Sukses

Meningkatkan Kepuasan Hidup? Ini Tipsnya

Meningkatkan kepuasaan hidup itu susah-susah gampang. Kepuasan hidup itu ukurannya subjektif, ini berbeda dengan kebahagiaan. Kepuasaan hidup mencerminkan pengalaman...

KlikDokter.com – Meningkatkan kepuasaan hidup itu susah-susah gampang. Kepuasan hidup itu ukurannya subjektif, ini berbeda dengan kebahagiaan. Kepuasaan hidup mencerminkan pengalaman hidup atau bagaimana seseorang merasakan tentang kehidupan secara keseluruhan, lebih ke jangka panjang daripada sekarang. Sementara itu mendapatkan kepuasaan hidup tidak mudah dan tidak sulit sebenarnya.

Biasa yang kita temui, jika seseorang ditanya atau dinilai kepuasan hidupnya, hampir menjawabnya dengan jawaban yang negatif. Maka kita harus merubahnya dengan, bagaimana saya dapat meningkatkan kepuasan hidup?. Penelitian juga menganjurkan untuk seseorang memiliki kepuasan hidup yang positif karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara jangka panjang. Ada beberapa tips meningkatkan kepuasaan hidup, diantaranya:

  1. Perubahan Pekerjaan

    Kebanyakan pria bekerja dan sebagian besar orang-orang bergantung pada pekerjaan mereka sebagai sumber utama pendapatan. Tapi berkarir juga ada dalam cara lain. Banyak dari kita dan di jaman ini, pekerjaan adalah segalanya, karena dengan bekerja mengidentifikasikan sebagai sumber utama dan status sosial sebagai manusia. Jadi semakin anda puas dalam pekerjaan, maka kepuasan hidup sudah ada. Namun, jika anda membenci dan tidak nyaman dengan pekerjaan anda, mungkin sudah waktunya untuk memikirkan perubahan. Cara terbaik untuk mengatasinya, jangan hanya menunggu dan berhenti. Mulailah dengan mencatat tujuan anda kedepan, jika sudah masuk dalam daftar, pertimbangkan bener-benar untuk mengubah karir sepenuhnya dan yakinkan diri anda. Cobalah untuk mengembangkan keterampilan alternatif anda diwaktu luang, sehingga anda siap untk transisi.
  1. Jadilah Positif

    Ingin merasa puas dalam hidup? Berpikirlah posotif dan hasilnya akan mengikuti. Walaupun tampak agak naif untuk berpikir bahwa berpikir positif saja akan menuai imbalan positif. Namun, ada penelitian menemukan bahwa disaat emosi positif setiap hari memprediksi kepuasan hidup meningkat. Cara lain, hargai apa yang anda miliki dan berhenting membandingkan dengan orang lain. Fokus pada yang anda sukai tentang diri dan apa yang terbaik buat anda dan bangunlah.
  1. Cari Hobi

    Meskipun tidak selalu realistis untuk menemukan pekerjaan yang kita sukai jaman sekarang. Namun kita bisa alihkan pada hobi yang disenangi. Hobi adalah sesuatu yang kmu senangi. Dengan melakukan sesuatu yang disenangi secara ruti dan dijadikan hobi, hal ini akan membuat kepuasan hidup tersendiri.
  1. Menikah dan Punya Anak

    Penelitian menemukan, pernikahan memiliki kepuasan hidup yang tinggi dibanding belum menikah. Karena kepuasan hidup datang bersama-sama menjalin ikatan seumur hidup bersama pasangan yang dicintai. Punya anakpun akan membuat bertambahnya kepuasan hidup seseorang.
  1. Kelilingi Diri dengan Teman-teman

    Para ilmuwan sosial telah menggambarkan pentingnya jaringan dukungan sosial atau pertemanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan khususnya kualitas hidup. Sumber dukungan sosial dapat bervariasi kita dapatkan, dengan teman, keluarga, pacar, rekan kerja, masyarakat, dan lainnya yang memiliki dampak terbesar pada peningkatan kepuasan hidup. Bangunlah jatingan sosial dan pertemanan dengan perempuan atau laki-laki dengan baik dan tulus.
  1. Hidup Sehat

    Gaya hidup sehat meliputi olahraga, menghindari asap rokok dan makan-makanan yang bergizi akan meningkatkan kesejahteraan fisik dan pikiran. Menurut penelitian di Harvard, mengatakan, bahwa kepuasan hidup yang didapat seseorang dari berbagai hal merupakan aset kesehatan yang sangat positif.[](SN

    0 Komentar

    Belum ada komentar