Sukses

Mau Nonton Debat Capres, Kelola Emosi dengan 7 Tips Ini

Anda cenderung mudah naik darah dan marah-marah saat nonton debat capres? Kelola emosi Anda dengan beberapa tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Debat calon presiden (capres) memasuki "babak kedua", setelah debat perdana berlangsung pada 17 Januari lalu. Debat capres menjelang Pemilu 2019 biasanya berpotensi membuat Anda marah-marah jika salah satu kandidat mengeluarkan pernyataan yang tidak sesuai atau menyerang kandidat jagoan Anda. Akan tetapi, jangan terbawa emosi saat nonton debat. Cobalah belajar untuk kelola emosi dan  rasa marah Anda.

Bila debat pertama memancing atensi masyarakat luas, bukan tak mungkin debat kedua ini akan berlangsung lebih seru dan “panas”. Hal ini dapat dipicu oleh sorakan dari pendukung lawan. Potensi kemarahan dapat pula muncul ketika capres jagoan Anda diserang atau dicecar dengan pernyataan dan pertanyaan dari capres lainnya.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, rasa marah adalah respons yang wajar saat seseorang menghadapi situasi yang mengecewakan. Begitu pula ketika debat capres berlangsung sengit dan jagoan Anda terpojok. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengendalikan emosi negatif tersebut dengan baik.

Nah, daripada naik darah berlebihan, lebih baik Anda belajar untuk mengelola marah. Dilansir Mayo Clinic, cara-cara ini dapat membantu Anda mengelola marah saat nonton debat calon presiden.

1. Berpikir sebelum berbicara

Saat debat memanas, mudah untuk mengatakan sesuatu yang nantinya akan Anda sesali, seperti umpatan dan kata-kata kotor. Luangkan beberapa saat untuk berpikir sebelum Anda mengatakan sesuatu. Pikirkan terlebih dahulu baik dan buruknya, serta dampaknya pada orang lain.

2. Setelah tenang, ungkapkan kemarahan Anda

Segera setelah Anda berpikir jernih, ungkapkan kekesalan Anda dengan tegas, tetapi tidak konfrontatif. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Anda dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba mengendalikannya.

3. Istirahat

Anda bisa melakukan ini setelah menonton debat. Beristirahatlah beberapa saat untuk menurunkan kadar stres dan emosi Anda. Istirahat beberapa waktu mungkin membantu Anda merasa lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa kesal atau marah.

4. Ingat, marah-marah tidaklah berguna

Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan memperburuknya. Jika segala sesuatunya dilakukan dengan kepala dingin, amarah bisa reda.

5. Jangan menyimpan dendam

Pengampunan adalah “senjata”yang ampuh. Jika membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya menguasai sisi positif, Anda akan mendapati diri Anda “tertelan” oleh perasaan ketidakadilan. Untuk menghindari itu, cobalah untuk tenang, jangan terlalu dipikirkan apa yang menjadi kemarahan Anda. Jangan simpan dendam dan cobalah mengampuni.

6. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan

Humor adalah salah satu obat mujarab yang dapat membantu meredakan ketegangan. Jika Anda sedang bersama teman-teman saat menonton debat capres, lemparkan humor untuk membantu Anda menghadapi apa yang membuat Anda marah. Dengan begitu, Anda justru bisa mengurangi ketegangan, bahkan memandang kritik lewat candaan.

7. Tarik napas yang dalam agar tenang

Saat amarah Anda memuncak ketika pasangan calon Anda terdesak, gunakan keterampilan relaksasi untuk meredakan amarah. Cobalah tarik napas yang dalam, bayangkan hal-hal yang santai atau ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti "saya harus tenang". Anda juga dapat mendengarkan musik atau apa pun untuk mendorong relaksasi.

Daripada emosi tidak jelas, lebih baik Anda belajar untuk kelola marah. Ingat,  marah berlebihan dan tidak terkontrol hanya akan membuat hubungan sosial Anda merenggang. Bukannya mendapat informasi tentang visi dan misi kandidat,  bisa jadi Anda malah akan kehilangan teman. Jadi, kelola marah Anda, saksikan debat capres jelang Pemilu 2019 dengan tenang dan kepala dingin, ya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar