Sukses

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu Saat Konsumsi Obat?

Apakah boleh minum susu bersamaan dengan mengonsumsi obat? Cek faktanya berikut ini.

Saat tubuh sedang sakit, mengonsumsi obat adalah salah satu cara untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Namun, banyak info yang beredar di masyarakat bahwa mengonsumsi obat tidak boleh berbarengan dengan makanan atau minuman tertentu, salah satunya susu.

Apa yang terjadi jika mengonsumsi obat bersamaan dengan minum susu? Kalsium pada susu akan mengikat manfaat obat sehingga mencegah khasiat obat yang seharusnya diserap oleh tubuh.

Selain itu, obat juga dapat mengubah kinerja tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Saat anda meminum obat, tubuh membutuhkan waktu untuk melarutkan kemudian menyebarkan melalui aliran darah agar efeknya bisa menyembuhkan bagian yang sakit.

Artikel Lainnya: Pengaruh Susu Bisa Bikin Gigi Anak Rusak, Ini Faktanya!

Jika obat yang Anda minum bertemu kalsium dari susu maka proses penyerapan obat akan terganggu, sehingga kehilangan efektivitasnya. Jika Anda minum obat dengan susu, maka efek obat tersebut akan hilang karena sudah dinetralkan oleh susu.

1 dari 2 halaman

Waktu Terbaik Minum Obat Setelah Minum Susu

Kapan waktu yang tepat minum susu setelah minum obat? Untuk menghilangkan efek negatif susu yang menghambat penyerapan obat, berikan waktu minimal 2 jam sebelum Anda minum obat.

Jarak minum obat dan susu akan membuat lambung mencerna makanan yang lebih dulu masuk, agar Anda tidak mendapatkan efek samping akibat interaksi obat dan susu.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan seperti apa reaksi obat yang terkena susu di saluran pencernaan. Tentu reaksinya akan bermacam-macam, mengingat setiap obat terbuat dari bahan yang berbeda-beda.

Artikel Lainnya: Air Pelarut Susu atau Bubur untuk Si Kecil Harus Bebas Mineral?

Hal yang dikhawatirkan adalah reaksi minum obat setelah minum susu bisa menyebabkan menurunnya kemampuan obat dalam mengatasi penyakit atau bahkan menyebabkan masalah kesehatan lain.

Lantas, bagaimana dengan kopi, teh atau jus? Sama seperti susu, kopi, teh dan jus memiliki berbagai senyawa, seperti kafein dalam kopi yang bisa memengaruhi penyerapan obat.

Oleh karena itu, diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter mengenai efek obat apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu.

Pada dasarnya, minum obat dengan air mineral adalah cara terbaik. Karena, air tidak memiliki senyawa yang bisa mengganggu penyerapan obat.

Mulai sekarang, hindari minum obat setelah minum susu atau minum susu setelah minum obat. Jika memang harus, atur jarak minum obat dan susu agar tidak terjadi reaksi yang merugikan tubuh.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar