Sukses

Inilah Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Bunuh Diri

Tidak dapat dipungkiri, kesehatan tubuh kita dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Termasuk diantaranya adalah kesehatan jiwa. Berikut ini adalah makanan yang dapat membuat Anda lebih mudah depresi dan stres, yang tak ayal dapat berujung pada tingkat akut; bunuh diri.

Klikdokter.com - Rasa cemas dan depresi  tinggi dalam diri seseorang mampu mendorongnya untuk melakukan bunuh diri. Kecemasan dan depresi tersebut dapat timbul karena adanya faktor hormonal, salah satunya yang ditimbulkan oleh hormon tiroid. Hormon ini memiliki pengaruh terhadap tingkat energi, perasaan, dan  berat badan.

Kondisi tiroid yang terlalu aktif dalam memproduksi hormon yang disebut hyperthyroidism atau hipertiroid dapat menyebabkan beberapa kondisi jiwa yang:

  • kecemasan,
  • perasaan mudah marah,
  • tubuh gemetar,
  • gangguan penglihatan,
  • sulit tidur,
  • haid tidak teratur, dan
  • penurunan berat badan.

Sedangkan, kondisi  tiroid yang lemah atau yang disebut hypothyroidism atau hipotiroid dapat menimbulkan:

  • kelelahan,
  • kelebihan berat badan,
  • mudah lupa, dan 
  • menstruasi yang banyak .

Beberapa efek yang ditimbulkan karena ketidakseimbangan tersebut  seperti mudah marah, kelelahan, perubahan berat badan, kecemasan, dan sulit tidur  adalah beberapa hal yang dapat mengindikasikan adanya depresi.

Keadaan ini ternyata dapat dipicu oleh asupan yang kita makan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi mengganggu keseimbangan hormon tiroid:

1 dari 2 halaman

Makanan Pemicu Depresi

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi mengganggu keseimbangan hormon tiroid:

1. Kedelai                              

Kandungan goitrogen  dalam kedelai, khususnya kedelai non-fermentasi, dapat menggangu fungsi tiroid dan menyebabkan hipotiroid. Untuk itu, asupan kedelai terutama kedelai non-fermentasi, seperti susu kedelai,  perlu di waspadai  dengan menjaga jumlahnya tidak lebih dari 5 ons susu kedelai per hari bagi orang dewasa.

2. Gluten

Selain kedelai, gluten juga mengandung goitrogen. Beberapa jenis makanan yang mengandung gluten tinggi adalah roti, mie dan pasta yang terbuat dari tepung terigu. Oleh karena itu, aturlah pola makan seimbang dan variatif.

3. Sayuran Silangan

Sayuran silangan seperti brokoli, bunga kol dan lobak mengandung isothiocyanates yang merupakan salah satu jenis goitragen. Kandungan tersebut dapat menganggu kerja kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon sehingga terjadilah kekurangan hormon tiroid atau yang disebut hipotiroid.

4. Iodium

Iodium dibutuhkan tubuh dalam jumlah terbatas. Jika tubuh kekurangan zat ini maka produksi hormon tiroid akan berkurang dan terjadilah hipotiroid. Sedangkan, bila kadar iodium dalam tubuh berlebih kondisi yang mungkin terjadi adalah hipertiroid. Kondisi hipertiroid tersebut selain memicu depresi juga dapat memicu penyakit grave. Iodium dalam makanan biasanya terdapat pada makanan laut dan makanan yang diasinkan.

0 Komentar

Belum ada komentar