Sukses

Pertolongan Pertama pada Korban Overdosis Narkoba

Apa saja yang harus dilakukan pada korban overdosis narkoba?

Klikdokter.com, Jakarta Overdosis adalah menggunakan obat-obatan atau jenis narkoba tertentu melebihi dosis yang dapat diterima tubuh. Overdosis biasanya menyebabkan keracunan, bahkan kematian.

Lantas, langkah apa sajakah yang perlu diambil untuk memberikan pertolongan pertama pada korban overdosis narkoba? Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Menelepon bantuan medis

    Saat mendapati seseorang yang mengalami gejala overdosis narkoba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera menelepon bantuan medis. Anda bisa menghubungi rumah sakit terdekat. Ingat, saat mengatasi korban overdosis, Anda harus tetap tenang dan tidak panik apalagi gegabah.

    Jika bantuan medis memakan waktu lama atau lokasi penjemputan sulit dijangkau, sebaiknya bawa korban menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan korban overdosis mendapatkan penangan medis secepat mungkin. Sebab, efek buruk dari overdosis obat biasanya tidak membutuhkan waktu lama.

  2. Perhatikan napasnya

    Jika korban overdosis masih bernapas meski telah kehilangan kesadaran, jaga agar korban ada di posisi yang benar. Pastikan jalan napas terbuka dengan memiringkan kepala korban ke arah belakang dan mengangkat dagu.

    Posisi ini akan membantu jalan pernapasan dan menghindari korban tersedak muntahan atau cairan lain yang mungkin keluar dari mulutnya.

    Jangan pernah memaksa korban overdosis obat untuk memuntahkan apa yang telah ditelan. Hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Selain itu, orang yang overdosis tidak boleh diberikan minuman maupun makanan apapun.

    Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada pakaian atau aksesoris apapun yang digunakan korban secara ketat. Sebab hal tersebut dapat menghambat jalan pernapasan korban overdosis.

  3. Lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) jika diperlukan

    Resusitasi Jantung Paru alias RJP dilakukan dengan tangan dan menitikkan tekanan pada bagian dada. Penolong harus lebih fokus pada kompresi dada ketimbang pernapasan buatan melalui mulut.

    Anda bisa memulai RJP jika posisi korban sudah benar dan sesuai. Jika ragu, Anda bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman atau meminta panduan melakukan RJP dari tenaga medis melalui saluran telepon.

  4. Temukan penyebab overdosis

    Setelah bantuan datang, tetap dampingi korban overdosis narkoba dan keluarga menuju rumah sakit. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan dan menemukan jenis obat apa yang menyebabkan korban overdosis.

    Mengetahui jenis obat apa yang menyebabkan overdosis dapat membantu dokter memilih tindakan medis yang harus segera diambil.

    Dalam penanganan korban overdosis, Anda tidak boleh terkecoh dengan reaksi yang lambat. Meskipun korban terlihat baik-baik saja setelah mengonsumsi narkoba secara berlebihan, ada kemungkinan dalam waktu singkat dia akan menunjukkan gejala overdosis.

    Penggunaan obat yang berbeda dapat memberi efek berbeda pula bagi masing-masing korban overdosis.

Jadi, itulah beberapa langkah yang perlu diambil untuk memberikan pertolongan pertama pada korban overdosis narkoba. Ingat, saat mendapati seseorang yang mengalami gejala overdosis narkoba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera menelepon bantuan medis.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar