Sukses

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Pernahkah Anda mengalami kebengkakan pada jempol kaki anda? Bisa jadi anda terjangkit gout. Berikut penjelasan lebih lanjut dari dr. Alvin Nursalim

Klikdokter.com - Gout atau sering disebut dengan ‘penyakit asam urat’, adalah suatu keadaan dimana asam urat mengendap dan membentuk krsital pada sendi-sendi Anda. Gout adalah penyebab peradangan sendi utama pada pria diatas 30 tahun. Salah satu tempat utama pengendapan asam urat adalah pangkal jempol kaki. Jadi, jika pangkal jempol Anda nyeri dan bengkak, salah satu penyebabnya bisa saja artritis gout.

Gout dan ciri-cirinya

Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi berulang, baik pada sendi kecil dan sendi besar. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal jempol kaki. Sendi ini disebut ‘podagra gout’ karena merupakan sendi yang khas pada serangan gout. Selain serangan pada sendi, seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dapat mengalami tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupan benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Bagaimana cara penanganan gout?

Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip utama dalam penanganan gout. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin adalah bahan mentah yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Batasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari). Makan-makanan yang mengandung purin antara lain: jeroan (jantung, hati, lidah ginjal, usus), sarden, kerang.

Hal selanjutnya dapat dilakukan dengan konsumsi cairan yang lebih, karena dengan mengkonsumsi cairan yang lebih dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat orang yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

Namun, pada pasien dengan serangan gout, biasanya perubahan pola hidup saja tidak cukup untuk mengontrol penyakit. Oleh karena itu, penggunaan obat penurun asam urat dapat menjadi alternatif lain. Obat yang paling umum digunakan untuk penderita gout adalah allopurinol. Namun demikian, penggunaan obat ini harus dengan resep dan pemantauan berkala oleh dokter Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar