Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatReview Produk15 Rekomendasi Obat Pilek Untuk Dewasa
Review Produk

15 Rekomendasi Obat Pilek Untuk Dewasa

Bunga Sandha Pragastiwi, 19 Des 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gejala pilek seperti hidung tersumbat, hinga batuk-batuk, dan rasa tidak nyaman. Simak rekomendasi obat pilek untuk dewasa disini

15 Rekomendasi Obat Pilek Untuk Dewasa

Pilek atau flu merupakan sakit yang umum terjadi. Bagi beberapa orang dewasa, gejala pilek seperti hidung tersumbat, hinga batuk-batuk, dan rasa tidak nyaman dapat menjadi kendala yang mengganggu kinerja dan kesejahteraan.

Tentu ada solusi untuk mengatasi gejala ini, dengan penggunaan obat pilek yang tepat menjadi kunci untuk pemulihan cepat. Banyak obat pilek untuk dewasa yang dapat membantu Kamu dalam memulihkan kondisi.

Yuk, simak inilah 15 Rekomendasi Obat Pilek yang paling ampuh digunakan oleh orang dewasa.

1. Panadol Flu & Batuk Tab Hijau

 Panadol Flu & Batuk Tab Hijau

Beli Panadol Flu dan Batuk Hijau di KALStore


Rekomendasi obat pilek dewasa yang pertama yaitu, Panadol Flu dan Batuk tablet hijau. Obat ini dirancang khusus untuk membantu meredakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin disertai batuk kering yang tidak berdahak.

Panadol hijau ini memiliki kandungan bahan aktif seperti Paracetamol 500 mg, Phenylephrine HCl 5 mg, dan Dextromethorphan HBr 15 mg.

Kandungan Paracetamol yang terdapat pada Panadol ini mampu membantu menurunkan demam dan meredakan nyeri dengan cara menghambat zat yang menyebabkan nyeri dan demam di tubuh.

Untuk orang dewasa, dosis yang direkomendasikan adalah 1 kaplet setiap 4-6 jam, dengan batas maksimal 8 kaplet sehari. Kamu bisa membeli Panadol Flu dan Batuk tablet hijau ini di KALStore dan dapatkan seharga Rp 15.000.

2. OBH Combi Batuk Plus Flu Menthol

OBH Combi Batuk Plus Flu Menthol 100ml

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu di KALStore


OBH Combi, sirup obat untuk flu dan batuk untuk orang dewasa atau anak di atas 12 tahun. Kamu bisa mengonsumsi OBH Combi tanpa resep dokter, cukup dengan membelinya di KALStore seharga Rp 18.900.

OBH Combi ini cocok digunakan untuk kamu yang mengalami gejala flu berat kayak pilek, hidung sumbat, demam, pusing, bersin, dan batuk, coba deh pertimbangkan OBH Combi.

Kandungan obat pilek dari OBH Combi Dewasa salah satunya ada Paracetamol 150 mg yang mampu menurunkan demam. Di samping itu, ada juga Succus Liquiritiae Extract sebanyak 167 mg dan Ammonium Chloride 50 mg yang bantu buat melunakkan dahak.

Saran untuk dosisnya yaitu, kamu bisa minum 3 kali sehari 3 sendok takar (15 ml) dari OBH Combi Dewasa. Tapi, inget ya, setelah minum ini, lebih baik nggak nyetir karena OBH Combi ini memiliki efek yang bisa membuat kamu mengantuk.

3. Actifed Hijau Plus Expectorant Sirup

Actifed Hijau Plus Expectorant Sirup 60ml

Beli Actifed Hijau Plus di KALStore


Rekomendasi yang selanjutnya yaitu, Actifed Hijau Plus Expectorant Sirup 60ml. Obat pilek untuk dewasa yang satu ini adalah obat yang membantu meredakan pilek dan batuk berdahak.

Kandungan dari Actifed Hijau Plus ini yaitu, Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Guaiphenesin yang dalam obat ini bekerja untuk mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan batuk berdahak.

Triprolidine mengurangi rasa kantuk, Pseudoephedrine membantu mengatasi sumbatan pada saluran pernafasan atas, sementara Guaiphenesin berfungsi sebagai ekspektoran untuk membantu keluarnya dahak.

Dosis penggunaan obat pilek dewasa Actifed Hijau Plus, bagi orang dewasa adalah 3 kali sehari 1 sendok takar (5 ml), sedangkan anak-anak di atas 6 tahun adalah 3 kali sehari ½ sendok takar (2.5ml). Kamu bisa membelinya di KALStore seharga Rp 59.000.

4. Procold 6 Kaplet

Procold 6 Kaplet

Beli Procold 6 Kaplet di KALStore


Jika Kamu sedang mengalami gejala flu, obat pilek dari Procold ini mungkin bisa jadi pilihan kamu. Procold Flu. Obat ini mengandung Paracetamol, Phenylephrine HCl, dan Chlorpheniramine Maleate, yang membantu meredakan berbagai gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Kombinasi kandungan Paracetamol, Pseudoephedrine HCl, dan Chlorpheniramine Maleate dalam satu kaplet Procold dapat membantu meredakan gejala flu dengan efektif, termasuk demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Dosis penggunaan obat pilek Procold ini adalah, Dewasa dan anak usia diatas 12 tahun konsumsi obat 3 kali sehari sebanyak 1 kaplet.

Kamu bisa membelinya di KALStore dan dapatkan harga mulai dari Rp 4.500.

5. Sanmol Sirup 60ml/botol

Sanmol Sirup 60ml/botol

Beli Sanmol Sirup di KALStore


Rekomendasi yang kelima yaitu dari Sanmol Sirup. Obat ini memiliki kandungan parasetamol yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, dan demam yang dialami saat flu menyerang.

Kamu bisa menggunakan Sanmol sesuai petunjuk yang tertera pada kemasannya, simpanlah obat ini pada suhu ruangan dan jauhkanlah dari sinar matahari langsung.

Jika Kamu membutuhkan sirup pilek untuk orang dewasa, Sanmol juga bisa jadi pilihan yang berguna untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan demam yang sering terjadi saat flu atau setelah imunisasi.

Cara penggunaannya bisa sebelum atau sesudah makan, dosis dewasa di atas 12 tahun, dengan minum 3 kali sehari 2 - 2 setengah sendok (10 - 12,5 ml). Jika kamu ingin membelinya kamu bisa membelinya di KALStore dan dapatkan harga mulai dari Rp 15.000.

6. Paramex Flu Batuk 4 Tablet

Paramex Flu Batuk 4 Tablet

Beli Paramex Flu Batuk di KALStore


Obat pilek ampuh selanjutnya yaitu, Paramex Flu Batuk. Obat ini mampu meredakan flu, batuk, dan rasa meriang.

Obat ini mengandung Paracetamol, Pseudoephedrine HCl, dan Dextromethorphan HBr yang berguna untuk mengurangi gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan batuk.

Obat ini memiliki kandungan Dextromethorphan HBr di dalamnya berperan sebagai penekan batuk terutama pada batuk ringan karena iritasi tenggorokan dan bronkial. Yang penting, zat aktif dalam obat ini tidak akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari dengan menimbulkan efek rasa kantuk.

Obat ini termasuk dalam golongan bebas terbatas, artinya sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan dan tidak terlalu sering dikonsumsi. Kamu bisa mendapatkannya seharga Rp 2.300 di KALStore, ya!

7. INZA 4 Tab

INZA 4 Tab

Beli INZA 4 Tab di KALStore


Selanjutnya yaitu, obat untuk meredakan gejala flu untuk orang dewasa dari Inza. Obat ini mengandung Paracetamol yang berperan menurunkan demam dan meredakan rasa sakit, Chlorpheniramine untuk mengatasi alergi.

Selain itu, kandungan Pseudoephedrine mampu untuk mengurangi hidung tersumbat. Inza telah terbukti efektif dalam meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Ada juga kandungan antihistamin yang membantu meredakan gejala flu. Kamu bisa mendapatkannya di KALStore seharga Rp 2.400.

8. Siladex Flu Sirup

Siladex Flu Sirup

Beli Siladex Flu Sirup di KALStore


Siladex Flu mungkin bisa jadi pilihanmu untuk meredakan pilek. Sirup ini cocok untuk mengatasi gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, serta batuk berdahak.

Yang lebih penting, Siladex Flu bebas alkohol dan gula, sehingga aman bagi penderita diabetes. Kandungan aktif dalam obat ini bekerja efektif sebagai analgesik untuk meredakan rasa sakit, ekspektoran untuk membantu mengeluarkan dahak, mukolitik untuk melunakkan dahak, dan juga dekongestan hidung.

Kamu bisa mendapatkannya di KALStore dengan harga Rp 18.100.

9. Triaminic Pilek Rasa Jeruk

Triaminic Pilek Rasa Jeruk

Beli Triaminic Pilek di KALStore


Triaminic Pilek bisa jadi pilihan. Obat ini memiliki kandungan Pseudoephedrine dan Chlorpheniramine maleate sebagai zat aktifnya. Pseudoephedrine membantu melonggarkan hidung yang tersumbat sehingga pernapasan jadi lebih lancar.

Triaminic Pilek fokus untuk meredakan gejala hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disebabkan oleh alergi pada saluran pernapasan atas, mengandung Pseudoephedrine, yang bekerja sebagai dekongestan hidung, merangsang, dan meningkatkan kewaspadaan.

Zat ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan. Kamu bisa mendapatkan Triaminic Pilek Rasa Jeruk di KALStore dan dapatkan harga Rp 80.000.

10. OBH Tropica Extra Menthol

OBH Tropica Extra Menthol

Beli OBH Tropica Extra Menthol di KALStore


OBH Tropica Extra Rasa Menthol bisa jadi solusinya. Obat pilek ini dirancang khusus untuk mengurangi batuk yang disertai dahak berlebih (ekspektoran).

Selain itu, OBH Tropica Extra juga bisa membantu melegakan pernapasan saat hidung tersumbat akibat pilek.

Kandungan ephedrin HCl dalam OBH Tropica Extra bekerja sebagai dekongestan untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan hidung. Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan obat batuk ini adalah 3 sendok takar (15 ml) sebanyak 3-4 kali per hari.

Jika kamu tertarik untuk membelinya kamu bisa mendapatkannya di KALStore seharga Rp 29.800.

11. Nalgestan 4 Tab

Nalgestan 4 Tab

Beli Nalgestan 4 Tab di KALStore


Nalgestan menjadi rekomendasi obat pilek untuk dewasa selanjutnya. Obat ini bekerja sebagai antihistamin dan vasokonstriktor yang membantu mengurangi bersin, pilek, serta hidung tersumbat. 

Nalgestan memiliki kandungan phenylpropanolamine HCI dan chlorpheniramine maleate, dua bahan aktif yang dapat meredakan gejala pilek dan rhinitis alergi seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Dosis penggunaannya, dewasa disarankan konsumsi 3-4 kali sehari dengan 1 tablet atau mengikuti anjuran dari dokter. Jika Kamu membutuhkan obat untuk meredakan gejala pilek dan alergi pada hidung, Nalgestan bisa menjadi opsi yang tepat untukmu.

Kamu bisa mendapatkan Nalgestan seharga Rp 8.000 dengan membelinya di KALStore, ya!

12. Paratusin Tablet

Paratusin Tablet

Beli Paratusin Tablet di KALStore


Paratusin juga menjadi rekomendasi obat pilek yang mungkin bisa jadi pilihan kamu. Obat ini membantu mengatasi hidung tersumbat, bersin-bersin, serta batuk yang sering disertai rasa sakit ringan hingga sedang seperti sakit kepala dan nyeri otot.

Kandungan dari obat pilek Paratusin ini adalah paracetamol, phenylpropanolamine HCI, dan guaifenesin. Kamu bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis 1 tablet sebanyak 3 kali sehari.

Kamu bisa mendapatkannya seharga Rp 14.500 dengan membelinya di KALStore

13. Silex 

Silex Sirup 100ml

Beli Silex di KALStore


Rekomendasi selanjutnya yaitu, Silex. Silex ini merupakan obat pilek berupa sirup yang mengandung bahan-bahan herbal seperti ekstrak thyme, eucalyptus oil, dan menthol.

Kandungan pada Silex ini membantu meredakan pilek dan memberikan bantuan untuk memperbaiki pernafasan.

Silex dapat membantu melegakan hidung tersumbat serta mengurangi bersin-bersin. Kamu bisa mengonsumsinya dengan dosis 1 sendok makan sebanyak 3-4 kali sehari.

Jika Kamu mencari obat pilek yang mengandung bahan-bahan herbal, Silex bisa menjadi pilihan yang menarik untuk meredakan gejala pilek kamu. Kamu tentu bisa membelinya di KALStore dan dapatkan harga mulai dari Rp 74.000.

14. Ultraflu 4 Tablet

Ultraflu 4 Tablet

Beli Ultraflu 4 Tablet di KALStore


Rekomendasi obat flu selanjutnya yaitu Ultraflu. Ultraflu mungkin juga bisa jadi pilihanmu. Obat ini membantu mengurangi demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Ultraflu memiliki kandungan zat aktif seperti Paracetamol yang berguna untuk menurunkan rasa sakit dan demam. Phenylpropanolamine dalam Ultraflu membantu mengatasi hidung tersumbat, sementara chlorpheniramine maleate berperan dalam meredakan reaksi alergi seperti bersin-bersin.

Jika Kamu membutuhkan obat untuk mengatasi gejala flu, Ultraflu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu meredakan gejala tersebut. Kamu bisa mendapatkannya di KALStore dengan harga Rp 3.500.

15. Tolak Angin Flu Cair


Beli Tolak Angin Flu Sachet di KALStore


Rekomendasi obat pilek yang terakhir yang bisa jadi pilihan kamu yaitu, Tolak Angin Flu. Obat ini bermanfaat untuk meringankan flu yang parah dan hidung tersumbat dengan bahan-bahan herbal alami.

Selain itu, obat ini juga membantu menjaga daya tahan tubuh. Tolak Angin Flu mengandung bahan-bahan alami seperti kapulaga, adas, kayu ules, pala, pegagan, jahe, dan lainnya yang membantu mengatasi flu serta mengurangi rasa pegal di tubuh.

Disarankan untuk meminumnya setelah makan. Dosis yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 3-4 kali sehari. Kamu tentu bisa mendapatkannya di KALStore seharga Rp 3.500.

Nah jadi, itulah 15 Rekomendasi Obat Pilek untuk Dewasa.

Apakah sampai sini Kamu sudah memiliki pilihan produk yang pas untuk mengatasi masalah pilek yang kamu alami?

Jika Kamu masih merasa ragu dalam mengonsumsi obat pilek, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan Tanya Dokter. Dokter akan menjelaskan lebih lanjut apabila ada beberapa hal yang kurang kamu pahami. Kamu juga bisa menghubungi dokter dari rumah dengan menggunakan fitur Layanan Kesehatan di aplikasi KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu Selalu!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter