Sukses

5 Hal yang Mengganggu Kesehatan Mental Anda

Jangan Anda abaikan kelima hal ini agar kesehatan mental Anda tetap terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu tahu bahwa orang yang mengalami gangguan mental akan mengalami gangguan emosi, suasana hati, dan kemampuan berpikir.

Semua hal negatif pasti akan berujung pada perilaku dan kehidupan yang buruk. Agar kesehatan mental dapat terjaga dengan baik, Anda perlu menghindari beberapa hal ini:

  1. Perfeksionis

    Berpegang teguh pada standar yang sangat tinggi, mendorong seseorang untuk terus-menerus menggapai kesempurnaan. Seorang perfeksionis akan sangat menyesal jika target yang ditetapkan tidak terjangkau.

    Salah satu dari ciri perfeksionis adalah memiliki ketakutan yang sangat mendalam lebih dari apa yang mereka bayangkan. Sifat ini membuat seseorang tidak benar-benar bahagia menjalani hidup, karena mereka selalu menuntut kesempurnaan dalam hidup. Padahal, kesempurnaan tidak mungkin diraih oleh manusia.

  2. Perasaan takut gagal

    Anda harus yakin bahwa kegagalan bukan sesuatu yang harus ditakuti. Anda perlu tahu, kebanyakan orang sukses harus mengalami kegagalan terlebih dahulu sebelum mencapai keberhasilan.

    Ketakutan berasal dari perasaan negatif yang kerap menghantui benak seseorang. Satu-satunya cara untuk menghindari ketakutan adalah sikap menerima kegagalan. Anda hanya perlu fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan sekarang.

  3. Harapan

    Harapan menjadi sangat berbahaya jika ditempatkan terlalu tinggi. Harapan yang terlalu tinggi akan menghasilkan tekanan yang besar pada pikiran Anda. Alhasil, hal tersebut hanya akan mendatangkan keraguan, kekhawatiran, dan kegelisahan.

    Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melepaskan harapan yang terlalu tinggi dan segera merangkul semua hal yang mungkin Anda gapai.

  4. Kurang percaya diri

    Banyak orang kerap membandingkan diri mereka dengan kehebatan orang lain. Hal ini tentu akan merusak performa seseorang dalam beraktivitas.

    Mengkhawatirkan kemampuan diri sendiri hanya akan membuat seseorang tidak produktif. Anda harus menanamkan rasa percaya diri sejak dalam pikiran.

  5. Terlalu banyak mendengar pendapat orang

    Menjadi pendengar yang selektif adalah salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan mental. Jangan cepat mengambil kesimpulan dari opini seseorang.

    Pilah informasi yang bernilai positif bagi kehidupan Anda. Dengarkanlah orang-orang yang memiliki reputasi yang baik. Jadilah pengamat dari mereka yang menang dan yang kalah dalam kompetisi.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan mental. Di tengah kompleksitas dan persaingan hidup yang begitu tinggi, sempatkan waktu untuk banyak mengeksplorasi semua hal baik. Dengan begitu, kesehatan jiwa dan raga Anda tetap terjaga.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar