Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakMama Harus Catat, Ini Porsi Buah yang Ideal untuk Bayi dan Balita
Kesehatan Anak

Mama Harus Catat, Ini Porsi Buah yang Ideal untuk Bayi dan Balita

Firisa Ardianti, 16 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jumlah makan si Kecil tentu berbeda dengan orang dewasa. Bagaimana cara menentukan porsi yang ideal untuknya?

Mama Harus Catat, Ini Porsi Buah yang Ideal untuk Bayi dan Balita

Banyak sekali pilihan bahan MPASI yang dapat diberikan untuk si kecil, salah satunya buah. Namun, Mama perlu memperhatikan cara penyajian MPASI buah, termasuk porsi buah untuk bayi.

Pemberian MPASI harus dilakukan bertahap sesuai usia bayi agar ia tidak mengalami efek samping, misalnya diare. Pertama, berikan sari buah terlebih dulu, sebelum berlanjut ke puree buah hingga buah dalam bentuk utuh.

Dokter Theresia Rina Yunita mengatakan bayi boleh makan buah setiap hari. Akan tetapi, jangan terlalu banyak diberikan agar bayi tidak mengalami nyeri perut, kembung, dan diare akibat konsumsi serat berlebihan.

Terlalu banyak asupan serat juga dapat menghambat penyerapan nutrisi lainnya. Padahal, tubuh bayi juga membutuhkan protein dan lemak untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Karena itu, penting untuk mengetahui takaran buah untuk bayi dengan tepat agar ia mendapatkan nutrisi seimbang. 

Porsi Buah untuk Anak Usia 6 Bulan - 1 Tahun

Pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat diperkenalkan dengan MPASI. Untuk awalnya, perkenalkanlah sari buahnya saja. 

Seiring bertambahnya usia, Mama dapat meningkatkan teksturnya dari puree hingga buah utuh, apalagi jika bayi sudah tumbuh gigi (9-12 bulan).

Pada usia 9 bulan, berikan bermacam jenis buah-buahan agar bayi tidak bosan sekaligus bisa merasakan berbagai rasa buah. Dengan memberikan berbagai jenis buah, bayi akan mendapatkan nutrisi lebih lengkap.

Mengenai porsi buah untuk bayi 6 bulan sampai 1 tahun, Mama dapat memulai perkenalan dengan 1 sendok teh hingga 2 sendok makan. Mama bisa juga menggunakan aturan seukuran tangan bayi dan naikkan porsinya sedikit-sedikit seiring pertambahan usia.

Porsi Buah untuk Anak Usia 1-4 Tahun

Jika sudah berusia 1-4 tahun, Mama dan Papa dapat menerapkan takaran buah untuk bayi berikut ini:

  • Pisang: ¼-1 pisang sedang (30-55 gram)
  • Buah beri (blueberry, stroberi): 3-10 buah (35-120 gram)
  • Apel: ¼-½ apel sedang (45-90 gram)

Menurut dr. Theresia, tidak ada jam khusus dalam memberikan buah untuk bayi. Buah bisa diberikan 1-2 porsi setiap makan atau sebagai camilan di sela jam makan. Agar bayi tidak bosan dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, berikanlah kombinasi buah-buahan.

Pemberian buah sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil, sehingga jangan sampai diabaikan. Sekarang juga sudah banyak, kok, produk MPASI atau puree buah siap makan yang praktis, sehat, dan aman untuk bayi.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar porsi buah untuk bayi dan MPASI, jangan ragu Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Solusi untuk #JagaSehatmu dan keluarga hanya di KlikDokter! 

(NM)

Tumbuh Kembang AnakbuahAnak

Konsultasi Dokter Terkait