Sukses

6 Makanan Istimewa untuk Kesehatan Jantung

Ingin jantung Anda sehat sampai tua? Konsumsilah beberapa makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70 persen penyakit jantung dapat dicegah dengan pilihan makanan yang tepat. “Apa yang baik untuk jantung Anda, juga bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata Dr. Arthur Agatston, MD, seorang ahli jantung  dan pendiri South Beach Diet.

Berikut ini makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

1. Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden dan makerel adalah makanan yang baik untuk menjaga jantung tetap sehat.

Salmon mengandung sejumlah asam lemak omega-3, yang dalam sebuah penelitian berfungsi untuk menurunkan risiko aritmia, aterosklerosis, dan penurunan trigliserida.

American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

2. Apel

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi satu hingga dua apel per hari kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah.

Hal ini dikarenakan selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu quercetin dan pektin.

3. Bluberry dan stroberi

Menurut sebuah penelitian tahun 2013, wanita berusia 25–42 tahun yang makan lebih dari tiga porsi blueberry dan stroberi dalam seminggu, memiliki risiko serangan jantung 32 persen lebih rendah dibanding mereka yang makan lebih sedikit.

Penelitian ini menghubungkan senyawa yang terdapat di kedua buah ini, yakni anthocyanin dan flavonoid, yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

4. Dark chocolate

Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan, konsumsi dark chocolate setiap hari dapat mengurangi serangan jantung dan stroke. Temuan ini hanya berlaku untuk dark chocolate, yang kandungannya terdiri dari  60–70 persen kakao.

Dark chocolate mengandung flavonoid yang disebut polifenol. Zat ini membantu mengatasi tekanan darah dan mencegah pembekuan darah. Sayangnya, cokelat susu dan kebanyakan permen cokelat tidak memiliki kandungan yang melindungi jantung Anda.

5. Kentang

Selama tidak digoreng, kentang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kentang memiliki kandungan yang kaya akan potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga dipercaya mampu menyusutkan risiko penyakit jantung.

6. Teh hijau

Sebuah studi tahun 2013 menemukan, orang-orang yang minum empat cangkir teh hijau setiap hari memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke sebanyak 20 persen, dibanding orang-orang yang tidak rutin meminum teh hijau.

Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh hijau. Meminum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

7. Alpukat

Buah ini memiliki reputasi baik karena kandungan lemak sehatnya mampu menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Seperti minyak zaitun, alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan dan potasium yang tinggi. 

Penyakit jantung masih menjadi ancaman di Indonesia. Menjalani pola hidup sehat (mengonsumsi makanan bergizi, olahraga rutin, dsb) dapat membuat Anda terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar