Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan MentalMau Nonton Debat Capres, Kelola Emosi dengan 8 Tips Ini
Kesehatan Mental

Mau Nonton Debat Capres, Kelola Emosi dengan 8 Tips Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 07 Jan 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu cenderung mudah naik darah dan marah-marah saat nonton debat capres? Kelola emosi Kamu dengan beberapa tips ini.

Mau Nonton Debat Capres, Kelola Emosi dengan 8 Tips Ini

Debat calon presiden (capres) ketiga. Debat capres menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024 biasanya berpotensi membuat Kamu marah-marah jika salah satu kandidat mengeluarkan pernyataan yang tidak sesuai atau menyerang kandidat jagoan Kamu. Akan tetapi, jangan terbawa emosi saat nonton debat. Cobalah belajar untuk kelola emosi dan rasa marah Kamu.

Sekada info, tema debat ketiga capres yaitu terkait dengan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Bila debat kedua (Debat Cawapres) memancing atensi masyarakat luas, bukan tak mungkin debat ketiga ini akan berlangsung lebih seru dan “panas”.

Hal ini dapat dipicu oleh sorakan dari pendukung lawan. Potensi kemarahan dapat pula muncul ketika capres jagoan Kamu diserang atau dicecar dengan pernyataan dan pertanyaan dari capres lainnya.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, rasa marah adalah respons yang wajar saat seseorang menghadapi situasi yang mengecewakan. Begitu pula ketika debat capres berlangsung sengit dan jagoan Kamu terpojok. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengendalikan emosi negatif tersebut dengan baik.

Nah, daripada naik darah berlebihan, lebih baik Kamu belajar untuk mengelola marah. Dilansir Mayo Clinic, cara-cara ini dapat membantu Kamu mengelola marah saat nonton debat calon presiden.

1. Berpikir Sebelum Berbicara

Saat debat memanas, mudah untuk mengatakan sesuatu yang nantinya akan Kamu sesali, seperti umpatan dan kata-kata kotor. Luangkan beberapa saat untuk berpikir sebelum Kamu mengatakan sesuatu. Pikirkan terlebih dahulu baik dan buruknya, serta dampaknya pada orang lain.

2. Setelah Tenang, Ungkapkan Kemarahan Kamu

Segera setelah Kamu berpikir jernih, ungkapkan kekesalan Kamu dengan tegas, tetapi tidak konfrontatif. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Kamu dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba mengendalikannya.

3. Istirahat

Kamu bisa melakukan ini setelah menonton debat. Beristirahatlah beberapa saat untuk menurunkan kadar stres dan emosi Kamu. Istirahat beberapa waktu mungkin membantu Kamu merasa lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa kesal atau marah.

4. Ingat, Marah-marah Tidaklah Berguna

Ingatkan diri Kamu bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan memperburuknya. Jika segala sesuatunya dilakukan dengan kepala dingin, amarah bisa reda.

5. Jangan Menyimpan Dendam

Pengampunan adalah “senjata”yang ampuh. Jika membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya menguasai sisi positif, Kamu akan mendapati diri Kamu “tertelan” oleh perasaan ketidakadilan. Untuk menghindari itu, cobalah untuk tenang, jangan terlalu dipikirkan apa yang menjadi kemarahan Kamu. Jangan simpan dendam dan cobalah mengampuni.

6. Gunakan Humor untuk Melepaskan Ketegangan

Humor adalah salah satu obat mujarab yang dapat membantu meredakan ketegangan. Jika Kamu sedang bersama teman-teman saat menonton debat capres, lemparkan humor untuk membantu Kamu menghadapi apa yang membuat Kamu marah. Dengan begitu, Kamu justru bisa mengurangi ketegangan, bahkan memKamung kritik lewat candaan.

7. Tarik Napas yang Dalam Agar Tenang

Saat amarah Kamu memuncak ketika pasangan calon Kamu terdesak, gunakan keterampilan relaksasi untuk meredakan amarah. Cobalah tarik napas yang dalam, bayangkan hal-hal yang santai atau ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti "saya harus tenang". Kamu juga dapat mendengarkan musik atau apa pun untuk mendorong relaksasi.

8. Tetap Terbuka Terhadap Berbagai Sudut Pandang

Cobalah untuk kamu bisa menerima dan memahami perspektif yang berbeda dari pandangan kamu saat menonton debat capres. Ini merupakan salah satu tips penting untuk mengelola emosi kamu agar tidak terlalu terpengaruh oleh perbedaan pendapat yang ada.

Daripada emosi tidak jelas, lebih baik Kamu belajar untuk kelola marah. Ingat, marah berlebihan dan tidak terkontrol hanya akan membuat hubungan sosial Kamu merenggang. Bukannya mendapat informasi tentang visi dan misi kandidat, bisa jadi Kamu malah akan kehilangan teman. Jadi, kelola marah Kamu, saksikan debat capres jelang Pemilu 2024 dengan tenang dan kepala dingin, ya.

Kamu bisa mendapatkan informasi cara mengelola emosi lebih lanjut dan juga berita kesehatan lainnya dengan download aplikasi KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu selalu

MarahEmosiDebatDebat Capreskelola emosi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter