HomeInfo SehatSarafSamakah Gejala Stroke Berat dengan Stroke Ringan?
Saraf

Samakah Gejala Stroke Berat dengan Stroke Ringan?

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 17 Jul 2017

Pada keadaan stroke ringan, seorang akan mengalami gejala yang tidak menyerupai keluhan stroke pada umumnya. Seperti apa gejalanya?

Samakah Gejala Stroke Berat dengan Stroke Ringan?

Tidak semua stroke memberikan gejala yang berat, seperti pelemahan kerja pada satu sisi tubuh atau penurunan kesadaran. Pada keadaan stroke ringan, seorang akan mengalami gejala yang tidak menyerupai keluhan klasik dari stroke.

Berikut ini beberapa gejala stroke ringan:

  1. Kesulitan berbicaraStroke ringan dapat menyerang bagian otak tertentu. Salah satunya adalah bagian otak yang berkaitan dengan saraf lidah untuk bicara.Karena kelumpuhan saraf lidah, maka lidah dapat tertarik ke salah satu sisi dan menyebabkan kesulitan dalam mengucapkan kata-kata. Seorang dengan gangguan ini akan menunjukkan gejala gangguan berbicara atau bicara pelo.
  2. Pandangan kaburApabila kerusakan saraf terjadi pada bagian otak yang bertugas untuk penglihatan, maka penderita akan merasa pandangan menjadi kabur. Keluhan atau gejala ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat bersifat permanen atau sementara.
  3. Sakit kepalaSakit kepala dapat menjadi tanda awal dari penyakit stroke. Pecahnya pembuluh darah akan menyebabkan peningkatan volume otak dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak.
  4. KesemutanPenyumbatan pembuluh darah pada stroke dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak manapun dan menyebabkan gejala yang bervariasi. Salah satu gejala yang dapat dikeluhkan adalah kesemutan.Karena itu, jangan anggap sepele keluhan kesemutan atau mati rasa, khususnya pada pasien diabetes dan tekanan darah tinggi.

Jika seseorang terkena stroke, maka tingkat kerusakan yang dialami oleh otak bergantung pada kecepatan penanganan terhadap stroke. Semakin cepat stroke dikenali dan ditangani, maka kerusakan otak yang terjadi dapat dibatasi.

Sayangnya, tidak semua kasus stroke menunjukkan gejala yang jelas. Semoga tulisan di atas dapat membantu Anda mengenali gejala stroke ringan.

[BA/ RH]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Kenali Lebih Dalam Berbagai Penyebab Migrain

Kenali Lebih Dalam Berbagai Penyebab Migrain

Saraf15 Agu 2022

Migrain alias sakit kepala sebelah dapat disebabkan oleh beragam faktor. Ketahui 15 penyebab migrain di sini.

Mengetahui Penyebab Kelainan Langka Empty Sella Syndrome

Mengetahui Penyebab Kelainan Langka Empty Sella Syndrome

Saraf22 Jul 2022

Ruben Onsu menderita kelainan langka bernama empty sella syndrome (ESS). Ketahui 7 penyebab penyakit empty sella syndrome di sini.

Bisakah Penderita Epilepsi Sembuh?

Bisakah Penderita Epilepsi Sembuh?

Saraf21 Jul 2022

Penyakit epilepsi dapat dikontrol lewat pengobatan rutin dan konsisten agar tidak sering kambuh. Tapi, bisakah penderita epilepsi sembuh total?

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert