Sukses

Sedih di Hari Minggu? Atasi dengan Cara Ini

Hari Minggu yang seharusnya rileks bisa dirasakan sedih bagi sebagian orang. Pernah mengalaminya juga? Atasi dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang yang tiba-tiba merasa malas, bahkan sedih saat hari Minggu hampir berakhir, khususnya ketika tahu esok harinya adalah Senin yang berarti kembali ke “kehidupan nyata”. Jika Anda pernah atau sudah berkali-kali merasakannya, Anda harus tahu cara mengatasinya untuk menyambut keesokan hari lebih baik.

Dilansir dari RealSimple, setiap Minggu sekitar jam 4 sore, dilaporkan bahwa sebagian besar orang di negara-negara maju mengeluh karena berakhirnya akhir pekan. Biasanya ini akan mengubah mood seseorang dan malah berpengaruh pada turunnya semangat untuk menjalani aktivitas Senin.

Dalam sebuah jajak pendapat tahun 2013, 81 persen responden di Amerika Serikat ditemukan mengalami penurunan mood pada hari Minggu malam. Bahkan 59 persen mengatakan bahwa mood mereka sangat buruk. Katakanlah Anda bersenang-senang atau melakukan hal-hal yang Anda suka pada hari Sabtu, lalu keesokan harinya Anda tiba-tiba tegang lalu bad mood saat memikirkan hari kerja atau beban kerja pekan depan. Kegelisahan mulai muncul saat melihat email kerja, rutinitas harian seperti mengurus bekal anak sekolah atau mengantar anak sekolah sebelum berangkat kerja, dan lain-lain.

Jika Anda termasuk sering mengalami kegalauan di hari Minggu, mungkin langkah-langkah ini bisa membantu Anda mengatasinya.

1. Tukar kegiatan

Biasanya orang menjadwalkan hal-hal yang menyenangkan pada hari Sabtu dan hal-hal yang terkait dengan kewajiban atau pekerjaan pada hari Minggu. Cobalah untuk tukar hari. Misalnya cobalah untuk menyelesaikan segala urusan rumah tangga seperti belanja bulanan atau hal-hal keperluan rumah lainnya, atau menyelesaikan deadline kantor yang belum sempat terselesaikan pada saat suasana hati sedang baik. Lalu pergilah bersenang-senang dan lakukan hal-hal yang Anda suka pada hari Minggu.

"Menukar kegiatan di akhir pekan ini membuat Anda terbuka untuk momen-momen kebahagiaan tanpa beban di Minggu," kata Cassie Mogilner, Ph.D., seorang peneliti kebahagiaan di Wharton University of Pennsylvania, AS, kepada RealSimple.

Ini juga berlaku untuk anak. Hindari mengerjakan pekerjaan rumah pada hari Minggu. “Anak-anak dapat merasa lebih positif pada Senin pagi jika Minggu malamnya bebas dari persiapan untuk hari sekolah besok,” kata Erika A. Patall, Ph.D., asisten profesor psikologi pendidikan di Universitas Texas, AS.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Menjadi pemikir maju

Alasan lain mood yang buruk pada hari Minggu adalah fakta bahwa Anda memikirkan pekerjaan untuk hari kerja ke depan. Cara mengatasinya, jauhkan diri dari stres dengan mengakhiri hari kerja Anda dengan perencanaan yang baik.

“Sebelum Anda meninggalkan kantor pada hari Jumat, rapikan dan siapkan meja kerja Anda di kantor untuk memulai hari kembali pada hari Senin,” kata Peggy Duncan, organisator profesional yang berbasis di Atlanta, AS.

Lalu, coba buat agenda khusus untuk hari Senin, lengkapi dokumen atau berkas kerja yang diperlukan, dan berita tanda email yang membutuhkan perhatian khusus. Jika Anda harus memeriksa kalender kerja, lakukan pada Minggu pagi supaya malamnya mood Anda tak terganggu.

3. Lakukan kegiatan bersama teman

Buatlah rencana berkumpul dengan teman-teman pada hari Minggu. Misalnya dengan pergi ke gereja bersama atau brunch di restoran favorit. Bahkan, sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal medis “American Sociological Review” menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin menghadiri acara keagamaan lebih puas dengan kehidupan mereka daripada mereka yang tidak. Alasannya, para peneliti menyebut bahwa ini tidak hanya terkait dengan keagamaan, tapi juga tentang bersosialisasi dengan teman dalam kegiatan tersebut.

4. Cobalah untuk lebih aktif

Kenapa jam 7 malam pada hari Minggu terasa seperti jam 11 malam? Di sisi lain, pada hari lain jam 7 malam rasanya seperti Anda baru memulai hari. Ini mungkin karena Anda tidak melakukan apa-apa pada Minggu malam.

Menjadi lebih aktif seperti berlatih yoga, atau bahkan pergi ke bioskop akan membuat Anda lebih bahagia daripada menjadi pasif dengan duduk bermalas-malasan sambil menonton TV.

“Jika Anda terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda terus bergerak, Anda terserap pada saat itu sehingga ruang untuk kekhawatiran akan hari esok akan lebih sedikit,” jelas Cassie.

Tentunya tak ada seorang pun yang ingin memulai kembali hari kerjanya dengan tidak bersemangat. Untuk menghidari rasa sedih atau bad mood yang kerap dirasakan pada hari Minggu, cobalah sesuatu yang baru seperti hal-hal yang disebutkan di atas demi menyambut hari Senin secara lebih positif. Produktivitas Anda pun tak akan terganggu!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar