HomeInfo SehatPencernaan10 Obat Pencahar Alami untuk Bantu Atasi Susah BAB
Pencernaan

10 Obat Pencahar Alami untuk Bantu Atasi Susah BAB

Siti Putri Nurmayani, 10 Agu 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit perut dan susah buang air besar menjadi kondisi yang sering dialami kebanyakan orang. Ketahui, ini berbagai obat pencahar alami untuk mengatasinya.

10 Obat Pencahar Alami untuk Bantu Atasi Susah BAB

Ketika susah buang air besar atau konstipasi, kondisi ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman karena feses tidak kunjung bisa dikeluarkan. Ini disebabkan oleh feses yang keras.

“Konstipasi terjadi ketika makanan terlalu lambat untuk melewati kolon, sehingga kolon memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyerap air yang terkandung dalam sisa-sisa makanan. Ini menyebabkan feses menjadi keras dan kering,” jelas dr. Melyarna Putri.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan mengonsumsi obat pencahar. Tak jarang, ada juga yang lebih memilih bahan alami yang dianggap lebih sehat. Lalu, apa saja pilihan obat pencahar alami yang bisa digunakan? Mari cari tahu daftarnya lewat ulasan berikut ini.

1. Semangka

Semangka menjadi salah satu obat tradisional sembelit susah buang air besar yang dikonsumsi ketika kamu mengalami sembelit. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang tinggi di dalamnya.

Tak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan air yang banyak di dalamnya, sehingga dapat membuat organ pencernaan terus bergerak.

2. Buah Beri

Menurut dr. Melyarna, golongan buah beri seperti blueberry dan stroberi bisa membantu mengatasi keluhan sembelit.

Pasalnya, buah-buahan ini mengandung pektin, serat larut yang baik untuk kesehatan usus. Komponen ini dapat membuat makanan yang dikonsumsi bisa lebih lembut dan mudah untuk dicerna tubuh.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu rekomendasi obat sembelit alami yang dapat kamu gunakan untuk mengobati konstipasi.

Biji-bijian utuh ini mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu melunakkan feses. Dengan begitu, gerakan usus bisa berfungsi dengan normal dan mencegah terjadinya wasir.

4. Sayuran Kale

Sayuran hijau berdaun gelap, seperti kale, dianggap sebagai salah satu obat herbal susah BAB terbaik untuk mengatasi sembelit.

Jenis sayuran ini mengandung magnesium, salah satu mineral yang membantu melunakkan feses. Dengan mengonsumsi kale, maka ini menjadi cara alami melunakkan tinja agar lebih mudah untuk dikeluarkan.

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Probiotik merupakan mikroorganisme kecil yang dapat memecah serat. Ketika tubuh memiliki lebih banyak bakteri baik, ini bisa membantu buang air besar jadi lebih lancar dan cepat.

6. Jambu Biji

obat pencahar alami

Selain mengandung vitamin dan mineral, buah jambu biji juga mengandung serat yang tinggi. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram jambu biji mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

Berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, ini bisa digunakan sebagai obat sembelit dewasa alami yang membantu memperlancar buang air besar.

7. Kurma

Buah kurma ternyata bisa membantu memperkuat sistem pencernaan dan meredakan sembelit yang dialami.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa konsumsi lima sampai enam buah kurma. Pastikan untuk melengkapinya dengan segelas air hangat.

8. Air Putih

Dikutip dari Cleveland Clinic, air putih menjadi salah satu cara mengatasi sembelit pada orang dewasa secara alami. Minum air putih dalam jumlah yang banyak bisa memperlancar buang air besar dan mencegah tinja kering dan keras.

Selain minum air putih, kamu juga bisa minum jus buah dan sayur bening untuk mengatasi sembelit dan mencegah dehidrasi.

Artikel Lainnya: Pilihan Obat Untuk Mengatasi Sembelit

9. Apel

Apel mengandung serat, fruktosa, dan sorbitol tinggi yang bisa membantu mengosongkan usus. Selain itu, kadar air dalam buah apel juga tergolong tinggi, sehingga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan menghindari sembelit.

Untuk mendapatkan khasiat dari obat herbal sembelit dewasa, sebaiknya kamu makan apel secara langsung, ya!

10. Kopi

Berdasarkan Nutrients Journal, kopi berkafein dapat merangsang aktivitas motorik kolon.

Bahkan, dr. Samita Garg, seorang ahli gastroenterologi asal Amerika Serikat juga menyetujuinya, “Kopi dapat merangsang kontraksi kolon dan refleks gastrokolik yang dapat menyebabkan peningkatan pergerakan saluran pencernaan bagian bawah sebagai respons terhadap peregangan perut akibat makan atau minum,”.

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan di atas agar buang air besar jadi lebih lancar. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah konstipasi berulang.

Bila konstipasi sulit untuk diatasi, ada baiknya untuk meminta bantuan dokter. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi secara praktis!

BABmakananSusah BABSusah Buang Air BesarpencaharPencahar AlamiMakanan PencaharObat Penncaharkonstipasi

Konsultasi Dokter Terkait