Pencernaan

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Siti Putri Nurmayani, 11 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Nabila Viera Yovita

Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan. Ketahui penyebab dan cara mengatasinya di sini.

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Sakit perut menjadi salah satu keluhan yang paling umum dialami banyak orang. Terkadang, rasa nyeri yang dialami pun bisa bervariasi tiap orangnya, mulai dari rasa penuh dan begah, mual, kram, hingga nyeri yang menyakitkan.

Lokasi dari nyeri perut juga sering kali berbeda-beda. Lalu, apa artinya jika kita mengalami sakit perut sebelah kanan? Mari temukan penyebab nyeri perut sebelah kanan di sini.

1. Gastritis dan Tukak Lambung

Disampaikan dr. Nabila Viera Yovita, radang pada lambung atau gastritis dan tukak lambung dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Kondisi ini bisa memicu munculnya rasa mual, nyeri, serta perut kembung akibat banyaknya gas yang diproduksi secara berlebihan di dalam lambung.

2. Penyakit Hati dan Kandung Empedu

Perut perih sebelah kanan bisa menjadi tanda adanya penyakit hati dan empedu. Pasalnya, organ hati dan empedu berada di perut kanan atas, sehingga penyakit seperti hepatitis, peradangan saluran empedu, serta batu empedu, bisa menimbulkan rasa nyeri perut sebelah kanan atas.

“Tak hanya merasa perut perih sebelah kanan, biasanya hepatitis dan radang saluran empedu juga bisa menyebabkan demam, warna kulit berubah jadi kuning, mual muntah, serta rasa nyeri yang menjalar hingga ke punggung,” tutur dr. Nabila.

Sedangkan pada batu empedu, nyeri perut yang dialami dapat hilang timbul dan sering dipengaruhi karena konsumsi makanan berlemak.

3. Masalah Ginjal

Dikutip dari Cleveland Clinic, kondisi perut sebelah kanan bawah sakit bisa disebabkan oleh adanya masalah pada organ ginjal, seperti batu ginjal. Batu ginjal merupakan kristal yang terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak zat limbah yang mengendap.

Pengendapan ini bisa terjadi karena tidak tercukupinya kebutuhan air putih, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau memiliki kondisi medis yang dapat memengaruhi kadar senyawa tertentu dalam urine.

4. Radang Usus Buntu

Apabila mengalami sakit perut sebelah kanan bawah, ada kemungkinan Kamu mengalami radang usus buntu atau apendisitis. Umumnya, nyeri akan muncul di bagian tengah perut yang lama-kelamaan beralih ke perut kanan bawah.

Selain itu, gejalanya juga disertai dengan rasa mual, muntah, hingga demam. Menurut Dokter Nabila, ini merupakan kondisi yang perlu segera mendapatkan penanganan sebelum terjadi komplikasi.

5. Kista Ovarium

Sakit perut sebelah kanan wanita bisa disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan organ reproduksi, contohnya kista ovarium.

Apabila kista terletak di ovarium bagian kanan, ini akan menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut bagian kanan. Umumnya, nyeri perut akibat kista biasanya akan menjalar dari perut hingga ke selangkangan.

6. Kehamilan Ektopik

Nyeri perut di sisi kanan wanita juga bisa disebabkan oleh nyeri panggul akibat kehamilan ektopik. Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi justru tumbuh di luar rahim.

Saat kehamilan ektopik berkembang, ini dapat menyebabkan pecahnya tuba falopi dan terjadinya perdarahan internal yang berisiko. Bahkan, ini bisa mengancam jiwa.

7. Nyeri Haid

Sakit perut sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh nyeri kram yang dialami pada hari-hari tertentu selama siklus menstruasi. Rasa nyeri ini bisa muncul karena terjadinya pelepasan prostaglandin, zat mirip hormon yang menyebabkan otot-otot di dalam rahim berkontraksi.

8. Prostatitis

Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat, kelenjar kecil yang terletak di antara kandung kemih dan penis. Penyakit ini bisa menimbulkan gejala nyeri di perut bagian kanan bawah, demam, serta nyeri saat buang air kecil.

Ketika mengalami sakit perut sebelah kanan, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Berikut sejumlah cara mengatasi sakit perut sebelah kanan yang disarankan oleh dr. Nabila:

  • Meningkatkan konsumsi air putih
  • Berolahraga untuk mengurangi gas berlebih dalam lambung dan rasa kembung
  • Konsumsi obat anti-nyeri yang dijual bebas
  • Menggunakan obat antasida untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan

Bila gejala sakit perut tidak kunjung membaik, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Terlebih lagi, jika sakit perut yang dirasakan disertai dengan gejala lain, seperti mual dan muntah terus-menerus, sulit makan, muntah yang bercampur darah, tinja yang bercampur darah, serta warna kulit yang berubah jadi kuning.

Untuk mendapatkan informasi kesehatan lain, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Selain itu, Kamu juga bisa konsultasi mengenai masalah kesehatan lewat fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

(NM)

Sakit Perut

Konsultasi Dokter Terkait