HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda
Diet dan Nutrisi

10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 02 Jul 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jika kamu ingin kesehatan tubuh lebih baik, tambahkan buah dalam menu makanmu sehari-hari. Berikut buah yang bermanfaat untuk kesehatan.

10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kesehatan tubuh tergantung dari apa yang kamu konsumsi. Jadi, jika kamu ingin memiliki kesehatan tubuh lebih baik, mengonsumsi makanan yang tepat adalah langkah awal yang mesti di tempuh. Di antara sekian pilihan makanan yang bisa dijadikan pilihan, buah adalah yang paling dianjurkan.

Buah dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tak heran, medis menyarankan agar makanan sehat yang satu ini selalu hadir menghiasi menu makanmu sehari-hari. Karena pada dasarnya, buah mengandung banyak gizi bermanfaat seperti potasium, serat, vitamin C, asam folat, dan lain-lain. Dengan konsumsi buah, risiko penyakit jantung, stroke, batu ginjal dan beragam penyakit mengerikan lainnya bisa dicegah.

Buah terbaik untuk kesehatan

Sebagian besar buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan. Namun di antara semuanya, berikut adalah 10 buah terbaik yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur:

Jeruk bali

Jeruk bali adalah salah satu buah jenis sitrus yang paling baik. Selain kaya akan vitamin dan mineral, buah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi resistensi insulin. Tak hanya itu, jeruk bali juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya batu ginjal.

Nanas

Diantara buah tropis, nanas adalah yang paling kaya akan kandungan gizi. Nanas tinggi vitamin C dan mangan, juga mengandung bromelain. Ini adalah enzim yang memiliki sifat antiradang, membantu mengolah protein di dalam tubuh, dan dipercaya dapat menurunkan risiko kanker.

Selanjutnya

  1. Alpukat

Alpukat adalah jenis buah ajaib yang rendah akan kandungan karbohidrat. Buah dengan biji besar ini juga kaya akan kandungan lemak sehat (HDL) yang dapat menurunkan peradangan serta membantu menunjang kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium, serat dan magnesium yang kesemuanya dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bluberi

Bluberi kaya akan serat, vitamin C, vitamin K dan mangan. Buah berwarna biru gelap ini juga kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung koroner, diabetes dan Alzheimer. Penelitian menyebut bahwa bluberi sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal.

Apel

An apple a day keeps the doctor away. Pepatah tersebut masih eksis hingga saat ini, karena dengan konsumsi satu buah apel setiap hari memang terbukti mampu meningkatkan kesehatan tubuh sehingga kamu tak perlu sering-seirng berobat ke dokter.

Faktanya, apel adalah buah yang kaya akan serat, vitamin C, potasium, vitamin K dan vitamin B. Antioksidan pada apel dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes melitus, kanker dan Alzheimer. Di samping itu, apel juga mengandung pektin yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Delima

Delima mengandung antioksidan tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan teh hijau maupun anggur merah. Buah dengan bentuk mutiara ini juga memiliki sifat antiradang dan diduga mampu menurunkan risiko kanker.

Selanjutnya (2)

  1. Mangga

Mangga kaya akan vitamin C serta serat yang larut air. Buah berkulit hijau ini juga kaya akan antioksidan, serat dan memiliki sifat antiradang. Karena itu, dengan mengonsumsi mangga secara rutin dan teratur, risiko penyakit seperti diabetes bisa diturunkan.

Stroberi

Stroberi tinggi akan kandungan vitamin C, mangan, asam folat dan potasium. Dibandingkan dengan buah lain, stroberi memiliki angka indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan membuat kadar gula darah tubuh mendadak tinggi.

Stroberi bahkan mengandung antioksidan tinggi, yang mampu menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes dan lainnya. Pada studi menggunakan hewan, stroberi terbukti mampu mencegah pembentukan sel tumor dan kanker.

Cranberries

Cranberries kaya akan vitamin C, mangan, vitamin E, K1 dan tembaga. Buah ini juga kaya akan antioksidan flavanol polyphenols yang dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kencing dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lemon

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon ternyata mampu meningkatkan kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan tekanan darah. Buah berwarna kuning cerah ini juga dapat mencegah kenaikan berat badan, dan kandungan asam sitrat di dalamnya dituding mampu menyembuhkan penyakit batu ginjal.

Mana buah favorit kamu? Jangan lupa untuk tetap membatasi porsi konsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi buah dengan penerapan gaya hidup sehat, agar kesehatan tubuh kamu senantiasa terjaga.

Kamu juga bisa konsultasi seputar kesehatan tubuh kamu atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(NB/ RVS)

mineralBerat BadanbuahvitaminmakananDietKesehatan TubuhHari Buah Internasional

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter