Sukses

Tangan dan Kaki Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya

Tentu Anda pernah mengalami kesemutan, misalnya setelah duduk dalam posisi lama atau duduk dalam posisi yang salah. Apa lagi faktor pemicu terjadinya kesemutan?

Apakah Anda pernah merasakan tangan atau kaki Anda kesemutan? Tentu rasanya tidak enak. Melakukan kegiatan apa pun terasa serba salah. Berikut penyebab tangan dan kaki Anda kesemutan:

1. Saraf yang terjepit

Apakah kesemutan yang Anda alami disertai dengan nyeri yang menjalar dari leher hingga lengan atau dari punggung hingga kaki Anda? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya saraf yang terjepit karena cedera, postur yang buruk, atau kondisi tertentu seperti adanya peradangan sendi (arthritis). Penanganannya dapat berupa fisioterapi atau pemberian obat-obatan seperti gabapentin.

2. Kekurangan vitamin?

Jika kesemutan dialami pada kedua tangan Anda (tak hanya salah satu tangan), bisa jadi penyebabnya adalah Anda kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan Anda mudah lesu, lelah, dan anemia.

3. Sindrom terowongan karpal?

Kegiatan Anda sehari-hari mengetik? Jika ya, Anda berisiko mengalami sindroma terowongan karpal. Gerakan atau getaran berulang dapat menyebabkan penekanan saraf di pergelangan tangan dan memicu kesemutan pada tangan Anda. Untuk mendiagnosis sindrom terowongan karpal, dapat digunakan alat elektromiografi dan USG. Sedangkan penanganannya meliputi pemberian obat anti-peradangan, fisioterapi, hingga tindakan pembedahan.

4. Penyempitan di tulang belakang?

Penyempitan rongga di tulang belakang dapat menyebabkan penekanan saraf dan menimbulkan gejala kesemutan. Penyempitan tersebut dapat didiagnosis melalui pemeriksaan MRI atau CT Scan, serta dapat ditangani melalui fisioterapi, injeksi, atau tindakan bedah bergantung dari keparahan gejala.

5. Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes menjadi "toksin" bagi saraf, dan dapat menyebabkan Anda mengalami kesemutan pada tangan dan kaki (neuropati perifer). Perubahan gaya hidup dan pemberian obat-obatan dapat membantu mengontrol gejala. ?

6. Hipotiroid

Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroid dapat menyebabkan Anda mengalami kesemutan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengalami lelah, peningkatan berat badan, kulit kering, dan kerontokan rambut.  

7. Sklerosis multipel

Jika Anda mengalami kelemahan yang disertai dengan gejala kesemutan, pandangan kabur, sulit berjalan, gangguan berkemih dan BAB, bisa jadi disebabkan oleh adanya sklerosis multipel. Untuk mendiagnosisnya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan MRI. 

2 Komentar