Sukses

Apakah Anemia Bisa Disembuhkan?

Anemia bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah kondisi medis. Jadi jawabannya, anemia tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikelola. Berikut penjelasan dr. Anita Amalia Sari di sini selengkapnya.

KlikDokter.com - Anemia bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah kondisi medis. Anemia disebabkan oleh berbagai macam hal. Oleh sebab itu, cara mengatasi anemia paling tepat adalah dengan menemukan dan mengobati penyakit yang mendasarinya.

Anemia dapat dikontrol diatasi bergantung dengan penyebab anemia. Seseorang yang mengalami anemia berarti memiliki jumlah sel darah merah sehat yang kurang. Sel darah merah bertugas membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh, oleh sebab itu bila seseorang mengalami anemia dapat merasakan gejala mudah lelah, lemas, pusing ataupun sesak napas.

Anemia jenis apa yang dapat disembuhkan?

Sebenarnya kata “disembuhkan” kurang tepat karena anemia adalah kondisi bukanlah suatu penyakit. Hampir semua anemia yang berhubungan dengan gizi dapat diatasi dengan baik. Penyebab tersering anemia adalah kekurangan zat besi. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin (protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen). Bila anemia disebabkan oleh kekurangan jumlah zat besi di dalam tubuh maka dapat disembuhkan dengan mengonsumsi suplemen zat besi tambahan dan makanan yang mengandung zat besi. Anemia akibat defisiensi zat besi dan kehilangan darah (seperti pada perdarahan) dapat pula dikoreksi melalui transfusi darah.

Penyebab lain yang dapat pula disembuhkan adalah kekurangan vitamin B12 atau asam folat. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan/atau suplemen yang mengandung vitamin B12 dan/atau asam folat, dapat membantu tubuh untuk secara alami kembali membentuk sel darah merah.

Di sisi lain ada beberapa jenis anemia yang lebih sulit diatasi namun dapat dikontrol, berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya:

1 dari 2 halaman

Apakah Anemia Bisa Disembuhkan?

Sakatonik Liver

Pada anemia yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti luka pada saluran cerna ataupun gangguan ginjal maka penanganannya adalah dengan mengatasi penyakit utamanya. Bila seseorang mengalami anemia sebagai akibat gagal ginjal kronis atau efek kemoterapi maka dapat diatasi dengan injeksi eritropoietin rekombinan (hormon yang menstimulasi produksi sel darah merah di sumsum tulang belakang).

Anemia yang disebabkan oleh gangguan sumsum tulang belakang dan sel-sel punca lebih sulit untuk ditangani. Pengobatan untuk mengatasi anemia yang disebabkan oleh kelainan bawaan seperti thalassemia atau anemia sel sabit sangatlah beragam dan bergantung dengan kondisi spesifik dan keparahan gejala masing-masing individu. Ada yang hingga membutuhkan transplantsai sumsum tulang belakang untuk mengatasi anemia.

Anemia yang disebabkan oleh peningkatkan destruksi sel darah merah seperti anemia hemolitik diatasi dengan menangani penyebab yang mendasarinya. Kasus ringan mungkin tidak membutuhkan pengobatan sama sekali. Pengobatan dengan obat-obatan dan infus cairan seringkali diberikan. Transfusi darah dibutuhkan pada beberapa kasus. Operasi pengangkatan limpa dipilih sebagai pilihan terakhir. Pada beberapa kasus yang sangat jarang dibutuhkan transplantasi sumsum tulang belakang.

Tes darah sederhana dapat dilakukan untuk mencari penyebab anemia. Suplemen gizi, asupan makanan yang sehat dan terkadang pengobatan dapat membantu mengontrol agar jumlah sel darah merah di dalam tubuh tetap mencukupi.

0 Komentar

Belum ada komentar