Kanker

10 Penyebab Benjolan di Testis yang Harus Pria Waspadai

dr. Valda Garcia, 12 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Benjolan di testis bisa jadi tanda penyakit berbahaya. Apa saja penyebab benjolan pada buah zakar yang harus diwaspadai? Yuk, simak di sini.

10 Penyebab Benjolan di Testis yang Harus Pria Waspadai

Buah zakar atau testis adalah salah satu organ kelamin pria yang berfungsi menghasilkan hormon testosteron dan tempat pembentukan sperma. 

Normalnya pria memiliki dua buah zakar yang terletak terpisah, yaitu di sebelah kanan dan kiri. Ukuran buah zakar pria rata-rata adalah 4x3x2,5 cm, dengan berat kurang lebih 32 gram.

Ada kalanya sebuah benjolan di testis muncul. Pria yang mengalami kondisi tersebut akan merasa buah zakar semakin besar dan teraba keras. Hal ini bisa merupakan pertanda gangguan kesehatan.

Berikut ini gangguan kesehatan yang sering menjadi penyebab benjolan pada testis.

1. Varikokel

Cegah Aroma Tak Sedap di Penis dengan Cara Ini (Phuangphech/Shutterstock)

Varikokel merupakan salah satu kondisi yang sering dikaitkan dengan masalah kesuburan pria. Kondisi yang menyebabkan varikokel masih misteri. 

Namun, peneliti menduga varikokel terjadi akibat katup vena yang tidak bekerja dengan baik.

Umumnya varikokel tidak menunjukkan gejala spesifik. Penderita biasanya akan mengeluhkan rasa tidak nyaman di sekitar buah zakar, disertai nyeri ringan yang dapat membaik dengan istirahat. 

Terkadang penderita juga akan merasa seperti ada gumpalan cacing di sekitar buah zakar.

Artikel lainnya: Berbagai Penyebab Terjadinya Varikokel pada Pria

2. Hidrokel

Benjolan pada buah zakar juga bisa disebabkan oleh hidrokel. Hidrokel adalah penumpukan cairan berlebih di sekitar buah zakar. Keadaan ini membuat buah zakar terlihat membesar alias bengkak. 

Berbeda dengan varikokel, hidrokel lebih banyak terjadi pada bayi laki-laki dan menghilang setelah usia 2 tahun. Jika pun terjadi pada orang dewasa, biasanya kondisi ini menimpa pria yang telah berusia 20 tahun atau lebih.

Penyebab hidrokel pada anak-anak adalah akibat belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis, sehingga cairan di dalam rongga perut dapat masuk ke daerah buah zakar. 

3. Spermatokel

Pembesaran atau benjolan di buah zakar bisa disebabkan oleh adanya kista pada epididimis. Benjolan berisi cairan pada epididimis ini disebut spermatokel.

4. Infeksi Parasit

Penyebab lain yang bisa menimbulkan pembesaran atau benjolan di testis adalah infeksi parasit. Kondisi ini sering terjadi pada orang dewasa. Lalu, keadaan ini umumnya terjadi akibat infeksi parasit seperti filariasis.

5. Hernia Inguinalis

Buah Zakar Mendadak Nyeri? Segera Lakukan Penanganan Ini

Hernia inguinalis merupakan kondisi tersering yang menyebabkan munculnya benjolan pada testis atau sekitar buah zakar. Keadaan ini terjadi karena organ usus masuk ke cincin inguinalis. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hernia inguinalis, antara lain sering mengejan atau mengangkat benda berat dan usia tua.

Sebagian besar kasus hernia inguinalis hanya menunjukkan benjolan yang bisa membaik dengan berbaring atau istirahat. Tetapi, pada kondisi tertentu, khususnya apabila organ usus sudah terjepit, maka akan muncul keluhan nyeri di sekitar buah zakar.

Artikel lainnya: Bolehkah Memijat Benjolan Hernia? Ini Jawaban Dokter

6. Orkitis

Orkitis adalah peradangan pada buah zakar yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Pada sebagian besar kasus, keadaan ini terjadi akibat komplikasi dari penyakit gondongan (mumps).

Pada orkitis, penderita akan merasakan nyeri di sekitar buah zakar disertai pembengkakan. Terdapat pula gejala penyerta seperti demam, badan lemas, mual dan muntah. 

Orkitis yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria.

7. Hipoalbuminemia

Kondisi penurunan albumin dapat menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh. 

Tidak hanya bisa menimbulkan pembengkakan pada kaki, pembengkakan juga dapat menyebabkan pembesaran atau benjolan pada testis akibat penumpukan cairan.

8. Torsio Testis

Testis terpuntir dapat menyebabkan nyeri yang sangat hebat hingga dapat membentuk benjolan pada buah zakar. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan cedera, tapi bisa berkaitan juga dengan riwayat keluarga dengan keluhan serupa.

9. Kutil Kelamin

Prosedur Filler Penis

Penyebab benjolan di buah zakar lainnya adalah kutil kelamin. Berbeda dengan benjolan lain yang mungkin berada di dalam buah zakar, kutil kelamin biasanya terjadi di atas permukaan kulit. 

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papillomavirus). 

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Kutil Kelamin

10. Kanker Testis

Kanker testis terjadi akibat perubahan sel normal testis menjadi sel tumor ganas.

Selain muncul benjolan yang teraba keras atau pembesaran buah zakar, penderita biasanya juga akan mengeluhkan rasa tidak nyaman di sekitar buah zakar yang bahkan disertai nyeri. 

Gejala sistemik lain misalnya berat badan turun tanpa sebab, serta pegal di pinggang atau organ lainnya.

Benjolan di testis perlu diperhatikan. Kesembuhan dapat meningkat bila dideteksi dan ditangani sejak dini. Di samping itu, kamu juga bisa terhindar dari komplikasi merugikan seperti gangguan kesuburan. 

Segera konsultasikan ke dokter apabila muncul benjolan pada testis. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter yang lebih cepat.

(FR/JKT)

Buah ZakarKesuburanKanker Testis

Konsultasi Dokter Terkait