Sukses

Latihan yang Dapat Mengurangi Kram Saat Haid

Jika kram saat nyeri haid kerap mengganggu, maka cobalah untuk melakukan beberapa latihan olahraga berikut ini.

KlikDokter.com – Kram adalah gejala umum yang menyertai siklus menstruasi. Diakibatkan oleh adanya kontraksi dinding uterus yang biasanya didominasi di area perut bagian bawah yang menjalar hingga ke pinggang, punggung bagian belakang, sampai ke area paha. Selain mengonsumsi obat, olahraga ringan juga dapat membantu meringankan kram saat menstruasi.

Latihan olahraga ringan apa sajakah yang dapat membantu mengurangi kram perut ketika haid? Berikut rinciannya:

1. Latihan Yoga

2. Berenang

3. Peregangan Otot

Halaman berikut perinciannya:

1 dari 4 halaman

Latihan Olahraga Pengurang Kram Saat Haid: Yoga

Neuralgin Rhema

Yoga menekankan pada pernapasan dalam, relaksasi, dan gerakan yang membantu meringankan kram dan nyeri. Lakukan dua pose yoga yang menenangkan ini:

  • Child’s pose

- Berlutut di lantai dengan posisi kaki saling bersentuhan dan lutut dibuka selebar pinggul. Duduklah di tumit anda.

- Baringkan tubuh di antara paha dan bawa dahi ke matras. Luruskan lengan ke depan hingga telapak tangan menyentuh lantai. Tutup mata dan tarik napas panjang. Tahan selama minimal satu menit.

yoga, menstruasi, haid, nyeri, child's, pose

  • The bridge pose

- Berbaring telentang, tekuk lutut dan tempatkan telapak kaki di lantai dalam posisi terbuka selebar pinggul. Jari-jari menghadap lurus ke depan. Tempatkan lengan lurus di sepanjang sisi tubuh dengan posisi telapak tangan ke bawah.

- Tekan ke kaki dengan lembut sehingga pinggul terangkat naik. Biarkan badan bagian depan naik turun secara perlahan seiring dengan napas. Tahan selama 5 sampai 10 napas. Ulangi 3 kali.

yoga, bridge, pose, latihan, nyeri, haid, menstruasiAtau Anda bisa melakukan latihan olahraga berenang seperti yang dijelaskan di halaman berikut ini:

2 dari 4 halaman

Latihan Olahraga Pengurang Kram Saat Haid: Renang

Neuralgin Rhema

berenang, olahraga, Cobalah berenang untuk mengurangi kram saat menstruasi, karena dapat membantu melepaskan endorfin, senyawa kimia yang mampu mengendalikan rasa nyeri. Jangan lupa untuk tetap memakai pembalut.

Lho, Bukannya Berenang Ketika  Haid Tidak Direkomendasikan?

Tak perlu khawatir, pembalut yang digunakan tidak akan hancur karena air akan memberi tekanan ke atas. Untuk alternatif, berendam air hangat juga bisa menenangkan otot-otot yang tegang selama menstruasi.

Atau Anda bisa lakukan latihan peregangan, yang dijelaskan pada halaman berikut ini:

3 dari 4 halaman

Latihan Olahraga Pengurang Kram Saat Haid: Melakukan Peregangan

Neuralgin Rhema

Lakukan lower trunk rotation untuk meredakan kram dan nyeri pada perut. Posisi awalnya: posisi tubuh berbaring terlentang, lutut ditekuk, kaki di lantai dan kedua lengan dibentangkan keluar menjauhi tubuh.

  • Pertama, kondisi lutut yang tertekuk diputar ke arah kanan menempel ke lantai dan pertahankan kedua bahu tetap menempel di lantai dengan tangan yang membentang ke luar menjauhi tubuh. Tahan kondisi ini dalam hitungan 2x10.

  • Kedua, dengan posisi yang sama, putar lutut ke arah kiri hingga menempel ke lantai dan bahu tetap menampel di lantai. Tahan kondisi ini dalam hitungan 2x10.

  • Latihan dilakukan selama 3 kali.

Apabila Anda mengalami kram dan nyeri menstruasi selama lebih dari 2 hari, dengan intensitas nyeri yang semakin hebat, perdarahan menstruasi banyak, atau memiliki tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, dan tidak membaik dengan olahraga di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

0 Komentar

Belum ada komentar