalah ginjal potensial. Faktanya, jika bayi Anda baru lahir menunjukkan salah satu dari tanda ini, dokter anak dapat meminta USG atau tes ginjal lainnya.

9. Mati rasa

Telinga mati rasa biasanya disebabkan oleh vertigo berulang, gangguan pendengaran, dan tinitus. Akan tetapi, mati rasa pada telinga juga bisa menjadi tanda bahwa diabetes Anda tidak dikelola dengan baik. Anda juga mungkin mengalami kesemutan dan mati rasa di ekstremitas Anda yang dikenal sebagai neuropati perifer.

Setelah membaca paparan di atas, mulai sekarang Anda perlu memperhatikan apa pun tanda atau gejala yang ditunjukkan oleh telinga Anda. Bisa saja, itu adalah tanda ada sesuatu yang lebih serius pada kesehatan Anda. Segara periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami salah satu masalah di atas.

[HNS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar