Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi9 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh, Baik untuk Jantung Hingga Kulit!
Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh, Baik untuk Jantung Hingga Kulit!

Nimas Mita, 23 Jun 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vitamin C sering didengung-dengungkan sebagai rajanya vitamin. Sebenarnya, apa saja manfaat vitamin C bagi tubuh?

9 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh, Baik untuk Jantung Hingga Kulit!

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang populer di telinga masyarakat. Baik dalam bentuk tablet suplemen ataupun fortifikasi pada makanan dan minuman, vitamin C sudah sangat akrab di kehidupan kita.

Kamu termasuk salah satu orang yang rajin mengonsumsi vitamin C secara rutin? Bila ya, maka itu kamu patut merasa senang karena manfaat vitamin C ternyata begitu banyak. Simak beberapa alasan kenapa kamu perlu vitamin C berikut ini:

1. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat mengakibatkan kerusakan struktur sel-sel di dalam tubuh.

Antioksidan di dalam vitamin C inilah yang berfungsi sebagai penstabil molekul tersebut, sehingga mencegahnya merusak struktur sel.

Dengan kemampuannya menangkal radikal bebas, vitamin C bermanfaat untuk menjaga berbagai jenis sel di tubuh. Salah satu efek lanjutan dari manfaat ini misalnya pencegahan penuaan dini.

2. Mencegah Kanker

Vitamin C dapat mengurangi kerusakan sel DNA, yang merupakan proses awal terjadinya kanker. Vitamin ini pun dapat mengurangi inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor berbahaya.

Tak hanya itu, fungsi vitamin C bagi tubuh adalah dapat mengurangi kerusakan organ akibat efek samping kemoterapi. Sangat luar biasa, bukan?

3. Meningkatkan Imunitas

Mungkin manfaat vitamin C yang satu ini sudah sering kamu dengar. Karena berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan menangkal radikal bebas yang dapat merusak sistem imun.

Selain itu, vitamin ini dapat memproduksi interferon, yaitu protein yang melindungi sel dari serangan virus yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut studi, suplementasi vitamin C berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung

Vitamin C disebutkan dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang tinggi.

5. Mengendalikan Diabetes

Sebuah studi menyebutkan, vitamin C dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan organ yang terjadi pada penderita diabetes

Selain itu, ada pula studi lain yang menemukan bahwa vitamin C berpotensi dalam mengendalikan gula darah.

Meski begitu, studi lanjutan tetap diperlukan untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Artikel Lainnya: Konsumsi Vitamin C Tiap Hari, Apakah Berbahaya?

6. Membentuk Kolagen

Manfaat Collagen untuk Kulit

Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, protein yang banyak terdapat pada kulit, tulang, dan tulang rawan. 

Dengan demikian, vitamin C bermanfaat untuk membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini, dan membuat tulang lebih kuat.

7. Mencegah Kekurangan Zat Besi Dalam Tubuh

Kegunaan vitamin C lainnya adalah membantu penyerapan zat besi dalam makanan. Untuk orang-orang yang memiliki risiko kekurangan zat besi, misalnya ibu hamil, konsumsi vitamin C tidak boleh dilupakan di samping konsumsi suplementasi zat besi. 

Dengan begitu, penyerapan zat besi dapat optimal dan menghindari terjadinya anemia defisiensi besi.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Terdapat studi yang menyebutkan, konsumsi vitamin C secara rutin berkaitan dengan penurunan kadar tekanan darah sistolik. 

Penelitian eksperimental pada hewan ini mendemonstrasikan bahwa vitamin C membantu merelaksasi pembuluh darah, sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat

Suatu penelitian yang melibatkan 1.387 pria menemukan, orang-orang yang mengonsumsi suplementasi vitamin C memiliki kadar asam urat yang lebih rendah.

Studi lain yang melibatkan 46.994 pria selama 20 tahun juga menemukan risiko gout (nyeri sendi akibat asam urat) yang lebih rendah pada orang-orang yang rutin mengonsumsi suplementasi vitamin C.

Siapa sangka, vitamin yang begitu familiar dengan kehidupan sehari-hari ini ternyata memiliki segudang manfaat. Fungsi vitamin C bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, mulai sekarang pastikan kecukupan konsumsi vitamin C kamu, ya!

Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur. Agar lebih mudah, kamu juga bisa, lho, minum suplemen dengan kandungan vitamin C tinggi. 

Tak perlu cemas, minum suplemen vitamin C aman kok, asalkan tidak lebih dari 2000 mg per hari. Nah, kamu bisa coba minum HEVIT-C, salah satu suplemen vitamin C yang praktis dan bisa jaga kesehatan kamu setiap saat.

HEVIT-C tersedia dalam beberapa varian. Pertama ada HEVIT-C 500 dengan kandungan Pureway C Vitamin C 500 mg untuk selalu #siapjagaKONDI_C kamu. Lalu, ada HEVIT-C 1000 dengan kandungan Pureway C Vitamin C 1000 mg untuk selalu #siapperbaikiKONDI_C kamu. 

Pureway C adalah bentuk vitamin C yang lebih aman di lambung dan lebih mudah diserap tubuh, sehingga bisa kamu konsumsi setiap hari.

Nah, untuk kamu yang aktif dan membutuhkan multivitamin plus Zinc untuk selalu #siapperkuatKONDI_C, kamu bisa minum HEVIT PLUS 1 kaplet setiap hari sehingga daya tahan tubuh kamu tetap kuat dan aktivitas harian kamu menjadi lebih optimal. 

Jadi, HEVIT-C atau HEVIT PLUS setiap hari, bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin harianmu, menjaga, memperbaiki, dan memperkuat tubuh kamu sehingga tidak mudah sakit.

Ingin konsultasi seputar kebutuhan vitamin dan mineral tubuhmu? Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter lewat Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter spesialisi langsung di fasilitas kesehatan terdekatmu dengan menggunakan layanan Temu Dokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan memakai aplikasi KlikDokter!

vitaminvitamin C

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter