Sehat dan Bugar

Manfaat Singing Bowl untuk Kesehatan

Aditya Prasanda, 23 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kerap digunakan dalam praktik yoga dan meditasi, manfaat mendengarkan singing bowl diyakini punya khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari simak di sini.

Manfaat Singing Bowl untuk Kesehatan

Jika Anda pernah mengikuti kelas yoga, pasti tidak asing dengan mangkuk logam bernama singing bowl alias genta Tibet. Singing bowl merupakan lonceng berbentuk mangkuk yang bisa menghasilkan getaran dan suara.

Getaran dan suara muncul ketika genta Tibet diketuk menggunakan mallet. Bunyi yang dihasilkan bahkan bisa berkelanjutan. Hal ini didapat jika mallet diketuk di permukaan luar mangkuk, lalu diputar mengelilingi tepi luar singing bowl.

Bagi yang mendengarkan, getaran bunyi dari genta Tibet dapat memberikan efek relaksasi. Karenanya, selain digunakan untuk mendukung praktik yoga, singing bowl dimanfaatkan pula untuk latihan meditasi. 

Beberapa praktisi pengobatan alternatif, bahkan menggunakan genta Tibet untuk mendukung perawatan pasien. Hal ini karena manfaat mendengarkan singing bowl diduga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk cari tahu.

 

1. Meredakan Stres

Berdasarkan studi yang dimuat Journal of Evidence-Based Integrative Medicine, latihan meditasi menggunakan singing bowl diduga bermanfaat mengurangi stres, perasaan cemas dan tegang, serta meningkatkan kesejahteraan spiritual. 

Artikel Lainnya: Manfaat Hebat Meditasi bagi Kehidupan Anda

Hal ini karena efek relaksasi yang dihasilkan oleh getaran bunyi genta Tibet. Disampaikan dr. Theresia Rina Yunita, ada teori yang menyebutkan bahwa getaran suara dari singing bowl dapat mengubah gelombang otak menjadi jenis gelombang yang membuat tubuh merasa rileks. 

Getaran suara dari genta Tibet dapat mengubah gelombang otak beta, menjadi gelombang otak delta.

Gelombang otak beta merupakan gelombang otak yang dihasilkan tubuh ketika sedang beraktivitas dan berada di bawah tekanan. Sementara, gelombang otak delta adalah gelombang otak yang diproduksi tubuh ketika sedang tidur lelap. 

Karena perubahan gelombang otak tersebut, individu yang mendengarkan singing bowl merasa rileks.  

Artikel Lainnya: Yoga, Pilates, dan Zumba, Mana yang Lebih Sehat? 

Selain itu, ada beberapa mekanisme singing bowl untuk meredakan stres, sebagai berikut.

Memengaruhi Medan Energi Tubuh

Perasaan rileks juga bisa dipicu oleh gelombang suara yang dihasilkan genta Tibet. Gelombang suara singing bowl dapat memengaruhi medan energi tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh terasa rileks.

Menurunkan Kadar Hormon Kortisol

Dokter Theresia mengatakan teori lainnya menyebutkan bahwa mendengarkan musik secara umum, termasuk getaran bunyi yang dihasilkan genta Tibet, bermanfaat mengurangi kadar hormon stres kortisol. Penurunan kadar kortisol, membuat tubuh menjadi lebih rileks.

“Jadi sebenarnya singing bowl ini bisa disamakan dengan musik klasik atau musik lainnya yang ketika didengarkan dapat membantu mengurangi stres,” paparnya.

 

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Getaran bunyi yang dihasilkan singing bowl dapat mengubah gelombang otak menjadi gelombang delta yang diproduksi tubuh ketika seseorang sedang terlelap. 

Karena manfaat tersebut, mendengarkan genta Tibet diduga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Meski begitu, dibutuhkan studi lanjutan guna mengonfirmasi hal tersebut.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Waktu Meditasi yang Ideal?

3. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Mengutip Verywell Mind, terdapat teori yang menyebutkan bahwa manfaat singing bowl dapat merangsang sistem kekebalan (imun). Hal ini pada gilirannya, bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Diduga, efek positif ini dipicu oleh genta Tibet yang dapat mengurangi hormon stres kortisol. Hormon kortisol dapat menekan limfosit, yaitu sel darah putih bagian dari sistem kekebalan. 

Efek buruk kortisol dapat menyebabkan peradangan sistematis yang merugikan tubuh. Dengan mengurangi kadar kortisol, manfaat singing bowl secara tidak langsung juga mendukung fungsi imun tubuh.  

Teori lainnya menyebutkan manfaat mendengarkan genta Tibet dalam merangsang sistem kekebalan, karena lonceng berbentuk mangkuk tersebut dapat membantu menyelaraskan sel-sel dan menyeimbangkan sistem energi tubuh.

Kendati demikian, dibutuhkan riset lanjutan guna memperoleh bukti kuat soal dampak positif singing bowl dalam merangsang sistem kekebalan.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh 

4. Mengurangi Depresi

Selain meningkatkan suasana hati, studi yang dirilis Journal of Evidence-Based Integrative Medicine mengungkapkan bahwa mendengarkan genta Tibet bermanfaat mengurangi gejala depresi.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan pengidapnya merasakan kesedihan mendalam, putus asa, dan merasa dirinya tidak berharga. Perasaan tersebut bisa bertahan hingga dua pekan lamanya.

Depresi sangatlah berbahaya, karena jika tidak memperoleh penanganan profesional justru bisa menyebabkan produktivitas menurun, merusak hubungan sosial, bahkan memicu keinginan bunuh diri.

Kendati singing bowl dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan gejala depresi, alat ini hanya boleh digunakan sebagai terapi pengobatan komplementer.

Oleh sebab itu, pengidap depresi harus tetap menggunakan pengobatan yang direkomendasikan psikiater. 

Artikel Lainnya: Kabar Baik, Tidur dengan Selimut tebal Efektif Redakan Cemas 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan American Journal of Health Promotion menemukan bahwa manfaat mendengarkan singing bowl dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini jika dilakukan secara intens selama 12 menit.

Meski begitu, harap dicatat, manfaat genta Tibet tersebut tidak dapat digunakan sebagai terapi pengobatan tunggal untuk mengatasi gangguan jantung ataupun hipertensi (tekanan darah tinggi melebihi ambang batas normal).

Pengidap hipertensi dan gangguan jantung bisa menggunakan genta Tibet untuk membantu merelaksasi tubuh sebagai bagian dari terapi pengobatan komplementer. Mereka juga tetap harus disiplin menggunakan pengobatan yang diresepkan dokter.

Artikel Lainnya: Latihan Mindfulness yang Bermanfaat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Meski banyak manfaat dari singing bowl, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi efek positif genta Tibet pada kesehatan secara menyeluruh.

Pasalnya, pada keadaan tertentu, penggunaan singing bowl justru dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala. Hal ini jika genta Tibet didengarkan terlalu dekat dan sering.

Selain itu, singing bowl juga tidak direkomendasikan digunakan oleh orang yang alergi logam dan penderita epilepsi. Pasalnya, pada kasus yang jarang terjadi, getaran singing bowl dapat menyebabkan penderita epilepsi mengalami kejang.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya, konsultasi ke dokter via Live Chat atau download aplikasi KlikDokter.

(OVI/NM)

Referensi:

  • Wawancara dr. Theresia Rina Yunita
  • Verywell Mind. Diakses 2022. What Is a Tibetan Singing Bowl?
  • Healthline. Diakses 2022. Are Tibetan Singing Bowls Dangerous?
  • Journal of Evidence-Based Integrative Medicine. Diakses 2022. Effects of Singing Bowl Sound Meditation on Mood, Tension, and Well-being: An Observational Study.
  • American Journal of Health Promotion. Diakses 2022. Physiological and Psychological Effects of a Himalayan Singing Bowl in Meditation Practice: A Quantitative Analysis.

 

Manfaat kesehatansinging bowl

Konsultasi Dokter Terkait