Sukses

Sampai Kapan Menopause Berlangsung?

Banyak yang bilang, menopause adalah titik akhir bagi seorang wanita. Apakah benar? Lalu berapa lama menopause akan berlangsung? Simak ulasannya di sini.

Menopause merupakan momok bagi setiap wanita. Kondisi ini kerap diidentikan sebagai titik akhir bagi seorang wanita. Sebenarnya, sampai kapan menopause berlangsung?

Secara singkat, menopause adalah sebuah fase dalam kehidupan wanita saat siklus haid berhenti. Kondisi ini adalah bagian normal dari proses penuaan yang menandakan berakhirnya masa reproduksi seorang wanita. Selain terjadi secara alami,  menopause juga dapat terjadi karena adanya tindakan medis. Misalnya, pengangkatan rahim atau organ reproduksi wanita lainnya yang memengaruhi kesuburan.

Tahap-tahap Menopause

Pada wanita yang mengalami menopause secara alami, prosesnya akan terjadi bertahap. Tahapan menopause secara umum dibagi menjadi 3 yaitu perimenopause, menopause, dan postmenopause.

  • Perimenopause atau fase transisi

Fase ini bisa dimulai 8 hingga 10 tahun sebelum menopause. Fase ini dimulai saat menurunnya fungsi indung telur, sehingga estrogen yang diproduksi menjadi lebih sedikit. Biasanya terjadi pada wanita usia 40 tahun ke atas. Perimenopause akan berlangsung hingga titik di mana ovarium benar-benar berhenti memproduksi sel telur, atau masa menopause itu sendiri.

  • Menopause

Fase inilah yang paling banyak dikenal. Menopause adalah saat di mana seorang wanita sudah tidak lagi mengalami siklus haid. Seorang wanita dikatakan positif menopause jika sudah 12 bulan berturut-turut tidak mengalami haid.

  • Postmenopause

Postmenopause atau fase setelah seorang wanita dikatakan positif menopause adalah tahun-tahun di mana wanita masih mengalami gejala akibat perubahan hormon setelah terjadinya menopause. Gejala-gejala seperti perubahan mood, hot flashes, dan insomnia masih sering terjadi pada fase ini. Wanita yang sudah memasuki fase ini juga menjadi rentan terhadap berbagai penyakit akibat rendahnya kadar estrogen dalam tubuh. Beberapa penyakit yang kerap terjadi adalah osteoporosis dan penyakit jantung.

Lamanya durasi postmenopause berbeda pada setiap wanita. Fase ini dapat berlangsung bertahun-tahun. Namun pada beberapa wanita, fase ini dapat berlangsung hanya dalam hitungan bulan. Rata-rata durasi postmenopause adalah 4 tahun, namun sangat bervariasi pada setiap wanita.

Keadaan fisik dan psikis seorang wanita tentu akan berubah pada saat dan setelah menopause. Namun bukan berarti hal ini menjadikan Anda seseorang yang tidak produktif. Investasikan kesehatan Anda di masa depan dengan mempersiapkan tubuh dari sekarang. Jaga kesehatan dan kebugaran untuk menyambut masa senja yang menyenangkan. Menjadi tua tidak harus sakit-sakitan. Mari hidup sehat untuk masa depan yang lebih baik!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar