Kulit

Wajah Kemerahan Setelah Pakai Produk Skincare, Apa yang Salah?

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 30 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Kok wajah jadi merah setelah pakai skincare? Kira-kira apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya? Coba cari tahu lewat artikel berikut ini.

Wajah Kemerahan Setelah Pakai Produk Skincare, Apa yang Salah?

Punya produk skincare di rumah memang terbilang wajib untuk setiap wanita. Pasalnya, varian skincare bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Sayangnya, tidak semua jenis produk kecantikan bisa cocok Anda pakai. Apalagi bila setelah pakai produk skincare wajah jadi memerah, apa yang salah?

Mari simak penyebab wajah merah karena skincare, dan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

Apa Penyebab Kulit Kemerahan Setelah Pakai Produk Skincare?

Pada dasarnya, setiap produk skincare akan memiliki efek yang berbeda pada setiap orang.

Melansir WebMD, seorang ahli dermatologi bernama Debra Jaliman menjelaskan bahwa setiap produk skincare bisa saja menimbulkan masalah pada kulit.

Gejala yang timbul pada kulit karena skincare juga bisa beragam. Misal, wajah merah, gatal, dan sebagainya. 

Lalu, masalah tersebut bisa muncul ketika Anda baru saja mengaplikasikan skincare atau justru berbulan-bulan kemudian.

Kemerahan pada kulit dapat terjadi akibat reaksi alergi. Hal ini dikarenakan kulit mungkin tidak cocok dengan bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare. Walhasil, muncul kemerahan dan gatal bila reaksi alerginya semakin parah.

Artikel lainnya: Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil 

Biasanya, bahan pewangi di dalam produk skincare menjadi penyebab umum yang rentan mengiritasi kulit.

Bahkan, produk yang menyatakan tidak diberi wewangian dapat mengandung "masking agent", yaitu zat yang menutupi bau kimiawi.

Meskipun Anda tidak mencium baunya, kandungannya tetap ada dan bisa saja memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Alhasil, muka merah dan gatal akibat skincare dapat terjadi. 

Untuk memastikan tidak ada parfum yang terkandung di dalam produk skincare, cari produk yang bertuliskan "bebas pewangi”, "tanpa parfum", atau “fragrance-free”. 

Selain itu, muka merah setelah pakai skincare bisa dikarenakan oleh bahan pengawet di dalam produk. Semua pengawet umumnya dikaitkan dengan alergi kulit.

Namun, tidak berarti setiap pengawet menyebabkan reaksi alergi pada semua orang. Bahan ini mungkin saja tidak menyebabkan reaksi sama sekali.

Selain alergi, iritasi juga bisa membuat wajah Anda memerah setelah menggunakan produk skincare. Iritasi dapat terjadi karena kulit yang sensitif atau tidak cocok dengan bahan dalam produk.

Di samping wewangian dan pengawet, ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari bila Anda punya kulit sensitif, yaitu:

  • Alkohol

Produk skincare yang mengandung alkohol dipercaya bisa memperburuk kondisi kulit. Produk ini nantinya dapat membuat wajah jadi lebih kering, terkelupas, dan perih.

  • Sulfat

Bila Anda suka pakai sabun cuci muka mengandung busa, segera hentikan pemakaiannya. 

Sulfat merupakan kandungan di dalam produk kecantikan yang menghasilkan busa. Meski terkesan lebih bersih, kandungan ini justru berbahaya bagi kulit sensitif karena bisa bikin kulit makin kering dan gatal. 

Artikel lainnya: Mengenal Efek Tingling saat Pakai Skincare, Apakah Berbahaya?

Cara Mengatasi Wajah Merah Karena Skincare

Berikut adalah beberapa cara mengatasi muka merah akibat skincare:

Hentikan Pemakaian Skincare Tersebut

Cara menghilangkan muka merah akibat cream adalah dengan menghentikan pemakaiannya. Jika sudah muncul kemerahan pada kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaan skincare tersebut. Terlebih kalau kemerahan disertai gatal, perih, dan kulit mengering, ini tandanya Anda kurang cocok dengan produk itu. 

Pakai Krim yang Mengandung Steroid 

Krim yang mengandung steroid seperti hidrokortison biasanya memerlukan resep dokter. Konsultasikan masalah Anda kepada dokter.

Baca dan Pahami Label Skincare dengan Benar 

Sebelum membeli produk skincare, sebaiknya baca terlebih dahulu label yang tertera. Sesuaikan komposisi kandungan dengan kondisi kulit. Jika punya kulit sensitif, hindari produk mengandung parfum, sulfat, dan alkohol.

Lakukan Tes Terlebih Dahulu pada Kulit

Setelah membaca label kemasan dan sekiranya sudah cocok, lebih baik jangan langsung oleskan pada kulit wajah. Aplikasikan produk terlebih dahulu pada bagian telinga belakang.

Bila dalam 1 x 24 jam tidak ada iritasi atau reaksi alergi, produk tersebut cocok digunakan. Lalu, pakailah secukupnya.

Anda juga tidak dianjurkan menggunakan produk skincare berlebihan. Karena, hal ini bisa memicu reaksi alergi atau iritasi.

Itulah penyebab wajah merah dan gatal setelah pakai skincare. Jangan lupa baca label pada produk skincare yang hendak Anda beli dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. 

Anda juga bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit mengenai produk kecantikan wajah di KlikDokter.

[RS]

SkincareKulit sensitif

Konsultasi Dokter Terkait