Darah

Penyebab Kadar Leukosit Tinggi dan Cara Mengatasinya yang Harus Kamu Ketahui

Siti Putri Nurmayani, 07 Sep 2023

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita

Tingginya kadar leukosit dalam tubuh bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan. Ketahui penyebab leukosit tinggi dan cara mengatasinya di sini.

Penyebab Kadar Leukosit Tinggi dan Cara Mengatasinya yang Harus Kamu Ketahui

Leukosit atau sel darah putih memiliki peranan yang penting dalam sistem kekebalan tubuh. Normalnya, kadar sel darah putih pada orang sehat adalah sekitar 5000-10.000 per mikroliter darah. 

Namun, jika jumlah leukosit dalam tubuh meningkat, ini bisa menandakan adanya masalah dalam tubuh. Bahkan, bahaya leukosit tinggi dapat menjadi tanda penyakit yang serius, seperti leukemia. 

Penting untuk diketahui, tingginya kadar leukosit alias leukositosis bisa disebabkan oleh banyak hal. Mari cari tahu penyebab leukosit tinggi dan cara mengatasinya lewat ulasan di bawah ini. 

Penyebab Leukosit Tinggi

Leukositosis bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut sejumlah penyebab kelebihan sel darah putih:

1. Infeksi Bakteri

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, penyebab leukosit tinggi bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri. 

Sel darah putih berperan dalam sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Ketika kadar leukosit tinggi artinya tubuh sedang melawan infeksi bakteri atau kuman yang menyerang. 

Salah satu contoh infeksi yang dapat menyebabkan tingginya kadar leukosit adalah tuberkulosis (TBC), radang paru akibat bakteri, disentri atau diare, serta cacingan.

2. Obat-Obatan

Penyebab sel darah putih tinggi juga bisa dipengaruhi oleh obat-obatan. Berikut beberapa jenis obat yang bisa membuat sel darah putih tinggi:

  • Kortikosteroid
  • Agonis beta
  • Litium
  • Epinefrin

Apabila kamu mengalami kelebihan sel darah putih tanpa alasan yang jelas, ada baiknya untuk bertanya kepada penyedia layanan kesehatan. Mungkin saja, kondisi ini disebabkan oleh efek samping obat. 

3. Stres

Berdasarkan StatPearls Publishing, stres emosional dan stres fisik bisa menjadi salah satu akibat kelebihan sel darah putih. 

Hormon stres dapat memengaruhi migrasi leukosit yang bisa meningkatkan terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh. 

Kondisi stres bisa disebabkan oleh munculnya rasa cemas secara terus-menerus. Dalam jangka panjang, stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan memicu timbulnya penyakit. 

4. Kanker

Selain stres, ternyata kanker juga menjadi salah satu penyakit kelebihan sel darah putih. 

Melansir dari Cleveland Clinic, jumlah sel darah putih yang tinggi dapat menandakan adanya masalah serius pada kesehatan, seperti leukemia atau kanker darah.

Pada penderita leukemia, sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang abnormal, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan sel darah putih. 

5. Down Syndrome

Seseorang yang mengidap down syndrome cenderung mengalami kesulitan untuk mengendalikan pembentukan sel darah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kelebihan sel darah putih. 

Anak-anak yang lahir dengan sindrom Down cenderung mengembangkan leukemia atau kanker darah. Berdasarkan National Cancer Institute, pengidap down syndrome cenderung memiliki risiko terkena leukemia sebesar 2,1 persen pada usia 5 tahun dan 2,7 persen pada usia 30 tahun. 

Selain itu, terdapat sejumlah penyebab lain yang bisa memengaruhi terjadinya 

Cara Mengatasi Leukosit Tinggi

Pada dasarnya, mengobati kondisi leukositosis atau kelebihan sel darah putih sangat bervariasi, tergantung dari penyebab dari kondisi tersebut. Berikut sejumlah cara menurunkan sel darah putih:

1. Antibiotik

Saran dari Dokter Vita, cara menurunkan leukosit bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. 

“Bila penyebab leukosit tinggi disebabkan oleh infeksi bakteri, maka diperlukan pemberian antibiotik untuk menurunkan sel darah putih,” tuturnya. 

Artikel Lainnya: Kelainan Sel Darah Putih yang Perlu Anda Tahu

2. Cairan IV

Cairan intravena (IV) atau yang biasa disebut cairan infus bisa diberikan pada penderita leukositosis. 

Penggunaan cairan ini bisa membantu memenuhi asupan cairan dan elektrolit ekstra dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan melawan gangguan kesehatan. 

3. Leukapheresis

Leukapheresis adalah prosedur yang dilakukan untuk mengurangi jumlah leukosit dalam tubuh. Darah akan diambil dari tubuh melalui infus. Nantinya, sel darah putih akan dipisah dan dibuang.

Setelah itu, darah tanpa leukosit bisa dimasukkan kembali ke dalam tubuh. Selain itu, darah juga mungkin akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pengujian. 

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Selain itu, cara menurunkan leukosit alami juga bisa dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. 

Pastikan untuk istirahat dengan cukup, perbanyak minum air putih, dan memiliki pola makan sehat dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. 

Penting untuk diingat, penyebab tingginya kadar leukosit akan berbeda-beda pada setiap orang. Ada baiknya untuk segera konsultasi dengan dokter bila mengalami gejala leukositosis, seperti demam, kelelahan, nyeri, sulit bernapas, mengi, sering berkeringat di malam hari, dan penurunan berat badan secara drastis. 

Bila ingin konsultasi yang lebih praktis, segera unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter, ya!

(NM)

Leukosit Tinggi