HomeInfo SehatKulitCara Menghilangkan Eksim di Wajah yang Aman dan Efektif
Kulit

Cara Menghilangkan Eksim di Wajah yang Aman dan Efektif

dr. Arina Heidyana, 24 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Eksim di wajah dapat mengganggu penampilanmu. Tidak perlu panik, berikut ini beberapa cara mengatasi eksim di wajah yang bisa kamu coba.

Cara Menghilangkan Eksim di Wajah yang Aman dan Efektif

Dermatitis atopik alias eksem atau eksim merupakan peradangan kulit yang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tak terkecuali wajah. 

Eksim terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif terhadap paparan suatu zat. Sebagai akibatnya, gejala yang akan dirasakan berupa kemerahan, gatal-gatal, dan nyeri pada kulit.

Bisa kamu bayangkan bagaimana rasanya jika gejala eksim tersebut terjadi di wajah. Sudah pasti bisa bikin tidak nyaman, juga dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, bukan?

Harus bagaimana jika sudah telanjur mengalami eksim di wajah? Adakah cara menghilangkan eksim di wajah dan mencegahnya agar tidak melulu kambuh? Ada! Berikut di antaranya:

1. Ketahui dan Hindari Pemicu dari Eksim

Cara Mengatasi Wajah Gatal dan Merah Karena Kosmetik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari penyebab dan menghindarinya.

Ada banyak penyebab eksim dan tiap orang bisa berbeda-beda pencetusnya. Beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya eksim adalah:

  • Tungau
  • Produk pembersih
  • Polusi udara
  • Cat kuku
  • Cat rumah
  • Perhiasan
  • Pewarna rambut
  • Sabun
  • Minyak esensial
  • Produk beraroma
  • Tanaman
  • Hewan peliharaan
  • Tabir surya
  • Obat-obatan

Dengan mengetahui pemicu eksim, kamu dapat menghindarinya dan eksim pun jadi tidak kambuh.

Artikel Lainnya: Wajah Kemerahan Setelah Pakai Produk Skincare, Apa yang Salah?

2. Gunakan Pelembap dengan Bahan Emolien Alami

Untuk menghilangkan eksim di wajah, caranya bisa dengan menggunakan pelembap berbahan emolien alami. 

Emolien merupakan bahan pelembap yang dapat menenangkan serta melembutkan kulit. Pelembap yang mengandung senyawa ini sangat baik untuk kondisi kulit yang meradang. 

3. Masker 

Seberapa Sering Boleh Menggunakan Masker Kulit untuk Wajah? (Dmytro Zinkevych/shutterstock)

Perawatan alami di rumah yang juga dapat membantu mengurangi eksim di wajah adalah masker madu dan masker oatmeal. Bahan-bahan ini bersifat menenangkan kulit. 

Namun, sebelum mencobanya, pastikan produk tersebut ramah di kulitmu, ya. 

Kamu dapat mencobanya terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit racikan masker madu atau oatmeal di kulit belakang telinga.

Artikel Lainnya: Mengenal Reusable Cotton Pads, Alternatif Kapas Ramah Lingkungan

4. Pilih Produk Makeup yang Tepat

Guna mengatasi eksim di wajah, cara yang satu ini perlu kamu perhatikan. Pilihlah produk makeup berdasarkan jenis kulitmu. Harus teliti dalam memperhatikan kandungan dalam makeup yang hendak digunakan. 

Sebaiknya, cari makeup dengan bahan dasar mineral. Usahakan juga untuk mencari produk-produk dengan label hipoalergenik, termasuk pada alas bedak dan maskara yang hendak digunakan.

Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada setiap makeup yang rutin kamu gunakan. Hindari memakai produk yang telah expired, sekalipun hanya baru terlewat satu hari.

Di samping itu, pastikan kamu tidak absen membersihkan kuas makeup setidaknya dua minggu sekali. 

5. Perhatikan Kandungan dalam Produk Perawatan Kulit

Tak hanya harus menggunakan makeup yang tepat, kamu juga mesti memilih jenis skincare yang benar. 

Dalam hal ini, kamu wajib memperhatikan kandungan dalam produk perawatan kulit yang digunakan.

Penderita eksim perlu waspada terhadap produk kecantikan yang memiliki bahan aktif kuat, seperti AHA atau retinol, dan sulfat.

Hati-hati juga dalam menggunakan produk kecantikan berbahan alami. Pasalnya, tidak setiap produk berlabel alami sepenuhnya aman bagi penderita eksim. 

6. Konsultasikan ke Dokter Kulit

Lakukan 5 Hal Ini saat Konsultasi ke Dokter

Jika keluhan tak kunjung membaik, tak perlu ragu untuk segera berobat langsung ke dokter kulit.

Saat pemeriksaan, kamu mesti mengatakan sejujur-jujurnya tentang riwayat penyakit dalam keluarga agar dapat membantu dokter kulit menegakkan diagnosis. 

Dokter kulit juga biasanya akan melakukan terapi pemberian obat eksim kering di wajah, seperti pemberian kortikosteroid, krim dokter, dan terapi imunosupresan, agar keluhan membaik. 

Artikel Lainnya: Daftar Salep Alergi yang Dapat Dibeli Secara Bebas

Itulah berbagai cara menghilangkan dan mengobati eksim di wajah. Jangan biarkan eksim wajah mengganggu aktivitas atau bahkan menurunkan rasa percaya diri. Terapkan tips yang telah dijelaskan dengan saksama, agar hasilnya benar-benar optimal.

Eksim menyebabkan rasa gatal pada penderitanya. Ingatlah untuk tidak menggaruknya, karena hal itu bisa memperburuk eksim dan berisiko membuat wajahmu iritasi.

Cari tahu informasi lainnya seputar kesehatan kulit dengan download aplikasi KlikDokter. Jika butuh konsultasi dengan dokter kulit, bisa lebih mudah melalui layanan Tanya Dokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

kulitEksim AtopikAlergi

Konsultasi Dokter Terkait