Sukses

Tips Terapi Rumah Untuk Alergi Pada Anak

Bersin-bersin, hidung berair, mata gatal, hidung tersumbat dapat sangat mengganggu anak-anak dari aktivititasnya sehari-hari. Pada kasus rhinitis alergi seasonal (musiman), para orangtua

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana

Bersin-bersin, hidung berair, mata gatal, hidung tersumbat dapat sangat mengganggu anak-anak dari aktivititasnya sehari-hari. Pada kasus rhinitis alergi seasonal (musiman), para orangtua harus memiliki cara andalan membuat anak merasa nyaman. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat mengurangi gejala alergi :

  1. Gunakan air garam.  Hidung tersumbat merupakan gejala alergi yang membuat anak kecil lelah. Untuk meredakannya, anak yang sudah sedikit besar dapat melakukan irigasi hidung dengan menggunakan cairan saline (NaCl).
  2. Jaga hidrasi cairan.  Berikan selalu botol yang terisi penuh dengan air untuk menjaga hidrasi anak.
  3. Beri kehangatan pada anak. Mandi dengan air hangat dapat mengurangi gejala alergi untuk sementara.
  4. Atasi udara kering. Sedikit kelembaban di udara membuat bernapas menjadi lebih mudah. Jadi apabila Anda merasa udara di rumah Anda kering, Anda dapat menyalakan humidifier. Tapi berhati-hatilah bahwa kelembaban lebih dari 40% dapat meningkatkan pertumbuhan alergen di dalam rumah.
  5. Kompres dingin. Ketika mata yang gatal terasa sangat mengganggu anak Anda, coba berikan kompres dingin di mata anak Anda, hal tersebut membantu mengurangi gatal dan peradangan.
  6. Hindari menggaruk. Berikan pengertian ke anak Anda agar tidak menggaruk mata yang gatal. Menggaruk mata hanya akan mengiritasinya dan bahkan membuat rasa gatal bertambah.
  7. Herbal membantu. Apabila anak Anda menyukai makanan pedas atau berempah seperti jahe hangat, bawang putih, makanan tersebut dapat mencairkan lendir dan melancarkan jalan napas.
  8. Gunakan tisu yang lembut. Ketika alergi pada anak berada pada puncaknya, hidung yang berair akan mudah menjadi terluka karena digosok-gosok. Cari tisu dengan pelembab.
  9. Oleskan pelembab atau jelly. Apabila hidung anak memerah dan luka karena sering digosok, Anda dapat mengoleskan bagian tersebut dengan pelembab.
  10. Berkumur-kumur untuk meredakan nyeri tenggorokan.  Apabila terdapat postnasal drip dengan radang tenggorokan, mintalah anak Anda berkumur dengan air garam hangat yang terdiri atas 1-2 sdt garam yang dicampur dengan 200 cc air hangat.
  11. Minum teh hangat. Minum banyak cairan dapat membantu melegakan pernapasan.
  12. Cuci muka dengan air hangat. Kompres hangat pada muka membantu meredakan nyeri di muka akibat sinus.
  13. Hindari makanan penyebab alergi. Apabila diketahui anak Anda alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti telur atau seafaood, maka hindarilah makanan tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami [](TRH)


    0 Komentar

    Belum ada komentar