HomeInfo SehatKesehatan Umum10 Faktor Mengapa Tubuh Sering Kedinginan
Kesehatan Umum

10 Faktor Mengapa Tubuh Sering Kedinginan

Ayu Maharani, 11 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski tidak kehujanan dan sudah memakai pakaian tertutup, kamu masih kedinginan? Coba cari penyebabnya di bawah ini.

10 Faktor Mengapa Tubuh Sering Kedinginan

Sebagai orang yang hidup di negara tropis dan tidak tinggal di daratan tinggi, merasa kedinginan adalah hal yang cukup aneh. Sebab, meski sama-sama diguyur hujan, kondisi di perkotaan yang notabenenya dataran rendah, cenderung tidak sedingin di daerah pegunungan. Lantas kenapa ya tubuh sering merasa kedinginan, bahkan saat berada di suhu normal?

Nah, dilansir dari Reader’s Digest, ada 10 faktor medis yang bisa saja mendasari kondisi kamu. Kesebelas faktor tersebut meliputi:

Kamu mengalami anemia

Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke dalam darah. Kadar zat besi yang rendah dapat merusak sirkulasi tersebut sehingga timbullah gejala, seperti tangan dan kaki yang dingin. Kenapa hanya kaki dan tangan yang merasakan hal tersebut? Sebab, tubuh kamu pintar. Dalam kondisi kekurangan zat besi, tubuh kamu mengalirkan oksigen ke organ-organ penting dulu, seperti jantung dan otak. Tangan dan kaki kamu pun tidak menjadi prioritas.

Kamu kekurangan vitamin B12

Orang yang kekurangan asupan vitamin B12 dapat merasakan kedinginan, kebas, dan lemas. Kamu yang ingin mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, coba konsumsi makanan alami, seperti telur, yoghurt, dan keju.

Kamu punya masalah tiroid (hipotiroid)

Tiroid merupakan kelenjar di tubuh yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, bila aktivitas tiroid mengalami penurunan, kebanyakan fungsi tubuh juga akan mengalami penurunan.

“Akibatnya, kamu akan mengalami gejala, seperti mudah lelah, susah buang air besar, berat badan meningkat, dan tangan terasa dingin,” ujar dr. Nadia.

Berat badan terlalu rendah

Bisa jadi kondisi sering kedinginan ini pertanda bahwa diet kamu sudah kelewat batas. Dengan kata lain, tubuh benar-benar kekurangan lemak tubuh untuk menghangatkan. Lagipula, memotong kalori secara ekstrem dalam waktu yang lama dapat memperlambat metabolisme. Hal itu justru akan memberi energi yang jauh lebih sedikit bagi tubuh untuk “memanaskan” dirinya.

Kamu kurang tidur

Bila kamu begadang lebih lama dari biasanya, suhu tubuh intimu akan turun selama waktu kamu tertidur. Jadi, saat bangun, kamu akan lebih merasa dingin akibat perlambatan metabolisme.

Kamu dehidrasi

Saat tubuh kamu tidak memiliki cukup air, tubuh tidak mampu melakukan sirkulasi darah secara efektif. Akibatnya, beberapa bagian tubuh merasa kedinginan.

Kamu mengalami komplikasi diabetes

Penderita diabetes dapat mengalami masalah neuropati perifer sehingga hal tersebut dapat merusak saraf yang bertanggung jawab atas indera. Alhasil, gejala yang ditimbulkan bisa berupa kedinginan.

Kamu menderita sindrom Raynaud

Penderita Raynaud biasanya juga mudah mengalami kedinginan. Sindrom tersebut merupakan kondisi yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu, terutama jari tangan atau jari kaki akibat penyempitan pembuluh darah arteri.

Sirkulasi tubuh kamu buruk

Bila kamu selalu merasa dingin tetapi tidak memiliki masalah medis yang patut dikhawatirkan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh sirkulasi tubuh kamu yang buruk. Cara memperbaikinya adalah dengan berolahraga secara teratur ataupun terapi akupunktur.

Kamu tidak memiliki massa otot yang cukup

Massa otot akan menghasilkan panas untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hangat. Oleh sebab itu, seimbangkan olahraga kardiomu dengan olahraga angkat beban juga.

Itulah 10 faktor mengapa tubuh kamu sering kedinginan. Meredakan gejala kedinginan pada tubuh memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman hangat serta memakai jaket. Namun sebaiknya, ketahui penyebab dari kedinginan yang kamu alami agar bisa diatasi dengan tuntas. Sebab, bila anemia atau hipotiroid hanya diatasi dengan teh hangat atau wedang jahe saja, maka kondisi hanya membaik sementara dan kembali berulang setelahnya.

Kamu juga bisa konsultasi seputar faktor kedinginan atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[HNS/ RVS]

TiroidBerat BadanSuhu tubuhKedinginanTubuh Sering KedinginanAnemia

Konsultasi Dokter Terkait