Sukses

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Stres dalam kesehatan dikenal sebagai pencetus sederet penyakit-penyakit degeneratif. Tidak sedikit bagaimana beragam penelitian mengemukakan terdapat hubungan erat antara stres dengan kolesterol, hipertensi, pola tidur, pola makan yang mengakibatkan diabetes dan lainnya. Oleh karena itu...

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

KLIKDOKTER.com - Stres dalam kesehatan dikenal sebagai pencetus sederet penyakit-penyakit degeneratif. Tidak sedikit bagaimana beragam penelitian mengemukakan terdapat hubungan erat antara stres dengan kolesterol, hipertensi, pola tidur, pola makan yang mengakibatkan diabetes dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk menjaga diri guna senantiasa terjauh dari stres. Simaklah beberapa 7 tips bebas stres berikut ini:

1. Meditasi

Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Ada 3 cara cepat untuk memulai meditasi yaitu:

  • Pergilah ke tempat yang tenang dan sepi,
  • Tutup mata
  • Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan pikiran Anda dari tubuh.

Dalam meditasi Anda, Anda dapat secara bebas memikirikan atau membayangkan segala pikiran yang nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan disini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan. Selama proses relaksasi, Anda dapat menarik harapan baru dan melepaskan segala kecemasan dan rasa takut Anda.

2. Berolahraga

Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun olahraga juga merupakan penghilang stress dimana saat kita bergerak tubuh  akan mengeluarkan hormon penenang yang dinamakan endorphin. Selain itu kosentrasi selama olahraga juga dapat mengalihkan pemikiran kita dari stres sehari-hari.

3. Musik

Berliburlah ke tempat yang tenang dan nyalakan musik. Coba mainkan musik yang tenang, lembut dan menenangkan.

4. Memori

Mengingat-ingat memori yang indah dapat menjadi tiket cepat untuk seakan-akan pindah ke tempat yang indah. Saat sedang stres coba ingat-ingat memori dengan keluarga dan teman yang indah yang terbukti dapat menghilangkan stres.

5. Kontak Fisik

Sentuhan dapat menjadi penenang yang ampuh. Saat sedang stres coba datangi pasangan atau keluarga ataupun binatang peliharaan Anda dan mintalah pelukan. Rasakan energi hangat mereka karena dengan demikian dapat menghilangkan segala kecemasan.

6. Menulis & Melukis

Keluarkan kertas dan pulpen serta hembuskan nafas yang dalam. Tuliskan segala kecemasan Anda di kertas. Coba tulis mengenai dilema Anda, dan segala bentuk frustasi Anda ke dalam kertas. Jika Anda gemar melukis dan menggambar, tuangkanlah perasaan Anda ke karya Anda.

7. Hobi

Kuncinya adalah untuk menyibukkan pikiran Anda dengan hobi atau kegiatan yang dapat menyenangkan Anda. Coba latih sebuah kegiatan yang Anda senangi sehingga saat Anda stres kegiatan tersebut dapat dilakukan.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar