HomeInfo SehatPencernaanCara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat
Pencernaan

Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat

dr. Dyah Novita Anggraini, 29 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gas dalam perut adalah hal yang normal terjadi. Tapi, bila jumlahnya banyak dan tak dapat dikeluarkan, bisa bikin tidak nyaman. Ini cara mengatasinya.

Cara Mengeluarkan Angin dalam Perut dengan Cepat

Gas secara normal terbentuk di dalam saluran pencernaan. Hal ini disebabkan bakteri dalam usus besar memecahkan makanan yang tidak tercerna secara sempurna. 

Gas atau angin di dalam perut juga bisa bersumber dari makanan dan minuman yang mengandung gas. Gas bisa terbentuk pula dari udara yang tak sengaja tertelan saat makan, minum, atau berbicara. 

Ketika gas di saluran cerna dalam jumlah sedikit, kamu mungkin tidak mengalami keluhan apa pun. Beda halnya ketika ada banyak gas di dalam perut. Saat perut kelebihan gas atau angin, kamu bisa mengalami sejumlah gejala, seperti serdawa atau sendawa, kentut, perut kembung, nyeri, maupun perasaan tidak nyaman pada perut. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada sejumlah cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Batasi Makanan dan Minuman Penyebab Kembung

Batasilah asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Contoh makanan ini adalah makanan tinggi serat, makanan berlemak, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. 

Makanan-makanan tersebut tidak dapat diserap sempurna oleh lambung dan usus halus. Alhasil, ketika sampai di usus besar, makanan dipecahkan oleh sejumlah bakteri yang menghasilkan pelepasan gas. Contoh makanan yang dimaksud, yaitu kubis, kol, brokoli, asparagus, jamur, bawang, kismis, apel, pir, keju, dan yoghurt.

Artikel lainnya: 5 Cara Atasi Perut Kembung Jelang Haid

Menurut penelitian yang dimuat Gastroenterology & Hepatology, membatasi asupan dengan kandungan oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang difermentasi juga efektif mengurangi gas di dalam perut.

Meski begitu, kamu tidak perlu sama sekali menghindari makanan tersebut. Karena asupan makanan tersebut tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi kamu, maka cukup batasi saja jumlahnya, ya! 

Kamu juga perlu membatasi konsumsi minuman yang dapat menyebabkan perut banyak gas, misalnya minuman berkarbonasi, soda, bir, serta minuman tinggi fruktosa atau glusitol (gula alkohol), seperti jus buah.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih 

Cara menghilangkan gas dalam perut bisa dilakukan dengan perbanyak minum air putih. Selain bermanfaat memenuhi kebutuhan cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi, minum banyak air putih juga bisa mengurangi perut kembung.

Pastikan untuk minum air putih secara perlahan dan tidak terburu-buru, ya! 

3. Makan dan Minum Secara Perlahan

Makan dan minum terlalu cepat bisa menyebabkan banyak udara masuk ke dalam saluran pencernaan. 

Karenanya, biasakan untuk makan dan minum secara perlahan agar perut tidak mudah kembung.

4. Membatasi Porsi Sekali Makan 

Porsi makan terlalu besar bisa membuat perut kenyang berlebih, begah, dan kembung. Oleh karena itu, coba batasi porsi sekali makan. Makanlah dalam jumlah sedikit, tapi sering. 

Manfaat makan dalam porsi kecil juga tidak memberatkan kerja organ-organ di pencernaan.

5. Aplikasikan Kompres Hangat pada Perut 

Gunakan kompres hangat saat perut terasa kembung. Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah di saluran pencernaan.

Selain itu, otot-otot perut menjadi lebih relaks sehingga membantu mengurangi keluhan nyeri perut dan kembung. Kompres hangat perut menggunakan kain selama 10-15 menit.

6. Lakukan Aktivitas Fisik

Duduk diam tidak akan mengurangi keluhan akibat terlalu banyak gas di perut. Karenanya, perbanyak gerak saat perut terasa kembung, misalnya dengan melakukan olahraga ringan.

Olahraga ringan dapat mengendurkan otot-otot di pencernaan dan memperlancar pembuangan gas dari tubuh. 

Artikel lainnya: Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini

7. Pijat Perut

Saat perut terasa begah, coba pijat perut kamu. Selain bermanfaat melancarkan sistem pencernaan, pijatan adalah cara mengeluarkan gas di dalam perut.

Kamu dapat melakukan gerakan memutar disertai tekanan ringan searah jarum, lalu lakukan sebaliknya.

8. Konsumsi Minuman Herbal

Minuman herbal, seperti chamomile, kunyit, jahe merah, lemon, chamomile dapat membantu mengurangi keluhan perut begah dan kembung. Konsumsilah minuman ini saat hangat agar meningkatkan kenyamanan perut dan membantu mengeluarkan gas di dalamnya.

9. Tidak Merokok

Ketika merokok, udara dapat tertelan lebih banyak. Hal ini bisa membuat gas berlebih dalam perut dan menimbulkan kembung.

Bila tidak mau sering didera kembung, jangan merokok, ya!

10. Tidak Mengunyah Permen Karet

Udara berlebih dapat tertelan karena aktivitas mengunyah permen karet. Hal ini bisa terjadi pula ketika kamu mengisap benda tertentu, seperti ujung pena atau permen yang keras, maupun menggunakan gigi palsu yang longgar.

#JagaSehatmu agar tidak kembung dengan menerapkan 11 cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat di atas, ya! Apabila keluhan tidak berkurang, segera konsultasikan dengan dokter spesialis gastroenterologi agar memperoleh penanganan yang lebih optimal. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan secara umum, konsultasikan dengan mudah dan cepat pakai fitur tanya dokter online di KlikDokter. Unduh aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi lengkap seputar kesehatan!

(ADT/JKT)

Kembung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter