Sukses

Ini Dia Manfaat Suntik Vitamin C!

Perawatan kulit memang sangat beragam, termasuk suntik vitamin C yang tengah marak di kalangan wanita dan juga pria. Apa manfaatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki tampilan kulit yang sempurna dan menarik perhatian lawan jenis tentu ingin dimiliki oleh sebagian besar orang. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda mungkin perlu melakukan suntik vitamin C.

Ya, suntik vitamin C menjadi suatu metode perawatan kulit yang dilakoni sejak lama. Semakin ke sini, popularitas metode perawatan tersebut semakin terkenal. Hal ini karena suntik vitamin C dituding dapat memberikan segudang manfaat berharga bagi kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Mengungkap manfaat vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu zat penting yang diperlukan oleh tubuh karena memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan. Di samping itu, vitamin C juga diyakini memiliki beberapa manfaat berikut ini:

● Mengobati beragam penyakit

Suntikan vitamin C pada penderita tuberkulosis, radang paru dan sinusitis diyakini dapat membantu memperbaiki keadaan penderita.

● Membentuk kolagen dalam jaringan

Kolagen adalah sebuah protein yang memberikan kekuatan pada jaringan tubuh. Zat ini juga turut berperan dalam menjaga kekenyalan kulit. Kolagen berada di bagian kulit, otot dan tulang Anda.

● Menghambat pertumbuhan sel kanker

Karena kaya akan antioksidan, vitamin C dapat menangkal efek negatif radikal bebas dan mengurangi perkembangan tumor di otak, ovarium, pankreas, dan lainnya. Terkait manfaat ini, penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan.

● Membantu merawat kulit

Vitamin C dipercaya dapat membantu menghilangkan kemerahan pada kulit. Meski masih belum pasti, para ahli menduga bahwa vitamin ini juga dapat mengurangi keriput pada wajah dan membuat kulit lebih putih.

Kapan perlu suntik vitamin C?

Vitamin C dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti buah dan sayur. Anda juga dapat menemukan vitamin ini pada suplemen atau suntikan khusus yang diberikan oleh dokter.

Terkait suntik vitamin C, tindakan ini dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal karena langsung masuk ke sistem peredaran darah dan tidak harus dicerna terlebih dahulu.

Dosis vitamin C yang dibutuhkan setiap hari adalah 70-150 mg. Sedangkan bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin C, kebutuhannya adalah 300-1000 mg. Namun perlu diketahui, meski diberikan pada dosis yang tinggi, tidak semua vitamin C dapat terserap oleh tubuh. Karena zat ini juga dapat dibuang melalui urine yang Anda keluarkan.

Nah, jika Anda berpikir untuk melakukan suntik vitamin C, batas maksimal yang aman adalah sebanyak 500-1000 mg alias dilakukan seminggu sekali. Jika dilakukan terlalu sering atau Anda terlalu banyak mendapatkan dosis vitamin C, maka kerja organ ginjal dan hati akan menjadi lebih berat. Jika keadaan tersebut terjadi, bukan tak mungkin Anda akan mengalami gagal ginjal atau gagal hati di kemudian hari.

Jadi, jika Anda tertarik untuk suntik vitamin C, lakukanlah di dokter atau klinik kecantikan yang sudah kompeten. Hal ini bertujuan untuk memperkecil efek samping yang mungkin timbul. Lagi pula, manfaat vitamin C yang disebutkan di atas masih belum terbukti hingga saat ini. Oleh karena itu, berpikirlah dua kali sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk suntik vitamin C.

[NB/ RVS]

1 Komentar