Sukses

Cara Mudah Hilangkan Lemak di Pipi

Anda merasa tidak percaya diri dengan pipi chubby? Tenang saja, ada berbagai cara menghilangkan lemak di pipi yang bisa Anda coba di rumah.

Ada yang menganggap pipi tembam itu membuat wajah terlihat lebih muda dan imut. Namun, ada pula yang menganggap pipi chubby bisa bikin penampilan terlihat gemuk sehingga mengurangi rasa percaya diri. Tak heran bila sebagian orang mencari-cari cara untuk membuat pipi tirus.

Nah, untuk Anda yang kurang pede dengan pipi tembam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di pipi.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Pipi Tembam dan Berlemak

Sebelum mengambil langkah apa pun untuk mengecilkan pipi, ketahui dulu penyebab pipi tembam dan berlemak. Pipi tembam dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti:

  • Bentuk Rahang dan Struktur Wajah

Cobalah becermin. Apabila rahang Anda besar dan tulang pipi tinggi, ini bisa membuat pipi terlihat tembam. Terlebih jika hampir semua anggota keluarga juga memiliki struktur wajah serupa. Ini artinya pipi tembam Anda adalah faktor keturunan, bukan akibat timbunan lemak.

  • Kenaikan Berat Badan

Pada beberapa orang yang mengalami kenaikan berat badan, penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh (salah satunya pipi) bisa tak terhindarkan. Jadi, jika berat badan turun, maka pipi tembam pun bisa ikut menghilang juga.

Artikel lainnya: Bisakah Pipi Tirus Permanen dengan Tarik Benang?

  • Memiliki Sindrom Cushing

Sindrom Cushing merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat kadar hormon kortisol yang meningkat.

Peningkatan berat badan yang signifikan adalah tanda utama dari sindrom Cushing. Terjadi juga penumpukan lemak, khususnya di daerah perut, wajah, dan tengkuk. Penumpukan lemak di wajah menyebabkan wajah terlihat bulat seperti bulan.

  • Hipotiroidisme

Ini merupakan kelainan pada kelenjar tiroid di mana kadar hormon rendah. Hipotiroidisme bisa menjadik penyebab pipi tembam, kulit kering, berat badan meningkat, serta cepat lelah.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Tembam

Mengecilkan pipi tembam hanya bisa dilakukan jika penyebabnya adalah penumpukan lemak pada area rahang atau wajah. Jika karena penyebab lain, tentu harus diobati terlebih dahulu sumber permasalahannya.

Menghilangkan lemak di pipi bisa dilakukan baik dengan cara alami maupun prosedur medis tertentu atau operasi. Meskipun prosedur medis dan operasi memiliki efektivitas yang tinggi, mereka juga memiliki risiko tersendiri serta merogoh kocek yang cukup besar.

Untuk itu, mari ketahui berbagai cara menghilangkan lemak di pipi secara alami:

1. Minum Banyak Air

Tubuh akan menyimpan cadangan air jika Anda tidak minum cukup setiap hari. Saat Anda kurang minum, maka tubuh akan menyimpan cadangan air di pipi dan mata.

Oleh karena itu, penuhilah kecukupan cairan sekurang-kurangnya delapan gelas per hari. Anda bisa terhindar dari dehidrasi sekaligus mengecilkan pipi.

2. Kurangi Berat Badan

Lemak di pipi adalah salah satu lokasi tempat penimbunan lemak akibat kelebihan berat badan. Dengan mengurangi berat badan, maka otomatis lemak di pipi akan ikut berkurang.

3. Olahraga Rutin

Olahraga juga bisa menjadi cara menghilangkan lemak di pipi. Dengan berolahraga yang benar, maka timbunan lemak tubuh dapat dibakar dengan baik. Salah satu targetnya adalah pembakaran lemak di area wajah atau pipi.

Artikel lainnya: Sedot Lemak untuk Atasi Pipi Tembam, Efektifkah?

4. Senam Wajah

Ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Senam pada wajah dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Salah satu contoh sederhananya adalah dengan mengunyah permen karet. Kegiatan ini akan membakar lemak di pipi secara perlahan. Selain itu, senam wajah juga akan melatih otot bagian wajah, sehingga kulit wajah terlihat lebih kencang.

5. Pemijatan di Area Pipi

Pemijatan dilakukan untuk membantu proses pembakaran lemak daerah pipi. Cara mudahnya adalah dengan mengoleskan minyak untuk wajah sebagai pelicin. Kemudian, lakukan gerakan memutar menggunakan jari telunjuk dan jari.

6. Tidur Cukup

Kurang tidur berpotensi meningkatkan berat badan, nafsu makan dan stres. Metabolisme tubuh saat kurang tidur pun akan melambat. Cukupi kebutuhan tidur Anda setiap harinya supaya pipi tidak tembam.

7. Ubah Model Rambut dan Gunakan Riasan Wajah

Cara lainnya untuk menyamarkan bentuk wajah atau pipi chubby adalah dengan mengubah gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah serta menggunakan riasan yang berfungsi contouring. Teknik contouring akan membuat pipi kelihatan lebih tirus.

Itulah cara mengecilkan lemak pipi yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Namun jika Anda tetap ingin cara yang instan, konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Sehingga, Anda bisa berdiskusi mengenai prosedur medis maupun tindakan lainnya yang sesuai dengan keinginan dan kocek Anda.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menghilangkan lemak di pipi Anda? Tanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar