Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiRelationshipIni Tanda Red Flag dalam Hubungan Asmara yang Perlu Kamu Waspadai
Relationship

Ini Tanda Red Flag dalam Hubungan Asmara yang Perlu Kamu Waspadai

Christovel Ramot, 01 Feb 2024

Ditinjau oleh Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tanda red flag dalam hubungan asmara ciri-cirinya adalah pasangan agresif, tidak setia, merendahkan, dan mendominasi setiap keputusan. Jika sudah terlihat jelas, segera akhiri hubungan.

Ini Tanda Red Flag dalam Hubungan Asmara yang Perlu Kamu Waspadai

Arti Red flag dalam hubungan adalah istilah tanda bahaya yang menunjukkan pasangan memiliki perilaku tidak sehat atau manipulatif.

Jika kamu melihat ciri-ciri pasangan ref flag seperti dominan dalam mengambil keputusan, agresif, tidak setia, hingga main kekerasan, maka kamu perlu segera mengakhiri hubungan tersebut.

Jika tidak, hubungan akan toxic dan menyakiti satu sama lain. Menyadari tanda red flag dalam hubungan asmara lebih awal dapat membantu kamu memiliki hubungan yang lebih baik.

Apa saja tanda red flag dalam hubungan yang perlu diwaspadai? Berikut ciri-cirinya. 

1. Berlaku Agresif dan Melakukan Kekerasan

Adanya kekerasan verbal, nonverbal atau psikologis yang berulang dalam hubungan asmara perlu kamu jadikan pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk menikah dengan pasangan.

Pasangan yang suka memukul atau main tangan adalah tanda red flag yang menandakan hubungan toxic

2. Kontrol yang Berlebihan

Ciri-ciri red flag pada wanita dan pria yang seringkali tidak disadari salah satunya adalah terlalu berlebihan dalam mengendalikan pasangan (posesif).

Dia mungkin sering melarang atau mengatur hal-hal kecil dalam hidupmu, yang membuat kamu merasa tidak bebas.

Pengawasan atau kontrol yang berlebihan dapat membuat kamu kehilangan kebebasan dalam melakukan yang disukai dan menghambat diri untuk berkembang menjadi lebih baik.

3. Tidak Setia

Ketidaksetiaan atau perselingkuhan yang berulang dalam hubungan asmara dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan menikah dengan pasangan.

Tidak setia adalah tanda red flag yang sulit untuk diubah. Pasangan yang sudah sering selingkuh sejak pacaran, mungkin akan tetap berselingkuh meskipun sudah menikah.

4. Dominan dalam Mengambil Keputusan

Tidak bisa diajak kompromi dan selalu mengambil alih keputusan tanpa mempertimbangkan sudut pandang kamu juga menjadi tanda red flag yang perlu disadari dalam hubungan.

Pada pria, ciri-cirinya adalah terlalu sering mengatur apa saja yang kamu harus lakukan. Mereka seringkali tidak suka dibantah dan tidak mau mendengar alasan apapun yang kamu berikan.

5. Komunikasi yang Merendahkan

Komunikasi adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Namun, jika pasangan sering merendahkan kamu saat berbicara, maka itu tanda red flag dan sebaiknya kamu berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan tersebut.

Komunikasi yang merendahkan akan menentukan bagaimana penyelesaian konflik kedepannya. Perkataan buruk yang selalu dilontarkan pasangan saat berkomunikasi bisa membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak dihargai.

6. Sering Mengabaikan Pasangan

Tidak dilibatkan atau perasaan diabaikan oleh pasangan dalam hubungan asmara menjadi tanda red flag yang dapat membuat kamu merasa rendah diri dan merasa tidak dihargai kehadirannya.

7. Tidak Mengizinkan Kamu Berhubungan Dekat dengan Teman dan Keluarga

Larangan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga menjadi tanda red flag yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan hidup bersama dengan pasangan.

Pasangan biasanya cenderung ingin selalu didahulukan dan menjadi nomor satu. Mereka tidak suka melihat kamu memberikan perhatian lebih pada orang lain, sehingga melarangmu berhubungan dekat dengan teman, sahabat, bahkan anggota keluarga lainnya.

8. Manipulatif

Ciri-ciri pasangan manipulatif adalah selalu memutar balikan fakta dan tidak mau mengakui kesalahan.

Pasangan biasanya akan melakukan gaslighting atau menuduh kamu berbohong kepadanya dan menyalahkan kamu atas berbagai hal yang terjadi.

Mereka akan bersikap seolah menarik diri dan tidak membuka komunikasi agar kamu merasa bersalah dan merasa tidak layak untuk mengekspresikan diri.

9. Membuat Kamu Dihantui Rasa Bersalah 

Tanda pasangan red flag adalah selalu membuat kamu merasa bersalah dan merasa bertanggung jawab penuh atas konflik dalam hubungan.

Sikap ini bisa membuat hubungan asmara menjadi toxic karena menumbuhkan rasa rendah diri dan vibes negatif dalam kehidupan sehari-hari. 

10. Membuat Kamu Bingung dengan Diri Sendiri

Jika selama menjalin hubungan asmara kamu merasa semakin bingung dengan masa depan dan tidak mengenal diri sendiri, maka itu menjadi tanda adanya red flag yang perlu segera disadari. 

Hubungan seharusnya penuh dengan rasa percaya, kasih sayang, dan merasa dihargai. Jika selama menjalin hubungan kamu selalu merasa sedih dan tidak bisa hidup dengan tenang, maka mungkin ada masalah dalam diri pasanganmu.

Jika merasakan tanda red flag pada pasangan dan kamu ingin berkonsultasi langsung pada psikolog, kamu bisa chat psikolog online di aplikasi KlikDokter.

Jangan ragu untuk berkonsultasi seputar kesehatan mental kamu dengan buat janji dengan psikolog, karena ini bisa sangat membantu.

Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga dan nikmati layanan kesehatan lengkap lainnya untuk jaga kesehatan kamu dan keluarga.

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter