Sukses

Solusi Jitu Redakan Emosi dengan Self Talk

Sering emosi? Sebaiknya Anda mencoba metode self talk.

Klikdokter.com, Jakarta Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan emosi adalah dengan melakukan self talk. Metode self talk atau berdialog pada diri sendiri, pasti pernah dilakukan semua orang.

Self talk bekerja secara bertahap sehingga memengaruhi pikiran bawah sadar. Pertama, memengaruhi tindakan kita, lalu tindakan Anda tersebut akan berubah menjadi kebiasaan.

Dengan melakukan self talk, Anda akan merasa nyaman dengan diri sendiri dan hal-hal yang sedang terjadi dalam hidup Anda. Tentunya metode ini harus memberikan ‘suara’ optimis di kepala Anda, yang pada akhirnya berbuah menjadi tindakan yang positif.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk membentuk self talk positif dalam diri Anda:

  1. Dengarkan apa yang Anda katakan pada diri sendiri

    Anda harus selalu sadar mencatat apa yang dikatakan pikiran Anda. Untuk meningkatkan self talk, Anda harus peka memperhatikan suara batin. Luangkan waktu setiap hari untuk mendengarkan atau menuliskan apa yang Anda pikirkan.

  2. Lawan pikiran negatif dengan pikiran positif

    Carilah hal-hal yang membuat pikiran Anda lebih positif meskipun dalam posisi yang sulit. Berlatih self talk sangat diperlukan untuk menentukan apakah Anda akan melakukan tindakan baik atau tidak. Self talk juga menentukan apakah Anda akan menjaga kesehatan atau tidak.

    Tak hanya itu, dengan cara ini, Anda pun bisa menetapkan tinggi rasa percaya diri Anda. Self talk adalah akar permasalahan psikologis yang paling utama karena dari situlah kebiasaan, karakter, dan keyakinan seseorang terbentuk.

Meski terkesan sederhana dan mudah, self talk merupakan cara yang efektif untuk membangun pikiran positif dan meredakan emosi Anda. Jadi, sebelum emosi Anda memuncak, berdialoglah dengan diri sendiri untuk menemukan solusi yang jitu atas permasalahan yang Anda hadapi.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar