Sukses

Cegah Stroke, Kenali Gejala Sakit Kepala Anda

Anda patut waspada apabila mengalami sakit kepala dengan karakteristik khusus ini. Berikut penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala umumnya merupakan gejala ringan. Meski demikian, jangan menyepelekan begitu saja. Beberapa gejala sakit kepala memerlukan perhatian khusus lantaran dapat mengancam. Ancaman yang terkadang bersembunyi di balik sakit kepala antara lain adalah stroke, aneurisma atau infeksi otak.

Berikut ciri-ciri sakit kepala yang memerlukan perhatian khusus:

  1. Sakit kepala dengan intensitas nyeri yang hebat

    Sakit kepala memiliki derajat nyeri yang berbeda-beda. Namun, jika nyeri kepala Anda memiliki intensitas yang sangat hebat, maka Anda patut berhati-hati.

    Pernah mendengar istilah ‘sakit kepala paling sakit yang pernah Anda rasakan’? Bisa jadi itu akibat perdarahan subarachnoid, atau perdarahan di dalam tengkorak. Keluhan ini juga dapat disertai gejala lain seperti leher yang kaku, muntah dan pusing.

  2. Sakit kepala mendadak

    Sakit kepala yang mendadak perlu diperhatikan dengan serius. Apalagi bila sakit kepala ini disertai dengan kelemahan pada satu sisi tubuh, rasa kesemutan pada bagian wajah tertentu. Bisa jadi ini merupakan tanda dari stroke.

    Gejala tambahan dari stroke adalah kesulitan berbicara, kesulitan melihat dengan dua mata, kesulitan berjalan dan kehilangan keseimbangan. Stroke memerlukan penanganan yang cepat untuk menghindari perburukan gejala yang dapat terjadi.

  3. Sakit kepala yang disertai demam

    Sakit kepala juga dapat merupakan tanda dari infeksi selaput otak atau umum dikenal dengan nama meningitis. Sakit kepala pada meningitis biasanya disertai keluhan demam, leher terasa kaku dan muntah. Penanganannya tergantung dari organisme penyebab, dapat berupa pemberian antivirus atau antibiotik.

Jika Anda pernah mengalami sakit kepala dengan karakteristik di atas, disarankan untuk segera berkonsultasi pada dokter. Identifikasi awal penyebab sakit kepala merupakan langkah untuk menyembuhkan keluhan sakit kepala Anda!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar