HomeGaya hidupPerawatan WanitaPenyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah
Perawatan Wanita

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

Endah Murniaseh, 22 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebagian wanita bisa mengalami haid tidak teratur setelah menikah. Lantas, apa penyebab haid tidak lancar setelah menikah? Cari tahu jawabannya di sini

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

Siklus haid wanita yang normal akan terjadi setiap 28 hari. Akibat satu dan lain hal, ada sebagian wanita yang mengalami siklus datang bulan kurang atau lebih dari waktu tersebut.

Faktanya, seorang wanita dikatakan mengalami gangguan menstruasi apabila siklusnya kurang dari 21 hari (polimenore) atau lebih dari 35 hari (oligomenore)

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Health Education Research & Development, salah satu faktor tersebut adalah pernikahan.

Lantas, apa penyebab haid tidak teratur setelah menikah

1. Stres 

Manusia memiliki bagian otak yang bernama hipotalamus. Pada wanita, hipotalamus berfungsi untuk melepaskan zat kimia yang merangsang kelenjar pituitari. 

Kelenjar tersebut berfungsi merangsang ovarium untuk melepaskan hormon estrogen dan progesteron agar terjadi menstruasi. 

Sayangnya, proses tersebut bisa terganggu oleh stres yang umum dialami wanita lantaran persiapan pernikahan atau penyesuaian peran baru sebagai istri.

Nyatanya, hormon stres (kortisol) bisa memengaruhi interaksi antara hipotalamus, kelenjar pituitari, dan ovarium. Hal ini pada gilirannya dapat mencetuskan haid tidak lancar setelah menikah.

Untungnya, siklus haid bisa kembali ke kondisi sedia kala setelah stres mereda.

2. Sibuk dan Banyak Aktivitas

Setelah menikah, wanita akan mengalami banyak perubahan, mulai dari peran sebagai istri hingga pindah ke rumah baru. Menurut dr. Devia Irine Putri, kondisi ini pun bisa memengaruhi siklus datang bulan.

“Pertambahan atau penyesuaian terhadap aktivitas baru bisa membuat tubuh mudah lelah. Hal ini pun bisa membuat orang tersebut mudah stres, sehingga keseimbangan hormonnya terganggu,” kata dr. Devia.

“Akibatnya, gangguan siklus haid tak bisa dihindari lagi,” kata dr. Devia.

 

3. Perubahan Berat Badan

Melansir Journal of Obesity, wanita lebih rentan mengalami peningkatan berat badan setelah menikah. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, misalnya kebahagiaan dalam berumah tangga, serta perubahan pola makan.

Studi yang dimuat di Endocrinology and Metabolism menyimpulkan bahwa peningkatan berat badan yang drastis atau dalam waktu cepat bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena kadar lemak berlebih di dalam tubuh wanita dapat menyebabkan peningkatan hormon estrogen. Kondisi inilah yang dapat mengakibatkan datang bulan tidak teratur.

Artikel Lainnya: Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur Saat Menyusui

4. Penggunaan Kontrasepsi

Perubahan siklus menstruasi bisa terjadi karena penggunaan kontrasepsi hormonal. 

Menukil Medical News Today, jenis kontrasepsi tersebut dapat memengaruhi masa ovulasi. Kondisi ini akhirnya bisa menyebabkan gangguan siklus haid.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Haid tidak teratur akibat kontrasepsi hormon umumnya bisa hilang dengan sendirinya setelah tubuh mampu beradaptasi, yakni sekitar 3–6 bulan.

Jika dalam kurun waktu tersebut Anda masih mengalami gangguan siklus datang bulan, sebaiknya jangan tunda untuk berkonsultasi kepada dokter guna penanganan lebih lanjut.

5. Hamil

Kehamilan akan membuat wanita berhenti menstruasi untuk sementara waktu. Keadaan ini biasanya disertai dengan gejala-gejala lain, seperti payudara atau puting terasa sakit, mual, perut kembung, dan kram ringan.

Apabila mengalami kondisi demikian, Anda sebaiknya segera melakukan pengecekan untuk memastikan kehamilan, baik dengan test pack atau berkunjung ke dokter.

Kini Anda sudah tahu apa saja penyebab haid tidak lancar setelah menikah, bukan? Apabila keluhan tak kunjung membaik atau disertai dengan gejala-gejala yang membuat Anda kesulitan beraktivitas, sebaiknya segera berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Supaya lebih mudah memantau jadwal haid, Anda juga bisa menggunakan Kalkulator Kesuburan. Anda pun bisa berkonsultasi kepada dokter secara daring dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/NM)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022.What Causes Irregular Periods After Marriage?
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. Can Stress Cause You to Skip a Period?
  • Journal of Obesity. Diakses 2022. The Association between Marital Transitions, Body Mass Index, and Weight: A Review of the Literature
  • Endocrinology and Metabolism. Diakses 2022. Association between Body Weight Changes and Menstrual Irregularity: The Korea National Health and Nutrition Examination Survey 2010 to 2012
  • Medical News Today. Diakses 2022. What causes menstrual cycles to change?

 

Konsultasi Dokter Terkait