Saraf

Kebiasaan Buruk Penyebab Demensia atau Pikun

dr. Muhammad Isman S, 28 Jan 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Demensia atau pikun dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Simak kebiasaan penyebab demensia yang harus dihindari di sini.

Kebiasaan Buruk Penyebab Demensia atau Pikun

Demensia alias pikun merupakan gangguan fungsi kognitif yang melibatkan memori atau daya ingat. Awalnya, demensia menyebabkan gangguan memori jangka pendek, kemudian diikuti dengan gangguan memori jangka menengah dan panjang, berdasarkan tingkat keparahan penyakit.

Sebuah penelitian mengatakan, jika Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita demensia, maka risiko untuk mengalami hal yang sama akan meningkat berlipat ganda. Selain itu, ada beberapa penyebab demensia lainnya yang tanpa sadar sering Anda  lakukan. Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab pikun di masa tua.

1. Melupakan Nutrisi untuk Otak

Tidak hanya tubuh, otak juga membutuhkan asupan nutrisi agar tetap berfungsi dengan baik.

“Otak membutuhkan lemak sehat, protein tanpa lemak, vitamin dan mineral untuk berfungsi dengan baik,” kata dr. Howard Fillit, dari Alzheimer's Drug Discovery Foundation (ADDF).

Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa nutrisi terbaik yang bisa Anda berikan untuk otak adalah diet penuh buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Artikel Lainnya: Benarkah Makanan Pedas Bisa Picu Demensia?

2. Mengabaikan Penyakit Kronis

Hipertensi dan diabetes yang tidak diobati adalah dua faktor risiko demensia terbesar. Menurut dr. Fillit, penderita diabetes memiliki risiko 73 persen lebih tinggi untuk mengalami demensia. 

Selain itu, kondisi hipertensi di usia paruh baya juga meningkatkan risiko demensia, Alzheimer, dan penyakit pembuluh darah.

3. Minum Alkohol secara Berlebihan

Minum alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan hilangnya memori. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi alkohol berkepanjangan dan masalah kognitif.

Selain demensia, konsumsi alkohol berlebih juga menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit hati.

Artikel Lainnya: 10 Penyebab Hilang Ingatan atau Amnesia, Apa Saja?

4. Merokok

Masih menurut dr. Fillit, dalam satu batang rokok terdapat lebih dari 4.700 senyawa kimia berbahaya. Penelitian juga telah menunjukkan orang-orang yang merokok berisiko 79 persen lebih tinggi untuk mengembangkan demensia.

Kabar baiknya, jika Anda menghentikan kebiasaan merokok, maka risiko demensia dan penyakit lainnya akan juga akan menurun.

5. Kesepian atau Sering Menyendiri

Menurut studi dari Brigham and Women's Hospital di Amerika Serikat, ada hubungan antara perasaan kesepian dengan peningkatan protein beta amyloid di otak. Protein beta amyloid ini erat kaitannya dengan Alzheimer yang bisa menyebabkan demensia.

Menurut dr. Fillit, penelitian terdahulu juga sudah menjelaskan bahwa orang yang kesepian berisiko lebih tinggi mengalami dua kali lipat risiko Alzheimer. Nah, untuk menurunkan risiko ini, Anda disarankan untuk bergabung dengan komunitas atau ikut serta ke dalam acara-acara sosial.

Artikel Lainnya: Keseringan Berpikiran Negatif Berisiko Sebabkan Demensia!

6. Malas Melatih Otak

Sama pentingnya dengan olahraga fisik, melatih otak adalah salah satu hal yang penting dilakukan. Menghabiskan banyak waktu untuk bersantai cenderung membuat otak Anda tidak aktif. Pada akhirnya, kebanyakan bersantai akan meningkatkan risiko demensia.

“Lakukan permainan yang memerlukan pemikiran strategis seperti catur atau ikuti kelas secara online,” kata Heather Snyder, senior director of medical and scientific operations di Alzheimer Association.

7. Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Peneliti dari King’s College London dan University of Bath di Inggris memeriksa sampel dari otak 30 peserta. Beberapa partisipan merupakan pengidap demensia dan yang lainnya dalam kondisi sehat. 

Laporan penelitian mengungkapkan, orang dengan demensia memiliki masalah dengan enzim vital yang disebut MIF karena adanya glikasi di otak. 

Artikel Lainnya: 7 Kebiasaan Buruk yang Ternyata Bermanfaat bagi Anda

8. Sering Mengonsumsi Obat Tidur

Anda perlu tahu, kurang tidur berisiko meningkatkan masalah kesehatan kronis di kemudian hari nanti. Namun, mengatasi permasalahan ini dengan mengonsumsi obat tidur secara terus-menerus (antihistamin) juga bisa memberikan dampak yang sama.

Karena saat Anda minum obat tidur, biasanya Anda akan tidur lebih dari 8 jam dan tidur yang berlebihan juga meningkatkan risiko demensia hingga 35 persen!

9. Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan seperti daging merah, mentega, dan santan, mengandung lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan. Terlalu banyak makan makanan mengandung lemak jahat dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis yang bisa memicu demensia. 

Maka itu, cobalah ganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun. Anda juga perlu membatasi makan daging merah. Sebagai gantinya, konsumsi protein dari daging ayam tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. 

Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan demensia memang lebih berisiko terkena penyakit otak ini. Namun, jika Anda sudah mengetahui pemicunya, paling tidak Anda dapat melakukan tindakan untuk memperkecil risikonya. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Kebiasaan BurukDemensia

Konsultasi Dokter Terkait