HomeInfo SehatKulitManfaat Baking Soda untuk Mengatasi Kulit Gatal
Kulit

Manfaat Baking Soda untuk Mengatasi Kulit Gatal

Zahra Aminati, 17 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Baking soda dipercaya sebagian orang dapat mengatasi kulit yang gatal. Untuk tahu informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Baking Soda untuk Mengatasi Kulit Gatal

Baking soda atau soda kue merupakan bahan makanan yang kerap digunakan sebagai pengembang kue. Tak jarang, bahan makanan ini juga dimanfaatkan sebagai pembersih peralatan rumah tangga.

Baking soda juga kerap kali digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan, seperti mengatasi asam lambung, mengurangi gejala sariawan, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Lalu tahukah kamu, banyak orang menggunakan baking soda untuk gatal-gatal di tubuh?

Baking Soda untuk Mengatasi Rasa Gatal di Kulit, Ampuhkah?

Mengungkap Efektivitas Vitamin D untuk Atasi Kulit Gatal

Baking soda adalah nama umum untuk natrium bikarbonat. Ini adalah senyawa kimia yang terbuat dari satu atom natrium (Na+). Senyawa ini terikat pada satu molekul bikarbonat (HCO3-).

Selain sebagai bahan makanan dan pembersih peralatan rumah, soda kue juga diyakini bermanfaat untuk kondisi kesehatan tertentu, khususnya rasa gatal di kulit.

Penggunaan baking soda untuk mengobati gatal telah didukung oleh sejumlah penelitian. Berendam dengan baking soda pun direkomendasikan oleh The National Eczema Association untuk mengurangi rasa gatal saat eksim sedang kambuh.

Sama dengan eksim, beberapa orang dengan psoriasis mengklaim bahwa rasa gatal dan kemerahan yang mereka rasakan berkurang setelah mandi dengan baking soda dan oatmeal.

Artikel Lainnya: Konsumsi Cokelat Dapat Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Tak hanya itu, manfaat baking soda untuk kulit gatal akibat jamur ternyata cukup menjanjikan. Menurut sebuah studi tahun 2014, soda kue dapat membunuh sel Candida yang menyebabkan infeksi jamur di kulit.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan baking soda dapat berguna sebagai agen antijamur.

Sayangnya, meski dinilai cukup ampuh untuk kulit gatal, belum ada penelitian pasti bahwa baking soda bermanfaat untuk eksim maupun psoriasis.

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa baking soda tidak bermanfaat untuk psoriasis bila digunakan sebagai obat oles.

Terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan, hingga kini, penggunaan baking soda untuk gatal di kulit hanya berdasarkan pengalaman beberapa orang yang keluhannya membaik setelah menggunakannya. 

Jadi, penggunaannya belum tentu cocok untuk semua orang dalam mengatasi gatal-gatal.

Artikel Lainnya: Pilihan Obat Untuk Gatal-Gatal

Cara Mengatasi Kulit Gatal dengan Baking Soda

Amankah Keramas Pakai Baking Soda?

Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit, kamu bisa menggunakan baking soda dengan cara berikut:

  • Masukkan 1 hingga 2 cangkir soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  • Berendamlah di bak tersebut.
  • Bilas, keringkan, dan gunakan pelembap di kulit.

Selain itu, kamu juga bisa membuat salep dari soda kue dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air. Kemudian, oleskan campuran baking soda tersebut ke area kulit yang gatal.

Meski penggunaan baking soda untuk gatal cukup efektif pada beberapa orang, sampai kini belum diketahui secara pasti apa saja kondisi kulit gatal yang bisa dan tidak bisa diatasi.

Efeknya juga dapat berbeda-beda bagi tiap orang. Bisa saja di satu orang ampuh, tapi pada orang lain tidak memberikan efek sama sekali.

Lebih lanjut, baking soda dapat diserap kulit. Jadi, berendam dengan bahan ini tidak dianjurkan bagi beberapa orang yang memiliki kondisi kulit berikut:

  • Luka terbuka.
  • Kulit yang infeksi.
  • Alergi terhadap baking soda.

Artikel Lainnya: Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Eksim

Penggunaan soda kue juga tidak dianjurkan untuk mengatasi ruam popok pada bayi, mengingat kulit si Kecil masih sangat sensitif.

Baking soda mampu mengganggu pH normal kulit, sehingga malah berisiko memperburuk ruam popok bayi.

Sebelum menggunakan baking soda untuk gatal, tanya dokter spesialis kulit untuk mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan. Dokter dapat mengidentifikasi penyebab kulit gatal dan mencari perawatan yang tepat.

Tetap #JagaSehatmu dengan mengetahui informasi kesehatan kulit lainnya di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Baking SodaGatal

Konsultasi Dokter Terkait