Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ucapan “Terima Kasih” Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Jiwa, Lho!

Ucapan “Terima Kasih” Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Jiwa, Lho!

Siapa bilang ucapan terima kasih hanya sebatas di mulut saja? Ternyata, ini juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa! Simak selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Sudahkah Anda mengucapkan “terima kasih” kepada orang-orang yang telah membantu Anda hari ini? Ternyata, berterima kasih tak hanya berkaitan dengan rasa syukur dan juga menunjukkan karakter seseorang tapi, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, “terima kasih” adalah padanan kata yang kerap dilontarkan sebagai bentuk mengucap syukur, melahirkan rasa syukur, atau membalas budi setelah menerima kebaikan. Ucapan terima kasih adalah bentuk menghargai tindakan yang telah dilakukan oleh orang lain.

Pada umumnya, ucapan terima kasih diucapkan oleh seseorang ketika:

  • Seseorang memberi pujian

Setiap kali orang memberi pujian, biasanya si penerima pujian akan merasa enggan atau bahkan tidak menanggapinya. Padahal, menerima pujian dan kemudian membalasnya dengan kalimat  terima kasih, tidak lantas membuat Anda menjadi terlihat sombong, kok.

  • Seseorang memberi saran

Saran seseorang, baik diminta atau tidak, adalah satu bentuk perhatian. Meski Anda yang memutuskan saran itu berguna atau tidak, hal tersebut menunjukkan bahwa mereka berusaha membantu memberikan pandangan terbaiknya. Ucapkan terima kasih atas saran yang disampaikan oleh pihak lain, dengan demikian si pemberi saran juga merasa dihargai.

  • Seseorang berusaha membantu

Sebagai mahluk sosial, salah satu keinginan manusia adalah saling membantu sesama. Bagi Anda yang terbiasa melakukan apa pun sendiri atau sudah terbiasa mandiri, mungkin Anda berpikir tidak membutuhkan bantuan dari orang lain. Meski demikian, jangan pernah meremehkan ketulusan orang lain yang ingin membantu Anda. Cobalah untuk berani ucapkan "terima kasih" saat ditawari atau menerima bantuan dari orang lain.

  • Seseorang selalu ada di sisi Anda

Mungkin Anda memiliki pasangan, teman-teman, atau keluarga. Sering kali Anda mengabaikan kali orang-orang yang ada di sekitar dan orang-orang terdekat karena Anda merasa memberikan perhatian adalah salah satu “tugas” mereka. Padahal, mereka (yang juga mungkin punya kehidupan dan permasalahan hidup sendiri) tak jarang selalu menyempatkan waktunya untuk Anda dan siap membantu. Mulai saat ini, ucapkanlah “terima kasih” atau ucapkan lebih sering atas keberadaan mereka di hidup Anda.

1 dari 2 halaman

Manfaat ucapan “terima kasih” bagi kesehatan jiwa seseorang

Berdasarkan penelitian, ucapan terima kasih juga membawa kebaikan untuk kesehatan. Kebaikan yang seperti apa?

Penelitian telah menunjukkan berkali-kali bahwa bersyukur itu baik untuk kesehatan, suasana hati, dan kesejahteraan Anda. Mengucapkan terima kasih adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal “Psychological Science” menemukan, banyak orang yang meremehkan kekuatan dari mengekspresikan rasa syukur lewat ucapan terima kasih. Padahal, cara ini sangat mudah dan tidak memerlukan usaha berlebih.

“Mengucapkan terima kasih dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang dan kesejahteraan orang lain, bahkan lebih dari yang kami perkirakan sebelumnya. Jika kedua belah pihak mendapatkan manfaat dari ini, saya pikir itulah jenis tindakan yang harus kita lakukan lebih sering dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Amit Kumar, peneliti di Universitas Texas, Amerika Serikat.

Penelitian yang melibatkan serangkaian ekspresimen ini meminta partisipan untuk mengirim surat kepada seseorang dalam hidup mereka, sambil mengungkap rasa syukur dan terima kasih. Sebelum mengirim surat, para penulis ditanya tentang bagaimana respons yang mereka ingin lihat dari sang penerima. Kemudian, para peneliti melakukan survei pada penerima tentang reaksi aktual mereka.

Para peneliti juga melakukan survei pada para penulis sebelum dan sesudah mereka mengirim  surat tersebut, lalu menemukan bahwa menulis surat ucapan syukur secara konsisten dapat menciptakan semangat yang lebih positif. Temuan ini sesuai dengan banyak penelitian yang sudah ada tentang efek-efek rasa syukur yang meningkatkan suasana hati.

Begitu banyak manfaat ucapan terima kasih bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan rasa percaya diri, semangat positif, dan kesehatan jiwa secara keseluruhan. Berterima kasih merupakan bentuk paling sederhana untuk menunjukkan perhatian, rasa menghargai, dan kepedulian Anda terhadap orang-orang di sekitar Anda yang sudah membantu Anda. Percayalah, mengucapkan terima kasih,  bahkan hingga berkali-kali, tidak akan membuat Anda merugi.

[RN/ RVS]

2 Komentar