Sukses

Pengertian Kista Gartner

Kista Gartner merupakan salah satu jenis kista vagina yang dapat terjadi. Jenis kista ini umumnya terletak pada dinding samping vagina. Kista Gartner juga dikenal dengan sebutan kista duktus Garter.

Duktus Gartner merupakan salah satu organ yang terbentuk pada saat perkembangan janin perempuan, yang kemudian mengalami degradasi setelah kelahiran. Bila sebagian dari duktus tersebut menetap, terkadang dapat terjadi akumulasi cairan yang kemudian membentuk kista pada dinding vagina.

Penyebab Kista Gartner

Pada saat pertumbuhan dan perkembangan sistem reproduksi janin perempuan, salah satu organ yang terbentuk adalah duktus Gartner atau duktus mesonefrik pada dinding vagina, yang seharusnya mengalami degradasi saat kelahiran.

Terjadinya kista Gartner umumnya disebabkan oleh menetapnya duktus Gartner, suatu organ sistem reproduksi wanita yang umumnya ditemui pada saat perkembangan janin perempuan di dalam rahim. Apabila duktus Gartner menetap pasca kelahiran, dapat terjadi pengumpulan cairan di bagian-bagian tertentu pada duktus tersebut yang kemudian membentuk kista pada dinding vagina.

Gejala Kista Gartner

Pada sebagian kasus, salah satu tanda dari kista Gartner adalah terabanya benjolan lunak pada dinding vagina atau menonjol ke luar vagina. Ukuran dari kista tersebut dapat bervariasi, dari kecil hingga cukup besar.

Diagnosis Kista Gartner

Diagnosis dari kista Gartner dapat ditentukan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang tertentu bila dinilai dibutuhkan.

Pada saat wawancara medis, dokter dapat menanyakan mengenai riwayat kesehatan sebelumnya serta adanya keluhan yang dialami saat ini. Pada saat melakukan pemeriksaan vagina rutin, dokter dapat meraba adanya massa pada dinding vagina. Selain itu, dokter juga dapat menyarankan untuk dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang guna menyingkirkan kondisi lainnya.

Beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah:

  • Biopsi, atau pengambilan sampel jaringan dari kista, guna menyingkirkan kemungkinan terdapatnya keganasan
  • Pemeriksaan cairan vagina atau serviks untuk menentukan terdapatnya infeksi menular seksual (IMS)
  • Pemeriksaan computerized tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), atau ultrasonografi bila dinilai dibutuhkan, untuk melihat hasil pencitraan dari kista

Penanganan Kista Gartner

Umumnya, penanganan dari kista Gartner dilakukan secara observasional dengan memantau adanya pertumbuhan atau perubahan tampilan pada pemeriksaan rutin.

Bila kista semakin membesar atau menyebabkan tanda dan gejala yang berat, dokter dapat merekomendasikan untuk dilakukan tindakan pembedahan guna mengangkat kista. Jika terjadi infeksi atau abses pada kista, dokter dapat merekomendasikan konsumsi obat-obatan tertentu.

Pencegahan Kista Gartner

Tidak terdapat metode pencegahan yang terbukti efektif secara sepenuhnya dalam mencegah terjadinya kista Gartner.