Sukses

Manfaat Coret-Coret Dinding Bagi Anak

Anak sering dianggap nakal karena suka coret-coret dinding. Ternyata kegiatan ini ada manfaatnya, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi orang tua bukanlah sebuah proses yang instan. Kenyataannya, proses ini berjalan bersamaan dengan proses tumbuh kembang anak dan bukan perkara mudah. Misalnya mencoba bersabar saat menemukan dinding penuh dengan coret-coret anak sepulang kerja tentu tak gampang.

Kejadian seperti di atas tak jarang dianggap sebagai bentuk kenakalan oleh banyak orang, termasuk para orang tua. Padahal, mencoret-coret merupakan bagian dari proses perkembangan anak dan dapat bisa menjadicara menuntun anak ke banyak hal besar dan hebat.

Orang tua perlu memahami berbagai tahapan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Selain itu, penting diingat bahwa orang tua harus berperan aktif untuk mendukung proses tersebut.

Berikut beberapa manfaat menggambar dan corat-coret bagi anak:

  • Membuat anak menjadi pribadi yang lebih ekspresif

Anak tidak selalu dapat mengekpresikan dirinya dengan kata-kata. Menggambar dan mencorat-coret, adalah salah satu cara lain anak berkomunikasi. Anda dapat menyelami perasaan dan cara berpikirnya dengan membebaskan mereka berekspresi melalui gambar dan coretan.

Perasaan memiliki kebebasan dalam berekspresi ini juga akan meningkatkan kemampuan emosional serta inteligensi anak.

  • Membantu perkembangan motorik anak

Entah itu coretan tak beraturan atau lukisan indah yang patut dipajang, keduanya sama penting. Menggambar akan membantu perkembangan kemampuan motorik anak sejak usia dini, baik kasar dan terutama halus.

Membebaskan dan mendukung anak untuk mencoret-coret sejak dini akan sangat membantu koordinasi mata dan motoriknya, terutama tangan dan jari-jari.

Anda dapat membantunya dengan memberi contoh untuk diikuti. Mulai dari bentuk yang sederhana seperti bulat dan persegi, kemudian berkembang ke yang lebih kompleks seperti menggambarsebuah benda.

  • Mengembangkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah

     

Jangan salah, proses menggambar tak sesederhana mengambil pensil dan mulai mencoret-coret tanpa tujuan.

Saat menggambar, anak dihadapkan pada berbagai proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Mulai dari yang sederhana seperti bagaimana menghubungkan satu titik dengan titik lainnya, hingga proses yang lebih kreatif seperti warna apa yang ingin digunakan.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan menstimulasi kemampuan anak dalam mengambil keputusan juga memecahkan masalah.

Anda bisa mendukungnya dengan memberi pertanyaan pancingan seperti apa alasan anak menggambar sebuah benda dan warna apa yang menurut mereka seharusnya digunakan untuk mewarnai bagian tertentu –seperti langit, atau air.

  • Melatih kemampuan matematika dan bahasa anak

Siapa sangka, ternyata coret-coret dan menggambar bisa membantu melatih kemampuan matematika dan berbahasa anak,bahkan tanpa ia dan Anda sadari.

Anak akan belajar membuat dan mulai memahami konsep sederhana seperti ukuran besar dan kecil, bentuk benda, perbandingan, berhitung, bahkan menalar bangun ruang dengan menggambar sejak usia dini.

Anak juga belajar berbahasa dengan berusaha menjelaskan dan menceritakan makna coretan yang dibuatnya, begitu juga dengan proses pengerjaannya.

Sebagai orang tua yang berperan aktif, Anda dapat mendukungnya dengan membuatnya bercerita lebih jauh dan mendengarkannya dengan seksama, sehingga ia merasa diperhatikan dan bersemangat untuk menggambar lebih banyak lagi.

  • Melatih kreavitas dan mengembangkan imajinasi

Membiarkan anak mencoret-coret dengan bebas berarti juga membebaskan imajinasi mereka. Setiap kali anak menggambar, mereka menggunakan imajinasi dan menuangkannya dalam bentuk yang mereka pahami. Hal ini melatih anak untuk merealisasikan imajinasi dan melatih mereka untuk berkreasi lebih jauh lagi.

Kekhawatiran akan dinding yang menjadi kotor sering kali menjadi alasan orang tua menghalangi aktivitas coret-coret anak.

Agar tetap dapat mendukung hobi tersebut, Anda bisa menggunakan cat dinding yang mengandung zat Anti-Stain, sehingga mudah untuk dibersihkan. Dengan demikian, anak bebas berkreasi, dan Anda sebagai orang tua pun tidak perlu cemas akan rumah yang terlihat kotor atau berantakan.

Saat ini juga telah tersedia cat dinding dengan kandungan zat Silver-Ion yang dapat melindungi anak Anda dari segala jenis bakteri dan virus yang berkembang biak di dinding rumah.

Selain itu, pilihlah cat dengan formula Low Odour dan tanpa VOC (Volatile Organic Compound), sehingga anak bebas bernapas dan terhindar dari zat berbahaya.

Dengan kandungan ketiga zat tersebut, aktivitas corat-coret dinding yang dilakukan si Kecil pun akan membantunya menjadi anak yang kreatif dan aktif. Karena dinding yang sehat, keluarga pasti sehat.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar