Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Fika, Cara Minum Kopi di Swedia agar Kerja Lebih Produktif

Fika, Cara Minum Kopi di Swedia agar Kerja Lebih Produktif

Agar kerja lebih produktif, yuk coba rehat singkat dengan melakukan fika. Tradisi ngopi ala Swedia yang mendunia!

Setiap negara di dunia pasti punya caranya tersendiri dalam menikmati minuman kopi. Tidak terkecuali Swedia. 

Swedia adalah salah satu negara Skandinavia yang mempunyai tradisi minum kopi yang unik dan biasa disebut dengan fika. Apa itu fika? Mengapa fika terkenal di dunia? Yuk, simak informasinya berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Apa Itu Fika?

Fika adalah rehat kopi ala Swedia atau Swedish coffee break. Fika atau kopi Swedia bukan hanya berhenti melakukan segala sesuatu untuk minum kopi, melainkan sebuah tradisi untuk berhenti sejenak dari segala pekerjaan dan menghargai kehidupan yang ada. 

Tak hanya terbatas pada kopi, fika juga dapat dilakukan dengan teh serta camilan. Fika bisa dilakukan bersama rekan kerja, teman, keluarga, atau siapa pun. Baik itu di rumah, taman, atau tempat kerja. 

Artikel Lainnya: 5 Alasan Anda Tetap Perlu Minum Kopi

Fika sendiri lebih berarti bersosialisasi dibandingkan dengan hanya minum kopi saja. Fika merupakan sebuah kebiasaan orang Swedia atau tradisi. Yang penting adalah Anda melakukannya, menyediakan waktu untuk beristirahat, itulah yang dimaksud dengan fika.

Di Swedia, fika melebur bersama kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara. Di kantor mereka, selalu ada fika baik di pagi hari maupun siang hari. Fika Swedia merupakan alasan untuk bertemu teman di kafe atau reunian.  

Apakah fika dapat membuat kerja lebih produktif? Tentu saja. Di Swedia, fika adalah bagian dari jadwal sehari-hari di kantor. Fika pada pukul 10 pagi dan pukul 3 sore di antara waktu kantor bukanlah hal yang aneh. 

Dengan fika, Anda dapat beristirahat sejenak, bersosialisasi, mengistirahatkan pikiran, dan memperkuat hubungan dengan orang lain. Anda bisa bertukar pikiran dan pengetahuan, menceritakan masalah yang Anda miliki, atau mendengarkan saran dari orang lain.

Artikel Lainnya: 7 Manfaat Minum Kopi untuk Wanita

Dengan meningkatkan hubungan dengan rekan sekerja, misalnya, kerja Anda akan lebih produktif dan akan menghasilkan hasil akhir yang lebih baik untuk perusahaan. 

2 dari 3 halaman

Ngopi Itu Penting dan Bermanfaat

Fika ala Swedia penting agar seseorang merasa lebih rileks dan produktif. Apalagi, minuman kopi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kopi yang bisa Anda dapatkan: 

  1. Memperbaiki Mood

Fika ternyata mampu memperbaiki mood sehari-hari. Jadi kebiasaan ini akan membuat Anda lebih tenang, rileks, dan bahagia.      

  1. Memberikan Stimulus pada Otak

Ngopi ala Swedia bisa memberikan stimulus pada fungsi otak sekaligus tambahan energi. Inilah mengapa, banyak sekali pekerja yang membutuhkan minuman kopi saat mereka memulai pekerjaan.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Sehat dari Minum Kopi A la Italia

  1. Meredakan Sakit Kepala

Minum kopi juga bisa meredakan sakit kepala yang dirasakan. Ini berkat zat kafein yang terkandung di dalam kopi. Pada sebuah penelitian ditemukan, kafein memiliki manfaat yang hampir sama dengan obat pereda nyeri ibuprofen yang sering diandalkan untuk meredakan sakit kepala.

  1. Mencegah Berbagai Penyakit

Siapa sangka, minuman kopi dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, demensia dan Parkinson.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kopi. Jika Anda masih merasa belum fresh, cobalah berhenti sejenak untuk mengistirahatkan pikiran. Ini penting agar Anda dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya dengan lebih baik atau lebih produktif. 

Tradisi minum kopi ala Swedia ini tak hanya bisa dilakukan di negara tersebut. Anda juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, apabila ingin kerja lebih produktif, tidak ada salahnya untuk melakukan fika di sela-sela pekerjaan. Ingatlah bahwa tubuh Anda juga membutuhkan istirahat sejenak.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Yuk, tanyakan langsung dengan ahlinya melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis 

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar