HomeInfo SehatDemam BerdarahBagaimana Mengobati Infeksi Dengue?
Demam Berdarah

Bagaimana Mengobati Infeksi Dengue?

dr. Fiona Amelia MPH, 19 Sep 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pengobatan infeksi dengue yang tepat sangatlah penting. Karena tidak hanya berperan mengurangi gejala, tetapi juga mencegah komplikasi yang lebih buruk.

Bagaimana Mengobati Infeksi Dengue?

Infeksi dengue merupakan sebuah spektrum. Seseorang dapat mengalami infeksi ringan yang hanya memerlukan perawatan di rumah. Tidak jarang juga penderita infeksi dengue harus dirawat di rumah sakit. Terlepas dari berat ringannya infeksi dengue, sampai saat ini belum ada pengobatan yang spesifik. Pengobatan dan perawatan bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi.

Spektrum Infeksi Dengue

Infeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue (DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4) dapat menimbulkan satu spektrum penyakit. Spektrum penyakit dengue mulai dari tidak bergejala, gejala ringan seperti penyakit flu, gejala khas demam dengue (DD), hingga bentuk penyakit yang berat seperti demam berdarah dengue (DBD) dan sindrom syok dengue (SSD).

Infeksi Dengue Akibat Perubahan Iklim Global

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang spesifik untuk infeksi dengue. Bila Anda curiga terinfeksi dengue, yang harus dilakukan adalah beristirahat (bed rest), minum banyak air untuk mencegah dehidrasi akibat demam tinggi dan muntah-muntah, dan segera periksakan diri ke dokter. Parasetamol dapat mengurangi demam dan rasa sakit. Sedangkan obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, dan naproksen harus dihindari karena dapat meningkatkan kemungkinan perdarahan.

Lakukan Ini Jika Memburuk

Segera datangi unit gawat darurat atau fasilitas kesehatan terdekat apabila gejala memburuk dalam 24-48 jam setelah demam turun (kurang lebih 3-7 hari dari mulainya gejala), atau terdapat tanda-tanda perburukan gejala seperti di bawah ini:

  • Nyeri perut berat atau muntah yang terus-menerus
  • Bercak merah pada kulit
  • Mimisan dan gusi berdarah
  • Muntah darah
  • Tinja berwarna kehitaman
  • Mengantuk atau gelisah
  • Kulit terlihat pucat, teraba dingin dan lembap
  • Sulit bernapas

Artikel lainnya: 5 Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Bisa Sebabkan DBD

Perkenalkan: Wolbachia, Harapan Baru untuk Memberantas Dengue

Infeksi dengue yang lebih berat seperti DBD membutuhkan perawatan di rumah sakit, agar asupan cairan terjamin dan fase kritis dapat terpantau dengan baik. Pemantauan pada fase kritis ini penting agar tidak terjadi komplikasi seperti syok dan perdarahan hebat bahkan kematian.

Penanganan infeksi dengue secara dini dapat menurunkan risiko komplikasi penyakit dan kematian secara signifikan. Karena itu, bila curiga mengalami infeksi dengue, segera periksakan diri ke dokter dan tetap waspada terhadap gejala yang mungkin memburuk.

(RS/RH)

Artikel lainnya: Benarkah Demam Berdarah Dengue Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual?

Infeksi DengueDemam DengueVirus DengueDemam Berdarah Dengue

Konsultasi Dokter Terkait