Kulit

Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 23 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bila tidak mendapatkan penanganan tepat, cacar air pada orang dewasa dapat menimbulkan komplikasi.

Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa

Cacar air menjadi penyakit yang sangat tidak ingin dialami siapa saja, apalagi orang dewasa. Pasalnya, penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik atau vesikel di sekujur tubuh.

Kemunculan bintik-bintik akibat penyakit cacar air bisa menyebabkan gangguan penampilan. Tidak heran, sebagian penderita memilih untuk mengurung diri di rumah. Baik karena alasan penampilan, ataupun tidak ingin penyakitnya menular ke orang-orang tersayang.

Mengenal Penyakit Cacar Air Lebih Dekat

Cacar air adalah salah satu penyakit yang cukup sering ditemukan. Data Centers for Disease Control (CDC) menyebutkan ada 80 sampai 90 juta kasus cacar air terjadi setiap tahun.

Cacar air atau Varicella adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Kuman tersebut terdapat dalam air ludah dan bintik kemerahan di tubuh penderitanya. Oleh karena itu, penyakit ini dapat sangat cepat menular.

Berbeda dengan penyakit cacar lainnya seperti cacar monyet, cacar ular dan cacar api, Cacar api disebabkan oleh bakteri (bakteri S. Aureus atau S. pyogenes), yang juga dapat menular jika bersentuhan dengan kulit penderita.

Bila penderita cacar air berinteraksi dengan orang sehat yang belum pernah vaksinasi cacar air atau mengalami cacar air, maka orang sehat tersebut dapat dengan mudah terinfeksi cacar air.

Gejala Akibat Penyakit Cacar Air

Penderita cacar air umumnya menunjukkan beberapa gejala, seperti demam yang tidak terlalu tinggi (low grade fever), batuk dan pilek, nyeri sendi dan sakit kepala, serta ruam kemerahan. Ruam kemerahan muncul di hari ketiga, mulai dari wajah lalu menyebar ke seluruh anggota tubuh.

Kemudian, ruam tersebut akan berubah menjadi bintik berisi cairan. Di hari keenam dan seterusnya, ruam kemerahan akan mulai mengering dan membentuk keropeng (krusta).

Artikel Lainnya: Cacar Air, Sebaiknya Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

Pada beberapa kondisi, cacar air dapat disertai dengan komplikasi atau penyulit yang membuatnya menjadi berat. Hal ini terutama terjadi bila penderitanya adalah orang dewasa.

Berbeda dengan anak-anak yang umumnya mengalami gejala ringan, cacar air pada orang dewasa biasanya menunjukkan tanda dan gejala klinis yang lebih berat. Gejala tersebut antara lain infeksi paru (pneumonia), infeksi selaput otak (meningitis), radang jaringan otak, infeksi darah yang berat (sepsis), kejang, hingga penurunan kesadaran.

Tindakan yang Perlu Kamu Lakukan

Sebenarnya, sebagaimana penyakit akibat virus lainnya, cacar air dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan untuk cacar air bertujuan untuk mencegah virus menginfeksi semakin luas dan menurunkan daya tahan tubuh, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah komplikasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara cepat menyembuhkan cacar air:

Air Putih

Saat mengalami infeksi, tubuh akan kehilangan banyak cairan, terutama pada fase demam dan saat ruam kemerahan mulai muncul. Untuk itu, air putih bisa dianggap sebagai obat cacar air dewasa.

Pasien cacar air disarankan untuk minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Namun, bila sudah ada tanda dehidrasi atau kekurangan cairan seperti jumlah buang air kecil berkurang, tangan dan kaki teraba dingin, maka dokter akan mempertimbangan pemberian cairan melalui infus.

Artikel Lainnya: Ini Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Mengganggu

Asetaminofen

Penurun demam diberikan ketika pasien mengalami nyeri dan demam. Golongan obat yang dapat diberikan adalah obat yang mengandung asetaminofen.

Obat demam ini biasa diberikan bila suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celsius. Bila demam berkepanjangan dan kondisi tubuh semakin lemah, kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Losion Kalamin

Ruam kemerahan pada cacar air memang terasa sangat gatal, sehingga penderita sering kali menggaruknya. Padahal, garukan tersebut dapat menyebabkan infeksi bakteri dan memperburuk kondisi cacar air.

Untuk mengurangi gatal, cara mengobati cacar air yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan kompres dingin atau losion berbahan kalamin sesuai dosis yang dianjurkan.

Asiklovir

Asiklovir adalah obat cacar air dewasa yang efektif bila diberikan 24 jam setelah muncul bintik kemerahan. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan kamu telah berkonsultasi pada dokter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekalipun ada anggapan bahwa setiap orang harus mengalami cacar air sekali seumur hidupnya, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi.

Vaksin cacar air dapat diberikan sejak anak usia di atas satu tahun, sebanyak satu kali. Untuk usia di atas 13 tahun dan orang dewasa, vaksin dapat diberikan sebanyak dua kali dengan interval waktu 4-8 minggu.

Jangan anggap sepele vaksin, karena 'cairan ajaib' yang satu ini merupakan modal awal sebagai cara cepat menyembuhkan cacar air ketika kamu benar-benar terinfeksi penyakit ini.

Cacar air memang dapat membaik dengan sendirinya. Namun, dengan cara mengobati cacar air yang telah dijelaskan di atas, orang dewasa yang mengalami penyakit ini akan terhindar dari komplikasi dan pulih dengan cepat.

Kamu bisa menggunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi seputar gejala cacar air, penyebab cacar air, dan cara mengatasi cacar air.

[BA/ RVS]

CacarOrang dewasaCacar Air

Konsultasi Dokter Terkait