Sukses

10 Faktor Mengapa Tubuh Sering Kedinginan

Meski tidak kehujanan dan sudah memakai pakaian tertutup, Anda masih kedinginan? Coba cari penyebabnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang yang hidup di negara tropis dan tidak tinggal di daratan tinggi, merasa kedinginan adalah hal yang cukup aneh. Sebab, meski sama-sama diguyur hujan, kondisi di perkotaan yang notabenenya dataran rendah, cenderung tidak sedingin di daerah pegunungan. Lantas kenapa ya tubuh sering merasa kedinginan, bahkan saat berada di suhu normal?

Nah, dilansir dari Reader’s Digest, ada 10 faktor medis yang bisa saja mendasari kondisi kedinginan Anda. Kesebelas faktor tersebut meliputi:

  • Anda mengalami anemia

Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke dalam darah. Kadar zat besi yang rendah dapat merusak sirkulasi tersebut sehingga timbullah gejala, seperti tangan dan kaki yang dingin. Kenapa hanya kaki dan tangan yang merasakan hal tersebut? Sebab, tubuh Anda pintar. Dalam kondisi kekurangan zat besi, tubuh Anda mengalirkan oksigen ke organ-organ penting dulu, seperti jantung dan otak. Tangan dan kaki Anda pun tidak menjadi prioritas.

  • Anda kekurangan vitamin B12

Orang yang kekurangan asupan vitamin B12 dapat merasakan kedinginan, kebas, dan lemas. Anda yang ingin mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, coba konsumsi makanan alami, seperti telur, yoghurt, dan keju.

  • Anda punya masalah tiroid (hipotiroid)

Tiroid merupakan kelenjar di tubuh yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, bila aktivitas tiroid mengalami penurunan, kebanyakan fungsi tubuh juga akan mengalami penurunan.

“Akibatnya, Anda akan mengalami gejala, seperti mudah lelah, susah buang air besar, berat badan meningkat, dan tangan terasa dingin,” ujar dr. Nadia.

  • Berat badan terlalu rendah

Bisa jadi kondisi sering kedinginan ini pertanda bahwa diet Anda sudah kelewat batas. Dengan kata lain, tubuh benar-benar kekurangan lemak tubuh untuk menghangatkan. Lagipula, memotong kalori secara ekstrem dalam waktu yang lama dapat memperlambat metabolisme. Hal itu justru akan memberi energi yang jauh lebih sedikit bagi tubuh untuk “memanaskan” dirinya.

  • Anda kurang tidur

Bila Anda begadang lebih lama dari biasanya, suhu tubuh inti Anda akan turun selama waktu Anda tertidur. Jadi, saat bangun, Anda akan lebih merasa dingin akibat perlambatan metabolisme.

  • Anda dehidrasi

Saat tubuh Anda tidak memiliki cukup air, tubuh tidak mampu melakukan sirkulasi darah secara efektif. Akibatnya, beberapa bagian tubuh merasa kedinginan.

  • Anda mengalami komplikasi diabetes

Penderita diabetes dapat mengalami masalah neuropati perifer sehingga hal tersebut dapat merusak saraf  yang bertanggung jawab atas indera. Alhasil, gejala yang ditimbulkan bisa berupa kedinginan.

  • Anda menderita sindrom Raynaud

Penderita Raynaud biasanya juga mudah mengalami kedinginan. Sindrom tersebut merupakan kondisi yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu, terutama jari tangan atau jari kaki akibat penyempitan pembuluh darah arteri.

  • Sirkulasi tubuh Anda buruk

Bila Anda selalu merasa dingin tetapi tidak memiliki masalah medis yang patut dikhawatirkan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh sirkulasi tubuh Anda yang buruk. Cara memperbaikinya adalah dengan berolahraga secara teratur ataupun terapi akupunktur.

  • Anda tidak memiliki massa otot yang cukup

Massa otot akan menghasilkan panas untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hangat. Oleh sebab itu, seimbangkan olahraga kardio Anda dengan olahraga angkat beban juga.

Itulah 10 faktor mengapa tubuh Anda sering kedinginan. Meredakan gejala kedinginan pada tubuh memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman hangat serta memakai jaket. Namun sebaiknya, ketahui penyebab dari kedinginan yang Anda aami agar bisa diatasi dengan tuntas. Sebab, bila anemia atau hipotiroid hanya diatasi dengan teh hangat atau wedang jahe saja, maka kondisi hanya membaik sementara dan kembali berulang setelahnya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar